Posted on

Gimana Cara Murah untuk Backpacker ke Lombok & Gili Trawangan ?

Cara Backpacker ke Lombok Gili Trawangan

Tips Berikut adalah beberapa alternatif transportasi air menuju Gili Trawangan baik dari Bali maupun dari Lombok:

1. Dari Bali.
Terdapat beberapa pilihan operator Fast Boat dari Bali menuju Gili Trawangan, yang harus diperhatikan tentu saja keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, beberapa operator menawarkan harga yang murah namun sering memaksakan perahu melebihi kapasitasnya, operator seperti inilah yang harus dihindari. Berikut adalah beberapa operator Fastboat yang mungkin bisa anda gunakan untuk menuju Gili Trawangan dari Pulau Bali: Klik untuk melihat daftar fastboat dari Bali ke Gili Trawangan..

2. Dari Pulau Lombok
Terdapat dua pilihan jalur yang bisasa digunakan untuk menyebrang ke Gili Trawangan dari pulau Lombok, yakni pelabuhan Bangsal dan pelabuhan Teluk Kodek (Senggigi).

a. Pelabuhan Bangsal.
Berjarak sekitar 45 menit berkendara dari Senggigi, Pelabuhan Bangsal merupakan pelabuhan penyebrangan reguler yang biasa digunakan oleh penduduk sekitar dari dan menuju Gili, baik Gili Meno, Gili Air maupun Gili Trawangan. Apabila anda menggunakan taxi, mereka tidak diizinkan masuk sampai ke pelabuhan, melainkan hanya sampai ke tempat sejenis terminal kecil yang diebut sebagai stasiun, dari sini anda bisa meneruskan perjalanan menggunakan kereta Cidomo. Jaraknya tidak terlalu jauh mungkin hanya sekitar 200 meter, sehingga sejatinya bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki, tentu saja dengan syarat tidak terlalu banyak barang bawaan anda.

Pelabuhan Bangsal tidak terlihat seperti pelabuhan, hanya berupa bibir pantai dengan bangunan kecil dari kayu sebagai administratur sekaligus penjual tiket, serta beberapa kursi untuk menunggu. Ya, menunggu adalah hal penting di sini, karena perahu penyebrangan tidak akan berangkat bila penumpang melum memenuhi kuota yakni 20 orang. Setiap interfal waktu sekali diumumkan melalui pengeras suara berapa total penumpang yang sudah mendaftar dan berapa orang lagi kekurangannya. Tiket penyebrangan melalui pelabuhan Bangsal sangat murah, yakni hanya Rp. 10.000 / Orang sekali jalan. Apabila anda tidak bersedia menunggu berlama2, anda bisa mencarter sebuah perahu sekaligus, harga carter sebuah perahu tertera di papan pengumuman tempat penjualan tiket, sekitar 200 – 250 ribu rupiah sekali jalan.

Walaupun murah, Pelabuhan Bangsal adalah pelabuhan yang tidak aman (apalagi nyaman) untuk wisatawan khususnya wisatawan asing. Pelabuhan ini penuh dengan scam dan penipuan yang dilakukan oleh orang-orang setempat yang terjadi semenjak anda turun dari mobil. Berhati-hatilah selama berada di sini, berikut adalah tips aman dan modus penipuan yang sering terjadi di pelabuhan Bangsal..

b. Dari Senggigi
Pelabuhan terdekat ialah Teluk Kodek, pelabuhan ini merupakan pelabuhan utama fast boat dari Bali yang menuju Gili Trawangan dan Lombok.

Di sepanjang jalan Senggigi banyak terdapat travel yang menawarkan perjalanan ke Gili Trawangan dengan harga yang bersaing. Mereka juga menawarkan aneka paket snorkeling & diving di sekitar Gili Trawangan, lalu mengunjungi pulau untuk kembali lagi ke Senggigi di sore harinya. Apabila anda tidak memiliki rencana untuk menginap di Gili Trawangan, kami sarankan untuk menggunakan jasa ini.

Tips dan trik berhemat di gili trawangan.

  • Begitu berlabuh di gili trawangan, dari tempat yang ada tulisan selamat datang welcome to gili trawangan, berjalanlah ke kiri sampe ketemu dermaga. Di per4an dermaga itu belok lah ke kanan menyusuri jalan kampung. Disitu banyak penginapan yg layak bahkan bisa dibilang bagus tapi murah.
  • Kalo nginep di coral voice, menyusuri jalan kampung itu sampe mentok lalu belok kiri sedikit. Dengan harga 100ribu untuk 2 orang, sudah mendapatkan breakfast. Kamarnyapun lumayan bagus. Tp tentunya harga segitu setelah melalui tawar menawar.
  • Untuk makan, kami makan di green cafe. Di dekat per4an dermaga. Menu yg dipampang memang mahal mahal, tp kita bisa nanya ke pelayan makanan yg 10ribuan apaan aja. Dengan harga 10ribu kita bisa mendapatkan nasi sayur ayam atau ikan.
  • Untuk makan malam, di dekat green cafe itu ada semacam lapangan kecil yang kalo malam menjadi pusat makanan. Tenang aja kalo disini sudah dipampangkan menu dengan harganya. Jd tidak usah takut ke tembak. Hasil surveyku sih warung jawa paling murah. Nasi goreng 12 ribu, nasi pake ikan nila 15ribu.
  • Di gili trawangan kami juga snorkeling. Paket yg ditawarkan emang udah fix, 100ribu tanpa lunch 120 ribu dengan lunch. Dengan tawar menawar kami mendapatkan harga 85 ribu, sayangnya kami kecolongan karena itu tidak mendapatkan life jacket dan kami harus membayar 10ribu lagi untuk pelampung itu.
  • Intinya sih kalo di gili trawangan gaboleh malu dan harus berani nawar. Kalo gak mau ribet, ikut aja paket wisata lombok
  • Berikutnya mari kita bahas mengapa kita harus ke gili trawangan ?

Adan banyak Alasan yang mewajibkan traveler untuk mengunjungi salah satu inland paradise di kawasan Indonesia Timur ini:

1. Dekat dengan tiga pulau lain

Gili Trawangan termasuk dalam Desa Gili Indah di Lombok Barat. Pulau ini diapit oleh dua gili lain, yaitu Gili Air dan Gili Meno. Berlibur di Gili Trawangan, berarti Anda bisa juga menikmati keindahan dua gili lainnya.

Cukup dengan menaiki perahu sekitar 15 menit, Anda sudah bisa berkunjung ke Gili Air dan menyeberang lagi ke Gili Meno. Biasanya, turis yang datang ke dua gili tersebut, menghabiskan waktu dengan menikmati alam bawah laut. Memang harus diakui, alam bawah laut Gili Air dan Meno tidak kalah cantik dengan yang ada di Gili Trawangan.

2. Pantai yang bersih

Selain air lautnya yang bersih dan jernih, pantai di Gili Trawangan juga tak kalah bersih. Pantai dengan pasir putih ini terbentang begitu luas tanpa sampah berserakan. Memang benar, seluruh penduduk dan turis yang datang ke Gili Trawangan amat menjaga kebersihan pulau. Jadi tak heran bila pantainya begitu bersih, dan berkilau dengan pasir yang terkena sinar matahari.

3. Bebas polusi dan kendaraan bermotor

Inilah keunggulan Gili Trawangan dibanding pulau lain di Indonesia. Kendaraan bermotor dilarang keras beroperasi di sana. Sebagai ganti, alat transportasi yang digunakan adalah sepeda dan cidomo. Cidomo adalah sejenis kereta kuda khas Lombok, NTB.

4. Sunset dan Sunrise

Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap barat dan timur. Jarak antar pantai ini pun tidak terlalu jauh. Cukup berjalan kaki atau naik cidomo, wisatawan sudah bisa menikmati sunset dan sunrise di satu pulau.

Keluarkan kamera Anda, dan abadikan setiap momen di Gili Trawangan. Sambil duduk santai di pantai dan diiringi musik yang berdendang, juga semilir angin, sunset Gili Trawangan terasa begitu romantis. Pastikan Anda menikmatinya bersama kerabat atau pasangan.

5. Alam bawah lautnya menakjubkan

Tidak perlu diragukan lagi, Gili Trawangan di Lombok memang memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Air laut di pulau ini begitu jernih, dengan gradasi warna biru hijau yang menghiasi lautnya. Karena airnya yang begitu bening, Anda pun bisa melihat ikan dan terumbu karang langsung dari atas kapal yang berlayar, tanpa harus menyelam.

Tapi jika ingin menikmati alam bawah laut lebih maksimal, cobalah untuk menyelam. Jangan pernah lewatkan kesempatan bertemu ikan nemo alias ikan badut yang berenang dengan gemulai. Tidak hanya nemo, terumbu karang aneka warna juga bisa Anda temui di sana. Arus laut yang tenang menambah kenikmatan menyelam di Gili Trawangan. Kesimpulannya, alam bawah laut Gili Trawangan memang luar biasa.

6. Masyarakat yang ramah

Selain alam bawah lautnya yang bersih, salah satu daya tarik Gili Trawangan adalah penduduknya yang ramah. Jika tidak percaya, cobalah mengelilingi Gili Trawangan dengan berjalan kaki, Anda pun akan disapa dengan ramah oleh setiap penduduk yang kebetulan berpapasan. Anda pun tidak perlu takut tersesat, karena penduduk pasti membantu Anda menemukan jalan pulang.

7. Kehidupan malam di Central

Nah, ini dia kegiatan malam yang tidak boleh Anda lewatkan saat berada di Gili Trawangan, menikmati kehidupan malam di Central. Jejeran bar dan hingar bingar musik siap menyulap malam Anda Gili Trawangan menjadi meriah.

Central atau biasa disebut pasar seni di Gili Trawangan, mulai ramai saat senja datang dan matahari siap kembali ke peraduan. Pasar seni di Gili Trawangan berbentuk seperti jalan besar menghadap ke Pantai Tengah Gili Trawangan dengan kios dan bar di kanan kirinya. Waktu paling asyik untuk datang ke Central adalah malam hari sekitar pukul 21.00 Wita. Saat itu, seluruh bar dan toko di sepanjang pasar seni ini sudah buka.

8. Akomodasi memadai

Tidak perlu takut soal akomodasi. Gili Trawangan sudah dipenuhi oleh resort berbagai yang bisa disesuaikan dengan anggaran Anda. Mulai dari penginapan murah meriah untuk backpacker, hingga resort bintang lima ada di sini. Tinggal sesuaikan budget, dan nikmatilah bermalam di Gili Trawangan.

 

6 thoughts on “Gimana Cara Murah untuk Backpacker ke Lombok & Gili Trawangan ?

  1. Mau tanya nih, kalo mau ke lombok baik langsung ke lomboknya atau dari bali nanti baru ke lombok. Mohon infonya gan . mungkin ada trik lainnya

  2. langsung ke lombok lebih baik, akan lebih menghemat biaya, wisata lombok alamnya indah, kan banyak jepretan photography pada kamere anda nantinya, lebih hemat lagi jika ambil paket wisata lombok via chating whatsapp +6287864575957

  3. Halo, mau tnya kalo mau ke gili trawangan dr jakarta lbh baik ke bandara ngurah rai atau bandara lombok ya? Yg lbh cepat waktu perjalanannya
    Terimakasih

  4. lebih cepat lewat lombok, rute tercepatnya bisa dari bandara international lombok menuju ke pusuk pass (mongkey forest) setelah itu akan langsung keluar pada pelabuhan public boat to gili trawangan. ping whataspp kami untuk info lebih mendetail di WhatsApp: +6287864575957

  5. Hi..
    Mau Tanya.. perjalanan masa dari gili ker Bandar Lombok airport berapa lama?
    Terima kaseh yeh.

  6. 1. from airport to bangsal seaport = around 1 hour (maximum 1.5 hours)
    2. from bangsal sea port to gili trawangan = 20 minute (public boat)
    contact us for pick up on airport on our whatsapp +6287865026222

Leave a Reply

Your email address will not be published.