Posted on

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile – Tiu Kelep – Air Terjun Lombok

Air Terjun Sendang Gile berada di ketinggian 600 m di atas permukaan laut dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter. Air terjun sendang gile ini ada punya dua tingkatan, dimana tingkat pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam dibawahnya. Selanjutnya dari kolam ini air meluncur ke bawah membentuk tingkatan kedua dan jatuh membentuk sungai yang ada di bawahnya. Dasar air sungai ini relatif datar dan banyak orang yang mandi di bawah air terjun. Lokasi wisata air terjuan sendang gile ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air terjun sendang gile yang indah dari ketinggian ,air yang jatuh dari tebing tidak langsung jatuh ke tanah. Tapi terhadang di tengah-tengah karna bagian bukitnya memiliki sisi yang menjorok keluar sehingga menahan air dan kemudian seperti penampungan sebelum air tersebut jatuh ke tanah.

Lanjutkan ke tiu kelep atau air terjun sendang gile

harus menggunakan penunjuk jalan dan melewati tangga yang sangat curam, jembatan sungai dengan arusnya kencang, hutan kecil dan cadas bebatuan. Konon nama air terjun sendang gile ini diambil dari cerita penduduk setempat yang secara tidak sengaja menemukan air terjun ini kala memburu singa gila yang mengacau di sebuah kampung dan kemudian lari masuk ke hutan.

Jika mengambil Paket Wisata Lombok Marlion Tours, maka rutenya adalah dari Bandara Selaparang (Mataram), dengan menggunakan transport umum taksi, Mataram-Tanjung dan dilankutkan dengan Tanjung-Senaru. atau menuju desa Senaru dengan menggunakan mobil sekitar 1,5 sampai 2 jam. Ada dua jalur untuk sampai ke Desa Senaru. Melalui Senggigi atau melalui Pusuk. Melewati Pusuk, akan disuguhi pemandangan sawah dan hijaunya gunung-gunung di kanan kiri, setelah itu perjalanan akan melalui jalan yang berkelok-kelok sambil menanjak sampai melewati puncaknya pusuk.

Ketika melewati Puncaknya pusuk akan melewati daerah wisata Pusuk, sepanjang jalan akan terdapat monyet-monyet kecil.yang sopan, beda di Bantimurung Maros Sulawesi selatan , monyetnya suka merampas indo mie., di kawasan ini asyik bermain-main dengan monyet-monyet memberi makan, ataupun sekedar berfoto bersama. sekaligus menikmati indahnya pemandangan lingkar pantai barat Pulau Lombok.
Melewati Senggigi. Berjarak tempuh lebih jauh dan lebih lama bila dengan view pantai. Mulai dari Pantai meninting, Pantai Batu Bolong, Pantai Senggigi, Pantai Kerandangan, Pantai Malimbu sampai dengan melihat 3 pulau kecil di sebelah barat Pulau Lombok yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno yang asik dan indah. sebaiknya jalur ini sewaktu pulang pada senja hari sambil bersunset sepanjang jalan

Tak jauh dari Air Terjun Sendang Gila, di lokasi ini juga akan ditemui dua air terjun lain yaitu Air Terjun Tiu kelep dan Air Terjun Batara Lejang. Posisi keduanya berada di atas air terjun ini ke arah hulu. Lanjutkan ke tiu kelep atau sendang gila II. harus menggunakan penunjuk jalan dan melewati tangga yang sangat curam, jembatan sungai dengan arusnya kencang, hutan kecil dan cadas bebatuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.