Posted on

Kuliner Lombok : Jaje Burasak

 

Kuliner Lombok : Jaje Burasak

Kuliner yang satu ini merupakan jajanan tradisional Lombok yang terbuat dari bahan ketan putih, garam, daun salam, santan kelapa dan kacang tanah. Adapun alat yang di butuhkan untuk membuat jaje burasak; daun pisang, tali dari bambu, panci besar dan kompor. Jaje diambil dari bahasa sasak yaitu bahasa asli masyarakat sasak dari pulau Lombok. Dalam bahasa Indonesia, jaje artinya jajan dan burasak nama kue/ jajan khas Lombok.

Jaje burasak ini sangatlah lezat dan bisa membuat kita terasa cepat kenyang bahkan jaje burasak bisa pengganti nasi buat kita. Untuk masyarakat Lombok, khususunya untuk masyarakat Lombok Tengah, jaje burasak ini menjadi menu utama disetiap acara syukuran, khajatan ataupun perayaan yang lainnya.

Jaje burasak bisa juga didapatkan di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Lombok Tengah salah satunya kita bisa dapatkan di pasar Karang Bulayak, pasar ini berada di daerah Lombok Tengah Jl. Jendral Sudirman Kota Praya. Di pasar, jaje burasak dijual dengan harga yang bervariasi dan diliat juga dari bahan bakunya, ada yang harganya Rp. 5 ribu bahkan ada juga yang di jual dengan harga Rp. 10 ribu.

Kita bisa temukan jaje burasak di Desa Darek Kec. Praya Barat Daya karena disana adalah salah satu tempat/ daerah penghasil jaje burasak terlezat yang pernah ada. Untuk membuat jaje burasak juga membutuhkan bahan dan langkah-langkah untuk membuat jaje burasak/ jajan burasak. Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, bahan-bahan jaje burasak itu ketan putih, daun salam, garam, daun pisang, santan kelapa dan kacang tanah. Sungguh rinci kan bahan-bahannya teman-teman. Nah kalau kalian mau buat, harus tau dulu bahan dan cara membuatnya.

Sekarang saya kasi tau ya cara membuat jaje burasak nya, disimak ya! Ada beberapa langkah-langkah atau cara membuat jaje burasak, pertama; cuci ketan 500 ml ketan sampai bersih lalu tiriskan, kemudian siapkan santan dari ½ butir kelapa, 1 sendok garam, 1 lembar daun salam kemudian siapkan daun pisang kemudian potong dengan ukuran 20 X 20 cm dan persiapkan air untuk merebus.

Bahan dan alat yang dipersiapkan sudah tertera dan sekarang cara atau langkah-langkah membuat jaje burasak. Pertama dinginkan santan dari ½ butir kelapa kemudian taruhkan 1 sendok garam dan 1 lembar daun salam kemudian taruh 500 ml ketan setelah itu aduk sampai santan kelapa kesat dan ketan putih menjadi aron. Setelah poses membuat atau memasak jaje burasak selesai, kita langsung ambil sehelai daun pisang kemudian taruh ½ SDM ketan aron di dalamnya lalu gulung dan padatkan. Cara menggulung nya, lipat kedua ujung daun pisang sehingga berbentuk persegi panjang. Satukan 2 buah bungkusan, ikat dengan tali dari bambu dengan kuat. Kemudian sesi terakhir yaitu rebus hingga masak hingga 3-4 jam dan tambahkan air rebusan setiapa air rebusannya berkurang. Setelah menunggu Jaje Burasak matang hingga 3-4 jam, tinggal kita sajikan dan menyantap bersama-sama 🙂

JAJE BURASAK SIAP SAJI .. ENAKNYEEE (LEZATTTT)

Posted on

Kuliner Lombok : KLEPON KECERIT

Kuliner Lombok : KLEPON KECERIT

Kata lain atau bahasa asingnya adalah another word dari kecerit disini adalah muncrat, kenapa klepon disebut dengan klepon kecerit? Tidak lain karena klepon itu selalu muncrat gula merahnya ketika kita menggigitnya. Sebenarnya lucu kedengarannya, namun itulah julukannya.

Klepon kecerit disini juga sebagai jajanan favorite di pulau Lombok untuk masyarakat Lombok. Klepon juga banyak kita temukan di pasar-pasar seperti khususnya di pasar Lombok Tengah, kita bisa dapatkan klepon kecerit di pasar Renteng dan Pasar Karang Bulayak. Disana banyak sekali penjual klepon kecerit lho.. Tidak hanya di Lombok Tengah kita bisa temukan klepon kecerit ini namun ada di Mataram juga, seperti pasar ACC, Pasar Kebon Roek, Pasar Muhajirin, dll.
Teman-teman kalau kita bicara tentang klepon kecerit, pasti kita penasaran donk bagaimana cara pembuatannya dan apa saja alat yang dibutuhkan. Yukk kita saksikan bincangan selanjutnya di certitaku saat ini, check it out.

Cara membuat klepon kecerit :

  1. Buat air kapurnya, campur dan endapkan seperempat sendok kapur sirihdan airnya. Ambil air kapurnya sebanyak 2 sendokkecil.
  2. Siapkan wadah sebagai tempat adonan. Masukkan 250 gr tepung ketan dan tepung beras 50 gr. Aduk rata kedua bahan tersebut sampai merata.
  3. Masukkan 2 sendok air kapur dan pasta pandan, kemudian aduk sebentar
  4. Masukkan air yang sudah matang sedikit demi sedikit sambil diaduk ke dalam adonan tepung. Jika terlalu kental, tambahkan air hangat secukupnya.
  5. Ambil adonan dan bentuk bulat seperti bola lalu kasi lubang di tengah adonan.
  6. Ambil irisan gula merah. Taruh di atas lubang yang dibuat di adonan tersebut kemudian bentuk bulatan tersebut seperti bola. Lakukan proses ini sampai gula merah dan adonan tepungnya habis.
  7. Langkah selanjutnya, panaskan air untuk merebus adonan dengan api kecil/sedang. Setelah air yang dimasak mendidih. Masukkan adonan yang sudah di bulatkan atau sudah jadi satu persatu.
  8. Tunggu sampai adonan klepon yang sudah dibentuk melayang diatas air rebusannya. Angkat dan tiriskan sebentar lalu siapkan kukusan.
  9. Ambil satu wadah ukuran sedang dan masukkan parutan kelapa, kemudian taruhkan seperempat sendok kecil garam dan daun pandannya. Setelah itu aduk dan campur sampai merata lalu kukus.
  10. Setelah dikukus, ambil jaje/jajan klepon kecerit dan masukkan ke dalam wadah parutan kelapa di atas, lalu gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Lakukan proses ini untuk semua kue yang di buat.
  11. Kemudian pastikan kalau kulit luar klepon kecerit tertutupi kelapa
  12. Dan sesi terakhir ini adalah sesi yang paling di tunggu-tunggu, sesi hidangan Klepon Kecerit.

TRY IT AND BUY IT OKAY

Posted on

Komodo Tours

Komodo tour

Penulis : Mutiara Lombok

Komodo tours menjadi pilihan buat kalian yang suka traveler ,kalian pernah ngeliat kalender dan mencari-cari tanggal merah? Hahahahah.. tak heran jika kalian melakukannya dan bisa dibilang bahwa itu adalah normal. oke ! Setelah kamu, para traveler menemukan tanggal-tanggal merah itu, lantas apa yang kalian lakukan selanjutnya, pasti kalian langsung membuat planning atau yang biasa disebut rencana untuk berlibur. sebenarnya di PAKET WISATA LOMBOK juga banyak pilihan anda semua yang mau berlibur di lombok ataupun komodo tour ini. Pergi ke mana? Naik apa? Sama siapa? Berapa lama mau di sana? Tentu pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang sangat relevan. Namun, ada pertanyaan yang lebih penting lagi. Apa itu? Berencana sih boleh saja, tapi uang tentu juga memiliki peranan penting. Sebagai traveler, tentu saja kita ingin bepergian ke tempat-tempat cantik dengan bujet minim.
Jangan jauh-jauh, negara kita yang kaya akan pulau ini memiliki banyak sekali tujuan tempat-tempat wisata yang tak kalah menarik dengan tempat wisata di luar negeri. Pulau ini adalah pulau yang memiliki banyak sekali hewan purba yang menyerupai kadal raksasa. Ya, tepat sekali.. Komodo tours !

Nah, kali ini kita telusuri bersama-sama yuk ilustrasi perjalanan atau liburan ke pulau Komodo tour yang tidak terlalu ‘mencekik leher’ alias mahal 😀 . ada banyak pilihan untuk melakukan komodo tours yang tersedia di internet sekalian cek PAKET WISATA LOMBOK. hhe
Untuk biaya perjalanan sendirian kira-kira seperti ini. Sewa kapal 2D/1N Rp 1.750.000 sudah termasuk makan malam, pagi dan siang ditambah snack. Kapal yang kalian gunakan sudah cukup nyaman, ada satu kamar kecil dengan kasur kapuk, kamar mandi, minuman dari air mineral dan soda selalu tersedia, makanan berlimpah, peralatan snorkeling lengkap. Selanjutnya, jangan lupa beli tiket masuk ke Taman Nasional Komodo tours.

Posted on

Gili Kere

Gili Kere

Gili Kere

Setelah menikmati Gili Gosong yang tentu membuat ulit akan gosong karena kalau anda kelamaan berjemur di terik matahari, dan lemudian melanjutkan perjalanan ke Gili Kere (atau Gili Kahona yang tampak hijau menantang. Sekitar 5 menit waktu yang ditempuh dengan perahu menuju Gili Kere dari Gili Gosong. Tampak sebuah pulau kecil dengan kontur cukup tinggi (berbukit) yang ditumbuhi berbagai jenis pohon dan rumput ilalang.

Gili Kere adalah pulau kecil yang tak berpenghuni dengan kontur berbukit yang dihiasi dengan padang savana. Pemandangan yang tersaji dari gili ini luar biasa indahnya. Sebelah timur tampak keperkasaan Gunung Rinjani yang menjulang menyentuh awan. Perairan luas Tanjung Luar terhampar indah dengan perpaduan biru air laut, putihnya awan dan yang paling menakjubkan adalah view daratan berupa pasir (gosong) yang muncul di lautan. Jika air laut sedang surut akan terlihat kalau daratan pasir seperti jalan yang menghubungkan Gili Kere ke Gili Gosong dan sebaliknya.

Aktivitas di Gili Kere cuma satu yang mengasikkan, yaitu foto-foto dengan latar pemandangan sekitarnya yang begitu indah dengan naik ke atas bukitnya dan mengambil gambar semuanya sepuas hati. Tapi kalau ingin berenang-renang di air laut yang bening juga diperbolehkan.

 

Posted on

Tanjung Aan

Keindahan Tanjung Aan di Kuta Lombok

Tanjung Aan adalah pantai yang lain daripada yang lain yaitu memiliki pasir berbentuk seperti merica,bentuknya bulat tidak seperti pasir yang ada pada pantai umumnya itulah yang membedakan pantai tanjung aan dengan yang lainnya, selain bentuk pasirnya tanjung aan juga memiliki pemandangan pantai yang begitu indah dengan pemandangan gunung dan juga ada terdapat bukit kecil untuk melihat susasana pantai lebih jelasnya, perlu sedikit menanjak naik agar sampai ke puncaknya. Sekitar 10 menitan sudah sampai atas seperti yang ada pada contoh gambar di samping adalah pemandangan dari atas bukit tanjung aan. Di atas sini banyak turis asing juga ingin mengabadikan moment mereka selama berada di lombok,dan banyak foto model mengambil gambar disni..hhe gitu lah !

Selain bisa melihat pemandangan lebih luas ada lagi tempat yang istimewa yaitu batu payung namanya bro, saya ga tau lah kenapa di namakan batu payung padahal kalo di lihat sih mirip muka manusia nampak dari samping, eh eh yang di foto ini emang bener manusia ya yang saya maksud itu batu yang ada di belakangnya ~_~. Untuk menuju tempat ini kita bisa menyewa perahu nelayan yang sistimnya antar jemput yaitu 250.000 sekali carter bisa memuat penumpang sampai 10 orang lah kurang lebih. Perjalanan dari tanjung aan ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menuju ke pantai batu payung. Model dari gambar yang saya ambil adalah foto seseorang yang sangat saya sayangi ,whahaha begitulah zaman sekarang ya, itu foto dulu yaa.. Sebenernya sih ga perlu di bahas masalah foto cuman numpang exsis ajaa.

 

Ini adalah gambaran perjalanan menggunakan perahu nelayan dari tanjung aan menuju pantai batu payung,masa kalah sama anak kecil yang di depan ini. Eh kok kebalik ya gmbarnya? emang sengaja aja biar semua pada ga serius bacanya,itu foto terbalik karena saat saya foto ada guncangan besar dan akhirnya saya jatuh ke laut, udah lah becanda juga gak beneer intinya seperti itulah gambarannya saat menyebang. Perlu di ingat juga yaa di batu payung ini tidak ada penjual makanan ataupun minuman, sebaiknya membawa bekal untuk menuju tempat ini karena berada di pulau mohon maklum saja.

Sekian dari cerita saya mengenai pantai tanjung aan dan batu payung (bukan batu akik) ,kurang lebihnya saya berikan infonya harap maklum saja tetapi sudah jelas ya agar tidak betanya-tanya lagi,buat kalian yang ingin mengikuti travel dan akomodasi yang murah silahkan klik link ini Paket Wisata Lombok. Sekian dan terimakasih sampai berjumpa di artikel selanjutnya..happy holiday

Posted on

Keindahan Alam Pantai Seger Lombok

PANTAI SEGER LOMBOK

Pantai Seger Lombok, lokasi wisata yang seger

Pantai Seger terletak hanya 2 Kilometer sebelah timur Pantai Kuta Lombok. Pantai Seger juga memiliki garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta. Jarak tempuh dari Bandara International Lombok di Praya menuju Pantai Seger sekitar 30 menit dengan menggunakan taksi, jasa travel, ataupun mobil, mengingat tidak ada tranportasi umum yang melewati lokasi Pantai Seger. Sedangkan dari Kota mataram akan menempuh jarak tempuh sekitar 52 km dengan estimasi waktu kurang lebih 50 menit menuju Pantai Seger. Jika, posisi kita berada di kawasan wisata Pantai Senggigi akan lebih jauh lagi jarak tempuh untuk menuju Pantai Seger di Lombok Tengah, waktu yang diperlukan sekitar 2 jam perjalanan.

pantai seger
pantai seger

Tak hanya pemandangan alamnya yang masih asri nan indah, tapi kita juga bisa menikmati pemandangan bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Seperti aktivitas pantai lainnya, kita bisa bisa melakukan berbagai aktivitas pantai tersebut di pantai seger Lombok ini, seperti berjemur, berenang, selancar dan tentunya kita bisa melihat matahari tenggelam. Untuk menuju ke Pantai Seger, kita tinggal mengarahkan rute perjalanan ke lokasi wisata Pantai Kuta.

Sesuai namanya, pantai ini menyajikan pemandangan yang menyegarkan mata dan paru-paru pengunjungnya, khususnya ketika musim penghujan tiba. Berbeda ketika musim kemarau dimana perbukitannya akan sangat kering dan tandus. Akan tetapi, pada musim kemarau justru memberikan keindahan tersendiri.

Pantai Seger adalah sebuah pantai yang masih alami dan unik karena selain berpasir putih dan memiliki panorama perbukitan khas pantai-pantai Lombok tengah bagian selatan, pantai ini juga menampilkan panorama batu karang yang menyembul dari tengah laut yang kerap kali disebut dengan Batu Tengkong (batu jamur) yang dapat di capai oleh pengunjung saat air laut surut.

Terdapat dua sisi Pantai Seger, yaitu Pantai Seger sisi luar dan dalam. Dari pintu masuk langsung terhampar di depan mata pemandangan cantik dari Pantai Seger luar atau masyarakat local menyebutnya pantai seger 2. Deretan perbukitan, batu karang yang menyembul dari tengah laut, pasir putih, lagit biru dan warna air laut memanjakan mata kita. Pantai Seger memiliki tekstur pasir pantai yang unik. Pada salah satu sisinya, pantai ini memiliki pasir bulat-bulat agak besar. Namun disisi lainnya, terdapat pasir putih yang sangat mengundang para wisatawan untuk dating berkunjung. Pantai Sege Dalam yang eksotis.

Untuk menambah kenyamanan para pengunjung dalam menikmati keindahan Pantai Seger, berbagai fasilitas seperti tempat peristirahatan, penginanapan dan rumah makan sudah tersedia disini. Selain itu, pengelola juga menyediakan toilet dan kamar ganti yang bersih untuk menambah kenyamanan pengunjung yang ingin berenang dan berselancar di Pantai Seger.

Seperti yang kita ketahui bahwa, Pantai seger tidak hanya menyimpan keindahan namun juga cerita legenda yang sampai kini masih dipercaya oleh masyarakat setempat yakni legenda Putri Mandalika. Itu mengapa sebagian orang menyebut pantai Segar sebagai “Pantai Legenda Putri Nyale”. Legenda ini bercerita tentang putri cantik jelita bernama Mandalika anak seorang Raja Tonjang Beri. Karena kecantikannya dan kebaikan perangainya inilah banyak pangeran yang bermaksud memperistri.

Namun anehnya, setiap pangeran yang melamar tidak ada satupun yang ia tolak. Para pangeran tersebut tentu tidak menerima jika sang putri diperistri oleh banyak pangeran. Maka, mereka pun bersepakat untuk mengadu keberuntungan lewat peperangan. Siapa yang memenangi perang tersebut dialah yang berhak menjadi suami Putri Mandalika. Kabar ini akhirnya sampai juga ke telinga sang putri. Ia pun berpikir selama sehari semalam untuk menemukan jalan keluarnya.

pantai seger
pantai seger

Akhirnya ia memutuskan untuk merelakan jiwanya demi menghindari terjadinya peperangan yang akan memakan korban lebih banyak lagi. Setelah melakukan semedi, maka Putri Mandalika mengundang semua pangeran pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak. Bertempat di pantai Segar mereka berkumpul untuk mendengarkan siapa pangeran yang akhirnya akan menjadi suami Putri Mandalika. Saat itulah putri berkata bahwa tidak ada satupun pangeran yang dia pilih karena dia telah ditakdirkan menjadi Nyale (cacing laut) yang dapat dinikmati oleh seluruh rakyat pada bulan dan tanggal saat munculnya Nyale di permukaan laut. Sesaat setelah mengatakan hal itu, putri-pun menceburkan diri ke laut. Ia pun menghilang tanpa jejak. Tak lama kemudian, di permukaan laut bermunculan binatang kecil yang jumlahnya sangat banyak.

Binatang yang berbentuk cacing laut itu memiliki warna yang indah, perpaduan antara warna hitam, hijau, kuning dan coklat. Binatang itulah yang kemudian disebut sebagai “Nyale” jelmaan Putri Mandalika. Pantai Seger ini ada ritual yang cukup menarik untuk di ikuti. Ritual tersebut dilakukan oleh masyarakan setempat setiap tahunnya. Ritual ini bernama “Bau Nyale”, yaitu berburu cacing laut atau “Nyale”. Ritual ini dimulai ketika Nyale mulai muncul di sekitar pantai, yaitu sekitar bulan Februari sampai Maret. Ritual Bau Nyale adalah ritual masyarakat setempat untuk menghormati Putri Mandalika.

Bau Nyale memiliki hubungan yang erat dengan Bukit Mandalika yang terletak tak jauh dari Pantai Kuta. Menurut mitos, “Nyale” merupakan teinkarnasi dari Putri Mandalika. Tak hanya menyaksikan, Anda juga bisa bergabung dalam acara perburuan cacing laut ini. Ada beberapa macam masakan yang berbahan dasar Nyale. Satu hal yang menjadikan ritual ini istimewa, “Bau Nyale” hanya bisa disaksikan di Pantai Seger dan Pantai Kuta Lombok.

Harga tiket masuk dan Fasilitas Pantai Seger di Lombok

Untuk menikmati keindahan Pantai Seger di Lombok ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk mobil, dan Rp. 5.000 bagi pengendara motor. Fasilitas parkir kendaraan yang luas juga tersedia di area pantai ini. Setelah memasuki area pantai, kita akan disambut dengan birunya laut dengan berbatas pasir putih yang sangat halus, hembusan angin yang akan membuat pikiran penat bisa menjadi segar kembali. Di sekitar pantai, sesekali kita akan menjumpai warga lokal yang menawarkan aksesoris dan kain tenun khas daerah Lombok.

Penginapan atau Hotel di sekitar Pantai Seger di Lombok

Seiring makin berkembangnya wisata pantai di Lombok Tengah bagian selatan, terutama di Pantai Kuta Lombok dan sekitarnya, kondisi ini berimbas dengan makin banyaknya homestay, penginapan ataupun hotel yang di bangun di kawasan ini. Salah satu hotel berbintang yang sudah beroperasional di sekitar Pantai Kuta dan Pantai Seger adalah Hotel Novotel Lombok, selain itu, puluhan hotel dan homestay lain juga tersebar di sekitar Pantai Kuta Lombok, yang lokasinya hanya sekitar 2 km dari Pantai Seger.

Posted on

Kawasan Geylang Singapore

Kawasan Geylang Singapore

Untuk mendapatkan akomodasi dengan harga terjangkau, kaum backpacker dan budget traveler yang berkunjung ke Singapura banyak yang memilih menginap di Geylang. Geylang merupakan sebuah kawasan yang terletak di sebelah timur Central Area atau Central Business District (CBD) Singapura.

Geylang sebenarnya dikenal sebagai salah satu red-light district di Singapura. Oleh sebab itu, kawasan ini mungkin kurang cocok bagi wisatawan perempuan yang datang sendirian, wisatawan yang membawa keluarga. Kawasan ini memiliki banyak hotel murah dari kategori bintang 1 dan 2. Tarif hotel-hotel di Geylang hanya sekitar S$50-S$60 per malam. Kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh hotel-hotel di Geylang juga tergolong baik sehingga wisatawan dengan anggaran terbatas di Singapura menjadikan Geylang sebagai lokasi terfavorit untuk menginap.

Sebagian tak tersentuh proyek dan pengembangan kota dan sebegitu jauh terhindar dari proses gentrifikasi yang telah mengubah wajah Singapura sejak 1970-an, gabungan pemandangan rumah toko, hari yang ribut, serta kehidupan malam Geylang, termasuk distrik remang-remang (resmi), permukiman pekerja asing, dan lounge karaoke menyediakan pandangan alternatif dari unsur sisa Singapura modern yang umumnya tak dimiliki. Ruko sepanjang Geylang Road dilindungi dari pengembangan, dan beberapa restoran terkenal telah tumbuh sepanjang jalanan utama.

Tempat ini telah menjadi pusat komunitas etnis Melayu Singapura sejak orang Melayu dan Orang Laut tinggal di sini setelah otoritas Inggris membubarkan desa terapungnya di muara Sungai Singapura pada pertengahan abad ke-19. Dari paruh terakhir 1800-an, daerah ini juga telah menjadi tempat bekumpulnya orang Melayu dan Arab yang kaya, khususnya dari keluarga Alsagoff, Alkaff dan Aljunied. Pada 1930-an, beberapa distrik eksklusif Melayu dibentuk, seperti Kampong Melayu, kemudian berubah menjadi Geylang Serai sekarang. Perkembangan hari ini yang disebut Malay Village diciptakan untuk meniru sejarah dan peninggalan pemukiman awal ini.

Kata Geylang ditemukan dalam sejarah awal Singapura. Dalam rencana Jackson dan Franklin, direproduksi dalam buku John Crawfurd tahun 1828, Geylang muncul sebagai sungai, dirujuk di peta sebagai R. Gilang. Kata Geylang berasal dari bahasa Melayu, dan kemungkinan perubahan dari kata and kilang. Hal ini karena banyaknya pabrik pemrosesan untuk perkebunan kelapa lemongrass di daerah ini, dan ini bisa terjadi karena kilang-kilang itu beroperasi pada perkebunan kelapa untuk memproduksi minyak dari kopra.

Versi lain berkaitan dengan kemunculan suku orang gallang yang galak, salah satu dari banyak suku orang laut yang tinggal di sepanjang pesisir dan sungai di pulau Singapura. Orang gallang terkenal karena perompakan dan penjarahannya atas kapal bernasib malang di laut sekitar pulau Singapura.

Untuk mencapai Geylang Road, ada beberapa stasiun MRT di sekitar Geyland Road, seperti Aljunied, Kallang dan Paya Lebar. Ada juga Terminal Bus Geylang Lorong 1 yang terletak di daerah perencanaan Kallang.

Distrik Geylang terkenal dengan hiburan malamnya, serta banyaknya makanan enak yang dapat ditemukan. MRT terdekat adalah stasiun Kalang, dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit. Secara de facto, inilah red-light district di Singapore. Jika Anda benar-benar mencari hotel murah dan cuek, boleh mempertimbangkan hotel di sini. Namun jika membawa keluarga atau anak-anak, saya tidak menyarankan tinggal di kawasan ini.Jalan di Geylang diberi nomor 1 hingga belasan. Jalan yang bernomor ganjil (1,3, dst) adalah surganya makanan enak, sedangkan jalan bernomor genap (2,4,dst) adalah red-light district. Hotel di Geylang menempati jalan bernomor genap, dan saran saya sebaiknya anda pilih hotel yang di lorong 2 sampai 8 yang relatif masih nyaman.

Dulu orang banyak terbang ke Batam dan dilanjutkan naik ferry ke Singapore supaya pembayaran fiskal dapat lebih murah, namun sejak diberlakukannya bebas fiskal dari Indonesia, rasanya terbang ke Batam harganya sudah sama dengan langsung ke bandara Changi. Pengecualian jika Anda tinggal di kota pulau Sumatera yang belum punya akses bandara International, biasanya harus ke Batam dulu.

Hotel di Geylang

Beberapa contoh hotel bertarif terjangkau di Geylang adalah Hotel 81 Geylang, Fragrance Hotel – Pearl, Fragrance Hotel – Emerald, Fragrance Hotel – Sunflower, Amrise Hotel, dan masih banyak lagi. Tarif hotel-hotel di atas berkisar antara Rp400.000 hingga Rp600.000 per malam. Cukup murah dibandingkan dengan harga hotel bintang 1 dan 2 di Singapura pada umumnya.

Selain hotel, kawasan Geylang juga memiliki banyak hostel dengan tarif hanya sekitar Rp150.000 hingga Rp400.000 per malam. Hostel di Geylang umumnya lebih sederhana dan menawarkan kamar-bersama (shared-room) yang bisa ditempati oleh 2 hingga 10 orang per kamar. Beberapa hostel menyediakan kamar mandi di luar ruangan yang harus dipakai secara bergantian oleh para tamu.

Turis wanita yang menginap di Geylang juga sebaiknya segera masuk ke kamar begitu tiba di hotel. Hindari ‘nongkrong’ di lobi hotel, ataupun berjalan-jalan di sekitar hotel dengan pakaian yang mencolok khususnya pada malam hari, untuk mencegah hal-hal yang tidak menyenangkan, seperti ‘digoda’ pria iseng. Jika mungkin, pilihlah hotel di lorong bernomor ganjil karena sebagian besar tempat prostitusi di Geylang berlokasi di lorong genap.

Geylang juga terkenal sebagai tempat pilihan kuliner masyarakat lokal Singapura, dengan banyak pilihan makanan yang bisa dinikmati sehingga umumnya daerah Geylang selalu ramai hingga larut malam. Bagi wisatawan yang beragama Islam, cermati makanan yang akan disantap mengingat banyak makanan di Geylang mengandung lemak babi atau terbuat dari daging babi. Pilihan teraman adalah kedai makanan Malay ataupun India.

Posted on

Kain Tenun Desa Sade

Kain Tenun Desa Sade

Kain Tenun Desa Sadee di Desa Sukerare merupakan desa penghasil kerajinan tenun songket Lombok yang terkenal. Lokasinya berada di luar jalur jalan negara, Kecamatan Jonggot, Lombok Tengah. Perjalanan menuju desa ini dapat ditempuh menggunakan angkutan umum dari Bertais ke Praya dan turun ketika menjelang sampai di Puyung. Kemudian dapat dilanjutkan dengan memakai jasa ojek menuju Sukarara. TempatTenunan Desa Sade ini berjarak sekitar 25 km dari kota Mataram. Disarankan, bila berkunjung ke tempat Kain Tenun Desa Sade ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan, mengingat angkutan umum yang jarang untuk ditemui.
Seperti dikenal sebelumnya bahwa Sukarara adalah sentra penghasil songket terbesar di Lombok. Hal ini sudah menjadi bagian dari komoditi hingga merambah pasaran luar negeri. Tenun songket merupakan kain tenun yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan dengan hiasan-hiasan dari benang sintetis berwarna emas, perak, dan warna lainnya. Hiasan itu disisipkan di antara benang lusi.

Setibanya di Sukarara, maka pengunjung akan langsung disambut oleh kaum perempuan berpakaian adat Sasak. Mereka dengan sigap mendemonstrasikan keterampilan mereka dalam menenun. Beberapa toko biasanya menyuguhkan tontonan teknik-teknik menenun kain songket, hal tersebut dapat langsung dilihat oleh para pengunjung. Teknik-teknik tersebut merupakan teknik tradisional sederhana yang masih dilakukan oleh pengrajin, yakni mulai dari mengolah benang (menggunakan pemberat yang diputar-putar dengan jari-jari tangan, pemberat tersebut berbentuk seperti gasing terbuat dari kayu), hingga menjadi selembar kain yang berwarna warni. Pengunjung yang berminat pun dapat turut serta mencoba menenun seperti perempuan-perempuan sasak itu.

Kain Tenun Desa Sade Sukerare ini dipakai sebagai bagian dari pakaian tradisional suku Sasak yang bernama Baju Lambung (baju wanita), baju adat khas Lombok dengan motif hitam polos dengan variasi bawahan yang beragam, biasanya berbentuk selendang, ikat pinggang atau aksesoris lainnya. Sedangkan untuk yang pria biasanya menggunakan songket sebagai bawahan (pasangan baju adat Tegodek Nongkeq) yang diatur sedemikian rupa sehingga indah dipandang. dan Lihat saja gambar dibawah ini, cantik banget kan kalau baju Lambung dipadukan dengan Kain Songket ini??
Songket Sukerare rata-rata dikerjakan di rumah (home industry). Hampir setiap rumah memiliki alat tenunnya sendiri. Namun, profesi penenun hanya dilakoni oleh kaum perempuannya saja, sedangkan para pria bekerja sebagai petani di sawah. Ada tradisi unik terkait songket ini, kaum perempuan yang ingin menikah diwajibkan untuk memberikan kain tenun buatannya sendiri kepada pasangan. Apabila belum mampu membuat tenun songket, maka perempuan tersebut belum boleh menikah. Namun, bila nekat ingin menikah juga, maka perempuan tersebut akan dikenakan denda. Denda dapat berupa uang maupun hasil panen padi.

Motif-Motif Kain Tenun Desa Sade Di Sukerare

Kain Tenun Desa Sade yang ditawarkan pun sangat beragam, antara lain motif ayam, motif kembang delapan, motif kembang empat, motif begambar tokek yang merupakan simbol keberuntungan, motif pakerot yang berbentuk horizontal, motif trudak yang berwarna violet, dan masih banyak lagi. Masing-masing motif memiliki maknanya sendiri-sendiri.
Untuk menenun satu kain Songket diperlukan minimal satu minggu untuk motif yang sederhana. Semakin rumit motifnya semakin lama waktu yang diperlukan, bisa sampai berbulan-bulan. Satu kain ini dijual mulai dari harga 300an ribu sampai 2 jutaan. Cukup mahal memang, namun mengingat bahan, motif, dan waktu pengerjaannya, harganya cukup masuk akal. Ada ukuran mulai dari anak-anak sampai dewasa.
Desa Sukarara juga memproduksi tenun ikat. Bahan tenun ikat sangat sederhana yakni terbuat dari bahan katun. Waktu produksi tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup satu hari penenun dapat menyelesaikan tenun ikat sepanjang 3 meter. Harga tenun ikat pun bervariasi tergantung bahan pewarna kainnya, apabila terbuat dari pewarna kimia maka dibanderol dari harga Rp.100.000-an, sedangkan kain yang terbuat dari pewarna alami maka harga dipatok dikisaran Rp.150.000-an.
Untuk harga Kain Tenun Desa Sade pun bervariasi sesuai dengan ukuran, tingkat kesulitan, dan bahan baku yang dipakai. Paling murah didapati harga Rp.50.000 untuk ukuran taplak meja kecil, sedangkan untuk selendang, syal, dan ikat kepala dapat dibanderol harga sekitar Rp. 100.000. Kain tenunan yang dikombinasikan dengan benang emas bisa bernilai sekitar Rp.1,5 jutaan hingga Rp.2,5 jutaan.
Hal yang paling sulit dari menenun kain ini adalah menentukan motifnya di awal, karena yang terlihat mata di alat tenunnya hanyalah benang, benang, dan benang, dan benang lagi tetapi ketika ditenun bisa menjadi kain bermotif dan berwarna-warni. Bukan hal yang gampang tentunya.

Posted on

Wisata Lombok : Kabupaten Lombok Utara

LOMBOK UTARA

Setelah kita membahas mengenai lombok yang terbagi dari beberapa yaitu lombok tengah, lombok timur, lombok selatan, lombok barat sekarang kita kembali lagi akan membahas pariwisata yang ada di lombok utara. Bisa di bilang sih lombok utara ini tempatnya pariwisata dan paling banyak wisatawan asing maupun lokal ada di daerah ini, contoh kecilnya saja pantai senggigi pantai ini begitu terkenal dan tidak asing lagi di telinga kita, pantai malimbu, 3 gili yaitu gili trawangan, gili meno, dan gili air, nanti semua akan kita bahas panjang lebar.

Perjalanan untuk menuju lombok utara ini sekitar satu jam setengah dari bandara international lombok, buat para wisatawan yang mengunjungi tempat ini ada banyak pilihan hotel dari yang murah sampai yang harga per malamnya selangit, tergantung dari pilihan wisatawan yang datang. Oke tidak panjang lebar lagi berikut saya jelaskan mengenai pantai-pantai dan pulau yang ada di lombok utara ini.

Pantai Sengigi

Pantai ini memiliki tingkat wisatawan asing yang banyak karena turis sangat menyukai tempat ini,ya mungkin karena di daerah ini banyak hotel yang viewnya depan pantai langsung,banyak club,cafe,dll.

Suasana malam harinya pun sangat ramai tetapi yang paling mereka sukai adalah berjemur di siang hari dekat pantai,ya beda lah dengan kita coba saja bayangkan siang hari berjemur seperti itu mana lagi cuaca di lombok terbilang panas banget. Tetapi ya begitulah namanya hobi mereka agar kulitnya bisa hitam kali yaa, saya aja pingin putih kok mereka pingin hitam? benar-benar aneh Untuk sunsetnya di senggigi ini emang indah banget karena banyak terdapat tempat khusu untuk melihat sunset langsung,sore hari banyak lokal juga datang untuk melihat sunset dan mengabadikan foto mereka dsini,pokonya lombok itu is the best lah apa yang kalian cari pasti ada.

Bukit Malimbu

Tak lengkap rasanya sudah ke pantai senggigi dan ingin mengunjungi gili jika tidak mampir ke bukit malimbu ini, bukit dengan pemandangan gunung agung akan terlihat jelas dari atas bukit ini. Di tempat ini memang area untuk berfoto juga untuk para tamu yang datang. Di malimbu ini juga ada banyak penjual aksesoris yang berada sepanjang jalan. Bukit Malimbu juga sering dipakai untuk tempat berkumpul berbagai komunitas, misalnya komunitas sepeda. Bagi mereka, tak ada yang lebih indah dibanding menikmati sunset di Bukit Malimbu setelah menaklukkan tantangan bersepeda. Begitu juga untuk para bikers motor touring, bukit ini menjadi salah satu tempat beristirahat sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan mereka.

Bukit Malimbu, Anda bisa memilih dua titik, yaitu sebelah Timur atau sebelah Barat jalan raya. Di sisi Barat jalan, Anda akan menemui rest area sepanjang 150 Meter, dengan lebar trotoarnya sekitar 2 Meter. Anda akan menikmati pemandangan sunset dari atas tebing setinggi 25 Meter. Namun jangan khawatir, karena ada pagar pembatas yang cukup kuat di tepi tebing tersebut. Tebing tersebut dipenuhi dengan semak, dan Anda akan menemui banyak kera yang mencari perhatian para pengunjung.
halaman selanjutnya : teluk nare

Posted on

Jangan ke #Lombok Nanti Gak Mau Pulang #FilmBagus

jangan ke Lombok nanti gak mau pulang

Jangan ke Lombok!! (Nanti gak mau pulang) OFFICIAL TRAILER 2014

Cerita berawal dari kesalahan membeli tiket pesawat yang membuat 2 orang wisatawan domestik asal Jakarta ( VANIA & DEBBY ) terpaksa tiba di Lombok, destinasi yang sama sekali tidak mereka kenal. Alhasil mereka sangat kebingungan. Kondisi semakin rumit ketika tas mereka yang berisi alat komunikasi dan identitas tertukar dengan orang lain.
Di tempat lain, 4 remaja asal Lombok ( ABLEH, NATO, VIRA & LALU ) sedang dalam perjalanan ke Bandara Internasional Lombok untuk berlibur ke pulau Bali. Setelah tiba di bandara, nasib sial menimpa mereka: pesawat tujuan Bali sudah lepas landas. Dan mereka pun terpaksa harus tetap di pulau Lombok.
Kedua kelompok wisatawan muda domestik ini diliputi rasa kecewa. Mereka kemudian dipertemukan dengan cara yang unik yang membawa mereka ke dalam petualangan dan perjalanan bersama yang tidak pernah mereka duga sebelumnya.
KARAKTER
Tokoh-tokoh dalam film ini mempunyai karakter yang beragam. VANIA, adalah seorang cewek yang mandiri dengan hobi traveling dan menulis. Beda dengan DEBBY, yang manja, maniak media social, dan cerewet. Di kelompok Lombok, ada ABLEH, seorang pemuda yang sok asik dan asal asalan. Ada juga NATO, pemuda yang memiliki nasionalisme yang tinggi; ke mana-mana dia selalu membawa bendera merah putih untuk menunjukkan kecintaannya pada Indonesia. Tapi di balik itu, dia sangat takut terhadap wanita. VIRA, adalah satu-satunya cewek di kelompok ini dan karakternya tomboy, cuek, tapi pemberani. Kemudian terakhir LALU, cowok yang sok keren, sok ganteng, sok tahu, dan sok petualang yang membuat perjalanan selalu salah arah atau nyasar.
TIM PRODUKSI
Sutradara : Dwiyanto Achmad
Ide cerita : Hery Rosihan,Dwiyanto Achmad
Scriptwriter :Hery Rosihan
Cameramen : Indra Ganeza ,Ivan Hidayat,
Floor Director : Hafrizal Fuady, Lalu Rachmat
Lighting : Fikri Budi, Lalu Anugrah
Perlengkapan : Wahyu Ardian, Rendy prakoso
Make Up dan Wardrobe : Dimas Mojo, Rani Nurindah
Media Komunikasi : Ricky Mulyanto
Penata Musik : Herdian Hidayat, Deny Arpiona
Transportasi : Ivan Oli Ardha