Posted on

Cara Backpacker Ke Singapura

Cara Backpacker Ke Singapura, Tips & Tricks

Tahap persiapan

Dalam tahap persiapan backpacker ke Singapura, ada beberapa barang yang sangat PENTING untuk kita bawa agar kita bisa berhemat banyak uang di Singapura. Beberapa barang tersebut adalah:

1. Bawa Tas Backpacker Kecil

Tas kecil backpacker ke singapura banyak fungsinya, untuk bawa minum, passport, dn segala bawaan anda. Pilihlah tas yang paling sesuai untuk anda, bawa selalu passport, jangan pernah tinggalkan passport di hotel.

2. Pakailah Sepatu atau Sendal yang Ringan

Backpacker ke singapura dapat dipastikan bahwa anda akan lebih banyak berjalan kaki, sehingga pakailah sepatu yang ringan atau sandal yang enak untuk anda pakai, jadi kaki anda tidak mudah keletihan karena sepatu yang berat. Banyak sepatu yang berbahan ringan telah diproduksi saat ini, usahakan beli di indonesia, karena membeli di singapura nanti akan memiliki selisih harga yang sangat jauh dan cukup menguras budget perjalanan anda.

3. Bawa Botol Minum KOSONG

  • Botol minuman kosong ini akan banyak sekali menghemat uang kita saat Backpacker Ke Singapura. Ingat, pada waktu membawanya botol ini jangan di isi air dulu, karena membawa cairan akan dipertanyakan di imigrasi singapore, jadi biarkan kosong, nanti akan bisa di isi di singapore pada fasilitas air minum gratis dimana-mana.
  • Perlu anda ketahui bahwa satu botol air mineral dihargai 2 SGD atau setara dengan Rp. 18.000, dapat Anda bayangkan bahwa penghematan besar telah anda lakukan hanya dengan membawa botol kosong.
  • Air minum bersih yang akan anda isi dapat dengan mudah anda temui pada pancuran air minum yang terdapat di berbagai penjuru Singapura da n juga tempat fasilitas umum lainnya, seperti MRT, Skytrain, Bandara, Toilet mall, Terminal bus dan lainnya (Sangat mudah ditemukan).
  • Kita tak perlu malu menggunakan fasilitas ini, di singapura ini fasilitas umum yang memang diperuntukkan untuk turis, maupun warga singapura.

4. Bawa Peralatan makan Plastik

  • Dalam backpacker ke singapore kita akan sering membeli makanan yang ditemukan dikios kios murah dipinggir jalan (tidak semua kios memberikan anda sendok atau garpu plastik), jadi bawalah sendok, garpu dan sumpit yang ringan dibawa kemana- mana agar anda nyaman hunting makanan murah di Singapura dan bisa makan dengan nyaman yang tidak mengganggu fasilitas umum.
  • Perlu anda ketahui bahwa makan dan minum ditempat seperti stasiun, terminal, akan dikenakan denda karena melanggar hukum (cek sebelum anda makan dan minum disembarang tempat).

5. Beli Singapore Tourist Pass

  • Singapore Tourist Pass adalah kartu elektrik yang digunakan untuk menggunakan fasilitas MRT, SkyTrain dan Bus.
  • Beli Kartu ini dalam paket sekaligus untuk sehari, dua hari atau tiga hari sesuai lama perjalanan dan lama anda tinggal didalam Singapura.
  • Anda tidak perlu lagi risau keliling Singapura dan menghitung berapa biayanya. Karu ini akan sangat menghemat biaya transportasi anda. Kartu ini hanya tidak berlaku untuk taksi dan Skytrain khusus menuju Sentosa Island ).
  • Kartu ini dapat dibeli di Changi Airport dan beberapa stasiun besar lainnya. Silahkan bertanya kepada penduduk sekitar, anda akan diberitahukan lokasinya, yang perlu anda catat adalah jam berapa, dimana saja dan hari apa saja, anda dapat menyewa kartu ini. Karena tiap stasiun berbeda jam buka loketnya, Head Officenya yang selalu buka hanya terdapat di Changi Airport, kantor beroperasi start dari pukul 9 pagi – 6 sore, jadi pastikan diri anda sudah memiliki kartu ini sebelum keluar dari Changi Airport, atau anda akan menemui beberapa kesulitan untuk mendapatkan kartu penawaran menarik ini.

6. Bawa adapter colokan listrik yang berkaki tiga

Zaman gatget sekarang ini, ngecas batray hp dan gatget lain adalah hal yang termasuk penting untuk kita, apalagi saat backpacker ke singapura ini. Perlu diketahui Yang ini wajib, atau anda tidak akan bisa memakai listrik disana. Colokan yang dapat dipakai disini adalah yang berkaki 3 untuk arus listriknya, kalau di Indonesia kan semuanya rata- rata dengan 2 kaki, bukan 3 kaki. Kalau anda menginap dihotel mewah sih ya tentu petugas frontdesk disana akan memfasilitasi anda dengan colokan yang compatible dengan segala gadget yang anda bawa, tapi kalau hotel sederhana ala backpacker? Nah, jadi silahkan dibawa langsung dari Indonesia.

7. Bawalah Powerbank

Pastikan hp dan gadget kita terisi penuh saat meninggalkan hotel karena tidak disembarang tempat di singapore kita bisa ngecas batray. Jadi ambil langkah aman daripada di denda, yaitu bawa powerbank. Apalagi anda bertujuan untuk melakukan foto foto yang banyak, tentu batray haruslah selalu penuh.

 

8. Untuk Hemat Ngopi, Bawa Minuman sachet dan sambel

  • Buat yang hobi Ngopi, bawa kompi instan sachetan (bawa secukupnya, jangan terlalu banyak, nanti dikirain mau dagang). Ini akan menghemat uang, karena kopi sederhana tepi jalanpun dihargai rata rata sebesar SGD 2.50 cent – SGD 3.50 cent ( Rp. 20.000 – 30.000 ), padahal diIndonesia kopi sachet cuman Rp. 1.000 diwarung. Untuk menyeduhnya, banyak fasilitas umum yang menyediakan hot water, atau pastikan hostel atau hotel anda menginap mengijinkan anda mendapat air panas untuk menyeduh minuman.
  • Sambel di Singapore kadang gak sesuai dengan lidah Indonesia, makanya bawa beberapa sachet sambal atau tomato sauce (jangan bawa terlalu banyak ), supaya tidak disita pihak bandara maka masukkan saja kedalam bagasi (dijamin lolos).

 

 

9. Bawa Payung kecil.

Ingatlah bahwa cuaca singapore seperti Indonesia juga, kadangkala hujan turun, apalagi ahir tahun, jika anda berteduh selama hujan, maka akan menyita waktu perjalanan anda, dengan membawa payung maka anda akan dapat terus berjalan tanpa stop berteduh. Usahakan payungnya dapat dilipat dan kecil.

10. Bawa Plastik Seal atau Kantung Klastik Kresek

  • Bawa plastik yang mempunya seal atau plastik kresek didalam tas kecil kita akan banyak fungsinya, apalagi saat backpacker ke singapura di musim hujan. Tentu saja fungsi plastik ini untuk melindungi barang barang kita (terutama barang elektronik, hp, kamera), usahakan selalu membawa serta 1 – 2 plastik kresek kemanapun perjalanan anda.
  • Jika anda bermain di Universal Studio Singapura, khususnya wahana yang penuh air (seperti wahana The Lost World atau dikenal sebagai Jurassic Park) dapat dipastikan anda basah.
  • Memanang pihak wahana menyediakan locker namun dikenakan biaya sewa per 2 SGD per 30 menit, tentu ini bisa menguras kantong anda jugakan.
  • Ada sebuah jebakan dari pengelola wahana ini yaitu pada saat anda antri dipertengahan wahana (tepat sebelum hampir naik) adaka anda pengumuman yang berarti ini ” Kemungkinan besar anda akan terendam, bukan hanya sekedar basah, selamat menikmati wahana atraksi bersama Dinosaurus kami “, spontan wisatawan yang sudah antri panik terhadap segala gadget, kamera dan dompet milik mereka, pada saat ini disebelah antrian anda ada sebuah mesin otomatis yang menjual plastik, anda cukup memasukkan uang kertas atau koin sejumlah 3 SGD, makanya agar hemat sediakanlah plastik kresek satu sampai dua lembar kemanapun anda pergi.

11. Bawa Tissue basah

Untuk kepentinga bilas didalam toilet, penting sekali tissue basah ini sebab toilet umum disana tidak difasilitasi untuk membersihkan pembuangan anda dengan cara menyiramnya dengan air. Pakailah tissue basah. Ada 1 Tips yang sangat berguna yaitu bawalah 1 botol kosong lagi yang berukuran lebih kecil untuk keperluan anda berbilas, isi air dulu di wastafel di botol kecil tersebut, barulah masuk kedalam toilet.

Untuk memudahkan backpacker ke singapura, lebih baik anda ikut paket tour singapore yang telah disediakan. Selamat Backpacker seru bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.