Posted on

Liburan ke Gili Kapal Lombok

Gili Kapal

  • Mengapa dinamakan Gili Kapal karena pada zaman dahulunya banyak kapal sering menabrak pulau pasir ini karena tidak nampak, terlalu kecil dan bisa timbul tenggelam tergantung keadaan pasang surut permukaan air laut. Untuk menuju ke pulau pasir yang satu ini harus menyebrang menggunakan kapal boat dari Dermaga Taman Wisata Gili Lampu yang terletak di Desa Padak Guar Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur.
  • Rute dari Mataram – Narmada – Kopang – Masbagik – Pringgabaya – Sambelia – Dermaga Taman Wisata Gili Lampu bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat. Banyak lokasi penyebrangan ke pulau-pulau kecil (gili) di Sambelia seperti Gili Kondo, Gili Bidara, Gili Petagan, dan Gili Kapal.
  • Bisa nyebrang melalui Pantai Pidana, Pantai Gili Lampu dan Dermaga Taman Wisata Gili Lampu. Biaya nyebrang bervariasi antara Rp. 250rb – Rp. 375rb per kapal boat. Anda Bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan menggunakan kapal boat pribadi para nelayan tapi risiko keselamatan anda menjadi taruhannya.
  • Jika ingin berkunjung ke Gili Kapal, maka hendaknya menyiapakn diri bamgun sebelum matahari terbit karena gili ini hanya ada di saat air laut sedang surut yaitu pada pagi dan sore hari. Lebih baik di pagi hari yang merupakan momen terbaik mengunjungi gili ini. Pantulan cahaya matahari membuat birunya air di Gili Kapal menjadi sempurna. Bagi yang hobi dengan snorkeling usahakan membawa peralatan sendiri, walaupun ada juga penyewaan alat snorkeling seharga Rp. 25rb dan selain itu Bisa melakukan diving.
  • Di sekeliling gili ini pesona bawah airnya yang lumayan cakep coral dan terumbu karang serta ikan-ikan kecil beraneka warna.
  • Begitu menjejakkan kaki di Gili Kapal, rasakan sensasi hebat berada di sebuah pulau yang seolah mengambang di tengah laut dan tanpa penghuni. Panorama alam di sekelilingnya hanya ada birunya air laut dan langit, putihnya awan yang berarak, dan putih pasir gili tersebut. Ukuran Gili Kapal tergantung besar kecil pasang surut air laut. Paling besar seukuran lapangan futsal, Mirip Gili Kedis yang terletak di Sekotong Lombok Barat.
  • Menghabiskan waktu untuk sekadar berfoto selfie atau narsis di Gili Kapal tidak akan mati gaya karena di setiap sudutnya bisa dijadikan background untuk berfoto. Sebelah barat bisa berlatar lereng Gunung Rinjani dan Gili Petagan, sebelah timur ada Pulau Sumbawa yang terasa sangat dekat. Sebelah utara ada Selat Alas dan di sebelah selatan ada Gili Kondo. Sehungga menjadi koreografer bagi dirimu sendiri atau bersama orang-orang terdekatmu.
Leave a Reply

Your email address will not be published.