Posted on

Bangsal

Bangsal

 

Bangsal adalah pelabuhan kecil yang terletak di ujung, jika menuju tempat ini membutuhkan waktu sekitar 1jam dari kota Mataram, bangsal ini benar-benar menjadi titik penyebrangan anda dalam perjalanan anda ke Gili Islands,ketika ingin menuju tiga gili ada dua pilihan penyebrangan apakah dengan perahu public atau speedboat. Di antara tiga gili ini yang paling ramai dan padat tentunya adalah gili tawangan,di gili ini ada banyak sekali turis asing yang tinggal. Saat sampai di gili trawangan ada banyak aktivitas yang anda bisa lakukan contohnya saja keliling pulau dengan menggunakan cidomo yaitu seperti andong, untuk biaya sekali mutar pulau adalah 150.000 rupiah. Di pulau ini memang semua agak mahal karena semua harus di angkut jauh dengan menggunakan perahu dan dsini bebas polusi.

Satu-satunya alasan untuk datang ke Bangsal adalah untuk perjalanan menuju Gili, dan berarti Anda harus berurusan dengan Koperasi Angkutan Laut (Sea Transport Co-operative), yang memonopoli transportasi ke pulau-pulau. Kantor perahu publik di Bangsal mungkin akan tutup pada pukul 4:30 PM. Pastikan sebelum pukul tersebut anda sudah bersiap-siap, lain lagi jika menggunakan speedboat bisa balik sesuai komando kita.

Untuk menuju ke Gili Islands itu sangat mudah. Setelah tiba di pelabuhan Bangsal anda membeli tiket untuk kapal Umum; Rp 12.000 ke Gili Air, Rp 15.000 ke Gili Meno dan Rp 14.000 untuk Gili Trawangan. Harga ini adalah per orang / per perjalanan. Membeli tiket dan kemudian menunggu sampai maksimal 20 orang yang dibutuhkan untuk mengisi perahu show up. Anda akan diberitahu oleh penjual tiket ketika saatnya untuk pergi. Biasanya informasi yang disiarkan melalui sistem alamat publik. Tiket diberi nomor dan kode warna. Anda dan keluarga bisa menunggu sambil menikmati pemandangan pantai dan pelabuhan bangsal untuk berfoto-foto, kalau tidak ingin menunggu dan ingin cepat sebenarnya bisa menggunakan speedboat private itu tetapi tidak di bangsal melainkan di teluk nara. Teluk nara adalah pelabuhan khusus boat dan kapal besar berlabuh disini ada banyak tujuan bisa juga ke bali.

Menyeberang Dengan Perahu Sewaan

Di pantai Senggigi dan pantai Mangsit Anda akan menemukan banyak perahu pribadi atau operator perahu tradisional. Banyak pemandu wisata akan menawarkan jasa atau untuk membantu dalam mengatur perjalanan untuk Anda. Ini bisa menjadi salah satu cara, dua cara atau hari perjalanan ke Gillis. Hati-hati untuk menegosiasikan harga dan rincian kesepakatan umum sebelum menaiki atau menentukan harga akhir,tanyakan saja kepada orang sekitar harga biasa untuk umum berapa biaya. Beberapa operator perahu perahu tradisional tidak bisa berenang jadi jangan mengharapkan mereka untuk dapat menyelamatkan, Juga memastikan bahwa harga termasuk bahan bakar dan di mana Anda akan bepergian dan untuk berapa lama waktu. Pastikan Anda akan kembali ke pantai baik sebelum matahari terbenam.

Perjalanan Dengan Transportasi Darat

Taxi
Taksi biasanya tidak ditemukan di Bangsal, tetapi ada beberapa calo dan supir Toyota Kijang atau kendaraan serupa yang akan duduk Manis menunggu penumpang dan biaya sekitar Rp 150.000 ke Senggigi atau lebih jauh ke selatan ke Mataram. Sebenarnya Taksi adalah pilihan yang lebih layak dalam perjalanan dari Bangsal ke tempat-tempat seperti Senggigi atau Ampenan. Taksi argo akan menelan biaya sekitar Rp 70.000 dari Senggigi. Taksi dapat menjadi pilihan yang sangat baik jika berbagi perjalanan dengan beberapa wisatawan lain dan itu bisa semurah bemo tapi jauh lebih cepat dan lebih nyaman.

Dengan bemo
Bemo tidak stop dan menunggu di bangsal itu sendiri, tetapi mereka berhenti di dekatnya Pemenang, Anda dapat berjalan kaki atau naik cidomo (kereta kuda) ke depan plang Pelabuhan Bangsal. Untuk biaya menggunakan bemo ini per orang biasa di tarifkan 15.000 per orang menuju pantai senggigi atau hotel.

Dengan kereta kuda
Kereta Kuda yang menarik gerobak biasa dikenal sebagai cidomo, sangat umum di daerah Bangsal dan Pemenang. Mereka adalah sarana transportasi untuk jarak pendek. Untuk biaya jauh atau dekatnya anda bisa langsung negosiasi harga dengan kusir cidomo tersebut karena untuk jauh dekat sangat lah beda tetapi ini sarana paling murah dan enjoy tentunya.

Penginapan

Untuk tidur dan beristirahat di sekitaran bangsal dan pemenang ada banyak menyediakan kamar hotel atau homestay disana,bila ingin tidur dan istirahat lebih baik lagi di sekitaran pantai senggigi karena dsisni jauh lebih mudah akses makan,fasilitas,cafe dll. Pada malam hari di area senggigi ini sangat ramai karena banyak terdapat turis dan lokal mendatangi club-club malam dan cafe restaurant untuk bersantai dan dugem. Di lombok itu lengkap lo jangan pernah bingung kalau datang berlibur ke lombok ,karena di lombok tak kalah jauh dengan bali malah saya rasa dsini lebih nyaman dan banyak pantai yang masih perawan istilahnya.

Lokasi Restoran/Makan

Untuk masalah makan tak usah bingung karena dsini ada banyak rumah makan dan restaurant yang sudah menyediakan menu khas lombok yang lezat, sesuai dengan budget anda. Untuk harganya ada yang murah sedang mahal bahkan ada yang sangat murah yaitu nasi bungkus hanya 5.000 saja,hhe tetapi itu biasanya yang beli untuk backpackeran karena mereka ingin liburan benar-benar menghemat biaya.

2 thoughts on “Bangsal

  1. Hi,can you please explain the details (include price)of the snorkelling package and others interactian package for tourist?

  2. we will send you quotation to your email. regards

Leave a Reply

Your email address will not be published.