Posted on

10 pantai terindah di lombok

10 pantai terindah di lombok

1. Pantai Kuta
Pantai Kuta berlokasi di Desa Kuta, Lombok tengah sekitar 56 km dari pusat kota Mataram. Keindahannya yang mempunyai ciri khas menjadikan pantai ini sebagai kunjungan wisata paling populer di pulau Lombok. Mempunyai sebutan yang sama dengan pantai Kuta yang ada di Bali akan tetapi pantai ini jauh lebih bersih dan tenang. Dengan pasirnya yang putih pucat (seperti merica), airnya perpaduan gradasi biru dan hijau. Sekeliling pantai diapit oleh bukit hijau yang indah melengkapi keindahan pantai ini. Banyak tourist yang melakukan snorkling di pantai Kuta untuk melihat keindahan bawah lautnya. Disini Anda juga bisa melihat perayaan ritual budaya Bau Nyale yang digelar antara bulan Februari hingga Maret.

2. Pantai Senggigi
Anda tidak akan kesulitan menemukan Pantai Senggigi. Pantai ini hanya berjarak 6 km di utara Mataram dan menjadi destinasi wisata dengan fasilitas paling lengkap di Lombok. Pantai Senggigi mempunyai keindahan alam yang mempesona saat matahari terbit dan terbenam.
Pohon kelapa yang bergoyang di bibir pantai menambah indahnya suasana destinasi yang terletak di Jl. Raya Sengigi ini. Ombaknya yang cukup tenang sangat cocok untuk para penyelam pemula yang ingin menjajal kemampuan. Pasir di pantai Senggigi adalah perpaduan antara pasir putih dan hitam. Unik dan sangat layak untuk dikunjungi.

3. Pantai di Gili Trawangan
Siapa yang tak kenal Gili Trawangan. Pulau yang disebut-sebut paling eksotis di Lombok ini memang mempunyai pantai yang sangat indah. Momen sunset dan sunrise-nya wajib Anda abadikan. Snorkling dan diving adalah dua kegiatan yang tidak mungkin tidak Anda lakukan disana.
Keindahan bawah lautnya menggoda siapapun untuk datang dan menyelam. Menariknya lagi, lokasi wisata ini bebas dari pedagang asongan dan kendaraan bermotor sehingga alamnya masih sangat terjaga. Pulau yang terletak di sebelah barat laut pulau Lombok ini memang menjanjikan keindahan pantai yang sangat sayang jika Anda lewatkan.

4. Pantai Gerupuk
Surfer sejati harus datang ke Pantai Gerupuk di Lombok Tengah. Ya, Pantai ini menyediakan 5 spot surfing dari tingkat pemula hingga advance. Ombak pantai ini berkelas regional classic yakni ombak yang dapat dinikmati semua level surfer.
Pada bulan Oktober hingga April, ketinggian ombak mencapai 4-6 kaki. Pada masa-masa inilah wisatawan dari Jepang akan berbondong-bondong untuk menjajal kemampuannya. Bagi para pemula, Pantai Gerupuk tetap layak untuk dikunjungi karena pantai ini menyediakan guide yang akan memberikan kursus singkat kepada Anda. Menyenangan bukan?

5. Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak mungkin destinasi yang tidak banyak dikenal baik oleh turis domestik maupun asing. Tapi bukan berarti pantai ini tidak menyuguhkan keindahan alam. Berada di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya, pantai ini benar-benar surga di Lombok Tengah.
Suasananya nyaris seperti privat island. Gugusan bukit hijau kontras dengan pasir putih dan birunya laut. Anda juga bisa menikmati keindahan Selong Belanak sambil makan ikan bakar hasil tangkapan warga sekitar.

6. Pantai Mawun
Bagi para peselancar profesional, ombak pantai Mawun layak dicoba. Tidak hanya itu, penghobi diving dan snorkling juga bisa mencoba kelihaiannya sambil mengagumi keindahan bawah lautnya.
Nah, untuk yang suka fotografi, Anda bisa naik ke bukit yang mengapit Mawun dan dapatkan view menarik sekaligus pemandangan garis pantai yang berkelok-kelok. Terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Punjut, pantai Mawun tidak begitu ramai, sangat cocok untuk Anda yang tak suka suasana hiruk pikuk.

7. Pantai Tanjung A’an
Ingin merasakan pasir dengan teskstur seperti merica? Datanglah ke Pantai Tanjung A’an. Bersebelahan dengan pantai Kuta di Lombok Tengah, Tanjung A’an sering disebut dengan “Pantai Pasir Merica”. Cobalah berjalan-jalan tanpa menggunakan alas kaki, Anda akan merasa seperti ada pijitan halus yang menggelitik saraf kita. Pantai ini juga masih sangat bersih dari sampah kecuali daun yang berguguran di tepian.
Belum lagi wisatawan yang jumlahnya masih sedikit akan membuat Anda lebih leluasa bermain dan menikmati keindahan panoramanya. Tanjung A’an memang tidak layak untuk dilewatkan.

8. Pantai Tanjung Ringgit
Jangan pernah simpan kamera Anda selama berkunjung ke pantai Tanjung Ringgit. Lokasinya memang terdengar kurang populer namun keindahannya sukar untuk diingkari. Pemandangan sunrise Tanjung Ringgit adalah daya tarik utama.
Datanglah pagi-pagi benar, Anda akan melihat matahari terbit naik perlahan dari Pulau Sumbawa. Panorama pantai Tanjung Ringgit yang terletak di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur ini sangat unik karena pantainya berada di ceruk yang dikelliling bukit. Jika Anda turun kebawah, kita akan merasakan hamparan pasir putih serta air laut yang kebiruan.

9. Pantai Bangko Bangko
Selamat datang para pemancing mania. Ya, itulah greeting yang tepat untuk menyapa wisatawan yang berkunjung ke Bangko Bangko. Pantai yang terletak di Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong, Lombok Barat ini menyediakan spot-spot yang sering dikunjungi para pemancing. Berlayarlah dan siapkan alat pancing Anda, tak lama kemudian rasakan sambaran ikan tuna berukuran besar.
Tidak itu saja, ombak Bangko Bangko yang panjang dan sambung-menyambung ideal untuk para peselancar. Nah, masukkan segera pantai Bangko Bangko ke dalam list destinasi Anda ya!

10. Pantai Segar
Pantai Segar adalah pantai yang berada sebelah timur Pantai Kuta, Lombok Tengah. Seperti namanya, pantai ini memang menyegarkan mata dan hati. Betapa tidak, suasananya tidak terlalu ramai, air lautnya sangat jernih hingga kita tidak perlu snorkling untuk melihat ikan dan keindahan bawah laut lainnya.
View pantai Segar juga memesona jika dilihat dari atas bukit yang berada di sekelilingnya. Dari titik ini Anda dapat melihat dengan jelas deburan ombak saat air laut sedang pasang. Bagi para surfer, ombak pantai Segar sangat layak untuk coba ditaklukkan. sekian daari aartikel saya ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.