Posted on

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

Kali ini kita akan menikmati wisata kuliner khas lombok yaitu ayam taliwang , sup iga bebalung, dan sate bulayak.

Masakan yang dinamai Ayam Taliwang ini adalah makanan khas Lombok (Prov. Nusa Tenggara Barat) yang berbahan dasar ayam kampung dengan rasa yang pedas. Ayam taliwang disajikan bersama bumbu bumbu berupa cabai merah kering, bawang putih, bawang merah, terasi goreng, kencur, tomat merah, gula Jawa, dan garam. Ayam taliwang Biasanya disajikan bersama makanan pelangkap lain khas Lombok seperti Plecing kangkung.

Resep Ayam Taliwang

Bahan-bahan membuat ayam taliwang :

  1. satu ekor ayam, sebaiknya ayam kampung, tetapi bisa juga menggunakan ayam potong (yang berukuran kecil).
  2. dua sendok makan air perasan jeruk nipis.
  3. satu gelas air putih.
  4. setengah sendok teh garam halus.
  5. 5. Minyak goreng secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan :

  • 5 siung bawang putih (iris tipis).
  • 1 sdt garam.
  • 10 siung bawang merah (iris tipis).
  • 3 bh cabai rawit.
  • 1 sdt terasi (bakar).
  • 10 bh cabai merah.
  • 1 ruas kencur.
  • 1 bh tomat.

Cara membuat :

  • Pertama tama, kita siapkan ayam yang sudah dibersihkan, kemudian kita iris dada ayam tersebut hingga ayam menjadi 2 bagian (mengirisnya jangan sampai terpisah).
  • Kemudian kita balikkan posisi ayam yang telah di iris tadi, lalu kita tekan kuat pada bagian punggung sehingga bentuk ayam menjadi melebar.
  • Selanjutnya, sirami ayam dengan air perasan jeruk nipis dan beri garam, lalu diamkan kurang lebih 15 menit agar air jeruk nipis dan garam tersebut meresap pada daging ayam.
  • Sambil kita menyiapkan wajan,kita panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu-bumbu yang dihaluskan tadi hingga harum.
  • Selanjutnya, sekarang saatinya kita memasukkan ayam kedalam tumisan tadi, kita aduk rata sehingga ayam berubah warna, kemudian kita beri perasan jeruk nipis, dan aduk kembali hingga ayam dan bumbu tercampur rata.
  • Berikutnya, tuangkan air matang kedalam wajan yang berisi ayam, lalu masak kembali hingga bumbu benar-benar meresap kedalam ayam. Kemudian setelah ayam matang, angkat dan tiriskan ayam.
  • Sekarang saatunya kita memasuki proses membakar ayam tersebut, Siapkan bara api, lalu panggang ayam sambil di olesi bumbu sisa tadi sampai kecoklatan, lalu angkat.
  • Hidangkan Ayam taliwang dengan sisa bumbu tadi. Sajikan Ayam taliwang diataas piring saji. Ayam Taliwang siap disantap dengan nasi putih hangat.
  • Selamat mencoba.

Sup Iga Bebalung

Masakan khas lombok yang bernama Sup Iga Bebalung ini mungkin sekilas sama dengan masakan sop pada umumnya, sopnya berkuah agak bening. Tapi, ketika sudah mencicipinya, sup bebalung rasanya gurih dan sangat lezat. Sup yang menyajikan tulang iga beserta dagingnya yang lunak digigit membuat hampir semua kalangan menyukainya. Bagi Anda yang gemar dengan rasa pedas, bisa menambahkan sambal secukupnya.

Pertama kali mendengar kata “bebalung”, yang nota bene berasal dari bahasa jawa, tentu pikiran kita mesti akan mengasosiasikan dengan tulang. Memang tidak salah. Asal muasal masakan tradisional ini tidak diketahui secara pasti. Tapi bebalung diyakini oleh masyarakat Sasak sudah sejak jaman dulu sebagai warisan kuliner turun-temurun. Namun, terkait dengan makanan tradisional khas Lombok ini, arti “bebalung” tidak sekedar tulang. Sebab, bebalung menurut bahasa Sasak juga bisa berarti tenaga. Karena itu, masyarakat setempat meyakininya bahwa setelah makan bebalung akan semakin bertenaga,dan menumbuhkan vitalitas.

Biasanya alung sup iga bebalung disajikan pada acara acara tradisional masyarakat setempat. Bebalung itu sendiri biasanya diambil dari tulang dan daging atau bagian iga sapi muda. Sepintas dari warna kuah sup-nya banyak yang mengira rasa Bebalung tidak jauh berbeda dengan gule tapi ternyata tidak.

Bumbu bumbu yang digunakan dalam memasak sup iga bebalung adalah:

  • lengkuas
  • tangkai buah asam
  • cabai hijau
  • serta daun melinjo sebagai campurannya (sehingga membuat Bebalung memiliki rasa yang khas)

Penyajian sup iga bebalung biasanya dengan mangkok, diatas sup ditaburi bawang goreng (bawang merah) berikut nasi putih. Untuk anda yang suka dengan rasa yang lebih pedas maka anda juga menambahkan sambal. Masakan ini sangat nikmat dihidangkan ketika masih panas. Meski bebalung sebelumnya hanya untuk hidangan ketika masyarakat Lombok menggelar hajatan, tapi kini sudah berkembang dan menjadi salah satu menu di rumah makan karena menu masakan ini ternyata sangat digemari wisatawan yang berkunjung ke Lombok selain menu ayam taliwang.

Sate Bulayak

Sate bulayak Menonjolkan kombinasi santan dan rasa pedas. Penjual sate bulayak dapat kita temukan didalam kota mataram (biasanya pusat pedagang berkumpul di jalan udayana hingga jalan sudirman), namun sate bulayak yang paling tekenal berada di daerah narmada.

Sate ini dinamakan sate bulayak karena sate di sajikan bersama lontong khas lombok yang disebut “bulayak”. Lontong ini terbuat dari beras ketan. Satenya sendiri dapat dibuat dari daging sapi, atau daging ayam, ataupun jeroan, anda tingal memilih kesukaan anda. Untuk Bumbu satenya tersebut terdiri dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya. Rasa dari bumbu tersebut mirip seperti bumbu kari dengan lebih menonjolkan rasa pedas yang merupakan ciri khas masakan dari Lombok.

Bulayak ini mirip dengan lontong biasa, akan tetapi lebih mungil dengan bentuk mengerucut. Dibungkusnya pun tidak menggunakan daun pisang tetapi menggunakan daun aren dengan lilitan berbentuk spiral sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Sensasi yang diberikan bulayak ini juga berbeda, teksturnya yang lembut serta gurihnya (yang katanya karena penggunaan daun aren sebagai bungkusnya) memang bisa diberikan acungan jempol. Apalagi jika dicocol dengan bumbu kacang yang merupakan bumbu satenya. jadi jika anda menikmati paket wisata lombok maka jangan melewatkan untuk mencicipi ayam taliwang, sup iga bebalung, dan tentu saja sate bulayak ini, selamat mencoba.

Related Link:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.