Posted on

Gili Terawangan : Party Party Party ISLAND

Gili Terawangan Lombok : Hiruk Pikuk Pulau Pesta Pora

Penulis : Mutiara Lombok

Bicara membahas tentang Gili Terawangan siapa yang tidak tahu Gili yang satu ini. Gili Terawangan adalah pulau terbesar dari ketiga gili eksotis yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Pulau ini memiliki luasnya sekitar 6 km persegi dengan penduduk kira kira saat ini sekitar 800 jiwa (data 2014).

Saat ini Gili Terawangan menjadi destinasi vaforit baru bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sepanjang pantai Anda akan dimanjakan dengan hamparan pasir yang putih dan bersih, pemandangan laut biru, udara yang segar, dan ‘lukisan’ Gunung Agung di Bali yang berdiri kokoh, pokonya keren dah.

Aktifitas Keren di Gili Terawangan

Aktivitas yang paling populer dilakukan para wisatawan di Gili Terawangan adalah berjemur di pantai (biasanya turis senang berjemur karena di Gili Trawangan cuacanya panas), scuba diving (yang telah memiliki sertifikat PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, berselancar, melepas tukik (anak penyu) ke laut bebas, juga disediakan beberapa tempat bagi para wisatawan untuk belajar berkuda mengelilingi pulau. Suasana yang paling di tungu-tunggu adalah pada malam hari, suasana pulau berubah menjadi hingar bingar oleh lantunan musik dari kafe-kafe yang ada di sepanjang pantai.

Oh iya berkunjung ke Gili Terawangan ini tentu belum lengkap tanpa snorkeling atau diving trip. Disini tersedia cukup banyak pilihan operator dan rentang harga disini. Namun demikian, rata-rata biaya untuk sekali snorkeling trip adalah sebesar Rp120.000,00 dengan jadwal berangkat pada pukul 10.30 WITA dan kembali pukul 15.00 WITA. Paket ini termasuk snorkeling gear lengkap, air mineral dingin, makan siang, kapal menggunakan glass bottom boat, rutenya adalah keliling 3 gili (Gili Terawangan, Gili Meno, dan Gili Air).

Jika merasa ini kemahalan, Anda bisa menyewa alat snorkeling saja dengan kisaran harga sekitar Rp40.000,00 – Rp50.000,00 per hari. Karena kami sudah membawa alat snorkeling sendiri, maka kami cukup menyewa pelampung dengan harga Rp15.000,00 per hari dan snorkeling di pinggir pantai. Meski mungkin pengalamannya berbeda dengan snorkeling trip keliling 3 gili, tetapi kami sudah cukup puas karena di pinggir pantai pun ikan dan biota lautnya cukup banyak dan berwarna-warni. O, ya! Selain jadwal tersebut di atas, snorkeling trip juga ada jadwal lain, yaitu sore hari sekalian sunset tour, mulai pukul 15.00 – 19.30 WITA. Tapi hanya beberapa operator saja yang menyediakan jadwal ini.

Sarana Transportasi Gili Terawangan

Sarana tranportasi yang bisa digunakan di Gili Terawangan Lombok adalah sepeda yang disewakan oleh penduduk setempat dengan farif Rp. 20.000/jam. Anda juga bisa menyewa cidomo dengan tarif Rp.150 ribu maksimal 4 orang bisa digunakan untuk mengelilingi (Tarif tersebut tidak bisa ditawar). Sedangkan kendaraan motor tidak diizinkan untuk digunakan di Gili Trawangan maupun gili-gili lainnya. Ini adalah aturan adat setempat yang disebut awig-awig, sehingga bisa dipastikan bahwa daerah ini bebas dari polusi, serta menambah kesegaran dan kenyamanan wisatawan.

Fasilitas di Gili Terawangan

Dari kota Mataram, kita dapat menggunakan angkutan umum dengan rute Mataram-Rembiga-Pamenang, disambung dengan naik kapal umum dari Pelabuhan Bangsal menuju Trawangan. Jarak Pulau Lombok dan Gili Terawangan hanya sekitar 40 menit saja menggunakan kapal dengan tarif Rp. 10.000. Sesampainya di sana, wisatawan biasanya akan ditawari oleh biro-biro berbagai kegiatan wisata seperti diving, snorkeling, naik glass bottom boat, berkeliling naik cidomo, dan sebagainya. Anda juga dapat menyewa jet sky dengan tarif US$ 30 per orang per 15 menit. Atau menyewa banana boat dengan tarif US$ 15 per orang per 15 menit. Perlu anda perhatikan bahwa tarif tersebut biasanya diperuntukkan untuk turis asing sehingga wisatawan lokal masih dapat menawar tarif tersebut. Adapun kegiatan wisata bawah laut dengan glass bottom boat ditawarkan oleh Hotel Villa Ombak dengan tarif sebesar Rp. 650.000 per 2 jam sudah termasuk peralatan snorkeling. Kegiatan ini bisa diikuti hingga 6 orang itu sudah termasuk berkeliling ke tiga gili yang ada disana ,menyenangkan bukan ?

Hotel / Tempat Penginapan Gili Terawangan

Di Gili Terawangan ini sudah banyak sekali tersedia tempat penginapan beragam dari yg murah sampai yang mahal ,dan dari homestay sampai hotel berbintang . Para wisatawan dapat memilihnya sendiri tergantung kepuasan dan kemauan, Dan salah satunya adalah hotel vila ombak dengan standar internasional yang menawarkan bangunan tradisional Lombok dengan pemandangan laut di sekitarnya yang menawan. Tersedia beberapa tipe kamar, seperti Superior Lumbung Terrace, Deluxe Lumbung Hut, Deluxe Family Bungalow, dan sebagainya. Selama di Gili Trawangan Anda juga tidak perlu membawa banyak uang tunai dari Pulau Lombok, karena berbagai jenis mesin ATM tersedia di pulau ini, mulai dari bank pemerintah hingga bank swasta. Beberapa ATM yang sempat kami lihat ada dari Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank CIMB Niaga, dan Bank Danamon. Letak mesin ATM ini hampir berjejer berurutan satu sama lain dan terletak di area Gili Terawangan Sentral, penduduk lokal menyebutnya dengan Sentral. Pilihan transportasi menuju ke Gili Terawangan beserta beberapa fasilitas yang ada disini sudah Anda dapatkan infonya. Tertarik untuk mengunjungi Gili Terawangan? Monggo ambil open trip gili trawangan termurah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.