Posted on

Air Terjun di lombok

 

Air Terjun di lombok

Hay sobat bertemu lagi dengan artikel saya yg selanjutnya ini akan membahas tentang ai terjun yg ada di pulau lombok langsung saja cekidot. Ada beberapa cara untuk anda berbasah-basahan ria di tempat wisata di Lombok ini. Anda juga bisa bermain air di pantainya atau bisa juga dengan berkunjung ke air terjunnya. Eitz jangan salah, anda bisa mendapatkan semuanya lengkap di Pulau Lombok ini. Jika anda menginginkan suasana yang sejuk dan segar sambilan bermain air, maka wisata alam air terjun adalah tempat yang tepat untuk anda kunjungi pastinya.

Anda bisa mengunjungi banyak air terjun yang ada di Pulau Lombok. Beberapa diantaranya berada di kaki Gunung Rinjani. Jika Anda ingin melihat air terjun yang menakjubkan, coba kunjungi Air Terjun Benang Kelambu. Karena mungkin aja air terjun ini merupakan air terjun yang terindah di Indonesia yang pernah Anda lihat. Wow bukan hanya air terjun itu saja ada banyak lagi air terjun lho.

Air Terjun Benang Kelambu adalah air terjun yang paling terkenal di Pulau Lombok. Wisata alam air terjun ini berada di kaki Gunung Agung, pas berada di tengah-tengah Pulau Lombok. Air Terjun Benang Kelambu terletak sekitar 32 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 1 jam perjalanan saja.Anda bisa menempuh jalur Mataram-Narmada-Sedau-Pancor Dau-Teratak-Desa Aik Berik. Disarankan agar Anda bertanya pada penduduk setempat mengenai lokasi air terjun ini jika anda susah untuk menemukannya. Karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu tersebut. Atau anda juga bisa menanyakan pada petugas hotel atau agen tur dll.

Di pintu masuk air terjun ini, Anda hanya perlu membayar Rp. 5.000,- untuk masuk ke lokasi air terjun. Setelah Anda melewati gerbang masuk, Anda akan disambut dengan pepohonan yang rindang serta suasana yang damai dan sejuk. Jalan menuju ke lokasi air terjun sudah dibangun sedemikian rupa, sehingga Anda bisa menuju ke air terjun dengan nyaman. Di sepanjang sisi jalan Anda bisa menemui warung-warung kecil yang menjual makanan ringan dan minuman. Anda juga bisa mencoba Nasi Kaput, sejenis nasi campur dengan bungkusan kertas.

Jangan lupa untuk membawa minuman, karena Anda akan berjalan sejauh 500 Meter untuk mencapai lokasi air terjun. Di tengah perjalanan nanti anda akan mendengar suara gemuruh air terjunnya. Tapi jangan salah, itu adalah suara gemuruh dari Air Terjun Benang Setokel. betul, di lokasi ini terdapat dua air terjun. Anda bisa mampir sejenak di Air Terjun Setokel ini. Jika kuat bisa naik ke atas untuk menuju air terjun kedua yaitu air terjuan benang kelambu.

“Benang Setokel” dalam bahasa lokal yang mempunyai arti “seikat benang”. Di namai demikian karena bentuknya yang menyerupai ikatan benang. Air terjun ini memiliki dua terjunan, dengan ketinggian masing-masing sekitar 20 Meter lah. Airnya sangat jernih dan segar. Di bagian dasar air terjun terdapat cekungan yang besar dan cukup dalam. Sehingga untuk Anda yang bernyali, Anda bisa melompat dari pucuk air terjun ke kolam yang jernih dan segar tersebut. Dari kolam tersebut, air kemudian mengalir melalui sungai. Karena jernihnya, anda bisa melihat dasar sungai. Jika berkunjung bersama buah hati, anda bisa mengajaknya bermain di sungai. Sungai ini cukup dangkal dan tenang. Sehingga putra-putri Anda bisa ikut merasakan kesegaran airnya.

Setelah menikmati Air Terjun Benang Setokel, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Benang Kelambu dengan berjalan kaki sejauh 1 Km tetapi tak akan terasa jauhnya jika ramai-ramai sambil bernyanyi ria hehe. Namun jangan khawatir, anda akan berjalan dibawah rerimbunan hutan. Di bagian sisi yang lain, Anda akan menemui area perladangan masyarakat setempat yang ditanami dengan berbagai tanaman seperti Nangka, Pisang, Kopi, dan lain sebagainya. Jika tidak membawa makanan anda bisa membelinya di warung-warung di dekat gerbang masuk Air Terjun Benang Kelambu. Sekitar 100 Meter sebelum lokasi air terjun, jalanan mulai menanjak dan harus menaiki anak tangga. Di sisi anak tangga Anda bisa melihat parit dengan air yang begitu jernih.

Sesampainya di lokasi, Anda akan terpana dengan Air Terjun Benang Kelambu yang begitu indah. Pada air terjun ini, air seolah-olah keluar dari rimbunan tumbuhan. Sebenarnya air terjun ini berasal dari banyak mata air, yang keluar langsung melalui celah-celah di sepanjang tebing. Namun karena tebingnya tertutup dengan tumbuhan yang tumbuh subur, terlihat seakan air keluar dari rimbunan tumbuhan tersebut. Air terjun ini dinamai Air Terjun Benang Kelambu karena terjunan airnya yang berbentuk seperti kelambu. Air terjun ini memiliki 3 tingkat. Tingkat yang paling atas berasal langsung dari mata air, dan memiliki ketinggian sekitar 30 Meter. Tingkat yang kedua merupakan lanjutan dari tingkat pertama, dengan ketinggian sekitar 10 Meter. Tingkat yang ketiga memiliki ketinggian hanya 5 Meter. Menakjubkan bukan kawan? Lombok punya kekayaan alam yang berlimpah.

Tak seperti Air Terjun Benang Setokel, Air Terjun Benang Kelambu tidak memiliki kolam. Sehingga Anda hanya bisa berbasah-basah di bawah terjunan. Namun yang menarik adalah Anda bisa langsung meminum airnya, karena air tersebut langsung berasal dari mata air. Air tersebut kemudian mengalir ke sungai yang ada di bawah air terjun. Anda bisa beristirahat di bebatuansambil menikmati kesejukan dan keindahan pemandangan sekitar. Di tempat inilah titik terbaik untuk melihat dan menikmati pemandangan Air Terjun Benang Kelambu yang mengagumkan. Ingin datang mengunjungi tempat ini kah ?

Ada banyak air terjun yang ada di lombok,bukan hanya air terjun benang stokel 7 kelambu saja, berikut ini beberapa daftar air terjunnya tetapi penjelasan masih singkat :

  • Air Terjun Sendang Gile mempunyai tinggi sekitar 35 meter.
    air-terjun-sendang-gile
    air-terjun-sendang-gile

    Airnya yang jernih dan dingin membuat wisatawan selalu menghabiskan waktu untuk mandi dan bermain di sungai yang menampung limpahan air dari bukit. Keindahan ini didukung dengan aneka pohon dan tumbuhan yang berjajar di sepanjang mata memandang. Lokasi air terjun ini tidaklah terlalu jauh, Anda hanya akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit dari jalur treking menuju Gunung Rinjani. Jalanan menuju air terjun sudah ditata demikian rupa sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kesasar. Sedikitnya ada 500 anak tangga yang harus dilewati sebelum akhirnya menyaksikan keindahan Sendang Gile.

  • Air Terjun Tiu Pupas berada di dusun Kerurak, desa Genggaleng, kecamatan Gangga. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan kedalaman kolam 4 m dan luas 100 m persegi. “Tiu” artinya genangan air dalam jumlah yang besar, sedangkan “Pupas” artinya sebuah akar yang tumbuh dari sebuah pohon yang biasanya hidup di tebing-tebing sungai dan daerah pegunungan yang tinggi. Disini Anda akan melihat panorama pegunungan yang sangat indah. Sepanjang mata memandang adalah tumbuh-tumbuhan hijau yang menyejukkkan mata. Lokasi ini masih sepi karena belum banyak wisatawan tahu sehingga fasilitasnya juga tidak memadai.
  • Air Terjun Tiu Kelep yang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Berbeda dengan Tiu Pupas , air terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat. Airnya cukup deras dan besar. Namun kolam yang berada di bawahnya tidak begitu dalam, hanya sepinggang orang dewasa. Dasar kolam lembut, sehingga memudahkan pengunjung untuk berenang. Dalam bahasa Sasak “Kelep” bermakna “terbang”. Sehingga nama ini ingin menggambarkan kondisi air terjun yang buih-buih airnya berterbangan di kolam. Banyak yang percaya, bahwa dengan mandi menggunakan air Tiu Kelep akan membuat Anda awet muda. Air terjun Tiu Kelep berjarak kurang lebih 60 km dari Mataram.
  • Air Terjun Batara Lejang Lokasinya berada di hulu atas dari air terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep. Tempat ini masih sangat alami, sehingga tidak banyak yang mengunjungi. Walaupun begitu bukan berarti objek wisata ini tidak mempunyai daya tarik. Di Batara Lejang ada sumber air panas yang jernih. Anda bisa menghangatkan badan plus relaksasi di titik ini. Air Terjun Tiu Teja berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Namanya yang artinya “pelangi”. Ketinggian air terjun Tiu Teja sekitar 40 meter dengan lebar 10 meter. Di sekeliling lokasi ini ditumbuhi tumbuh-tumbuhan yang asri dan lebat. Dibawah air terjun ini terdapat kolam kecil yang bisa digunakan untuk berenang dan bermain. Lokasi air terjun ini berjarak 35 km dari Bangsal.
  • Air Terjun Jeruk Manis/ Air Terjun Jukut ini punya ketinggian sekitar 40 meter dengan curah air yang sangat besar dan jernih. Objek wisata yang menyegarkan ini berada di kaki gunung Rinjani tepatnya di sebelah selatan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani. Menurut cerita yang turun temurun, air terjun ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit terutama juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut. Anda harus berjalan kaki selama satu setengah jam dari Tetebatu. dengan pemandangan alam yang indah, perjalanan Anda tidak akan terasa melelahkan.
  • Air Terjun Joben disebut juga dengan air terjun Otak Kokok Gading memiliki ketinggian terjunan air sekitar 5 meter. Airnya keluar dari akar pohon Banjur yang berumur ratusan tahun. Air terjun Joben berkhasiat menyembuhkan penyakit. Jika buih air yang menyentuh badan kita berubah warna menjadi putih, artinya badan kita terkena penyakit. Joben terletak di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur.
  • Air Terjun Geripak berada di ketinggian 500 meter dpl. Para pecinta alam biasanya melalui rute dari desa Dopang, diteruskan dengan menelusuri punggung bukit Segembong. Sesampainya di Berugak Elen Anda bisa sambil melihat pemandangan yang memesona. Terlihat hamparan sawah yang hijau, pantai Ampenan, dan sudut-sudut indah lain di Lombok. Lokasi air terjun ini sangat indah. Airnya khas pegunungan, bersih dan jernih.
  • Air Terjun Mayung Putek, beberapa diantaranya menuliskan dengan “puteq”, mempunyai ketinggian sekitar 60 meter. Selain tergolong cukup tinggi, air yang deras menghujam ke bawah itu ternyata mengandung belerang karena berasal langsung dari Rinjani. Itu mengapa air terjun Mayung Putek berwarna putih dan mempunyai khasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.
Leave a Reply

Your email address will not be published.