Posted on

Indahnya Wisata Alam Pantai Pink Lombok

PANTAI PINK LOMBOK

Keindahan Wisata Alam di Pantai Pink Lombok

Wisata Lombok – Pulau lombok, mendengar nama pulau kecil yang berada di Indonesia Tengah, pasti anda akan langsung terbayang sebuah pulau yang dikelilingi pantai yang indah. tak heran, pulau indah dengan julukan “Pulau Seribu Masjid” ini memiliki panorama pantai yang luar biasa. Keindahan pesisir pantai yang ada di Pulau Lombok, hampir tersebar di seluruh kabupaten, termasuk yang ada di kabupaten sebelah timur Pulau Lombok yang memiliki Moto Patuh Karya ini, destinasi wisata yang unik dan indah menjadi daya tarik tersendiri.

Keindahan pantai biasanya identik dengan pasirnya, pantai berpasir hitam mungkin sudah biasa, pantai berpasir putih tentu sangat indah. Banyak pantai indah di Lombok yang namanya belum akrab terdengar oleh wisatawan. Banyak pantai indah di Lombok yang namanya belum akrab terdengar oleh wisatawan.

Pantai Pink Lombok terletak nyaris di ujung selatan Pulau Lombok. Untuk mendatangi pantai pink, kita memerlukan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke lokasi, dari pusat kota mataram, sedangkan dari bandara internasional lombok membutuhkan waktu 1,5 jam untuk menikmati keindahan pantai ini. Jalur menuju lokasi berupa jalan yang masih tradisonal. Rute menuju Pantai Pink ini, kita seolah membelah hutan lindung sekaroh, udara tropis pun terasa menyapa. Di kanan dan kiri jalan kita bisa menikmati pemandangan pepohonan yang kian menjulang tinggi.

Pantai ini sebelumnya dikenal dengan nama Pantai Tangsi. Nama tangsi konon berasal dari Zaman Jepang dahulu, dimana pantai ini dijadikan barak oleh tentara jepang yang baru mendarat. Tangsi sendiri berarti asrama atau barak. Dahulu, pantai yang berada di Jerowaru ini juga hanyalah pantai transit untuk para nelayan. Pantai berpasir pink di Pulau Lombok ini merupakan pantai pink ke dua di Indonesia.

Pantai Pink Lombok memiliki daya tarik tersendiri karena warna pasirnya yang khas, pasir di pantai ini terlihat berwarna pink. Warna pink pada pasir pantai ini terjadi karena pasir putih yang menyatu dengan butiran-butiran terumbu karang berwarna merah, dan berefek kemerahan setelah bercampur air laut, kemudian pantulan sinar matahari dan terpaan air laut membuat warna pink pada pasir ini semakin terlihat. Terumbu karang berwarna merah ini tumbuh di perairan dangkal pantai tangsi dan terbawa ombak ke tepian.

Warna pink pada pasir pantai ini sangat bervariasi, pagi hari 20-30%, siang hari 50% dan semakin sore,warnanyapun akan terlihat jelas, antara 80-90 %. wah sungguh sangat menawan. Kealamian dan kebersihan pantai ini sangat terjaga, hal ini yang menyebabkan kita akan merasa nyaman. Angin sepoi-sepoi yang segar, didukung oleh matahari yang bersinar cerah, selalu menemani ketika berada di pantai pink ini. Suasana yang sepi cocok untuk menenangkan pikiran setelah seminggu beraktivitas,sungguh, Pantai Tangsi bagaikan “serpihan surga yang ada di bumi”.

Di pantai pink ini terdapat sebuah goa peninggalan jepang, di bukit sisi tengah pantai pink. Gua peninggalan jepang ini memiliki panjangnya 50 meter dengan tinggi 1,5 m. Selain sebagai tempat persembunyian pada masa perang dunia II, goa ini menjadi tempat mengintai musuh karena letaknya yang strategis dan menghadap pantai pink yang cantik.
Berada di pantai yang cantik dan eksotik ini tentu banyak sekali kegiatan relaksasi yang menyenangkan dan menarik untuk dilakukan. Kegiatan yang pertama tentu saja menikmati keindahan alam pantai berpasir pink yang dipercayakan Tuhan jatuh ke kawasan paling timur Indonesia ini. Keindahan pantai berpasir pink ini juga dilengkapi dengan keindahan panorama alam di sekitarnya.

Kegiatan yang bisa juga kita lakukan di pantai pink yaitu snorkeling dan diving dan itu sudah menjadi semacam kegiatan wajib saat mengunjungi pantai ini. Kondisi taman bawah lautnya masih cantik terjaga, belum banyak mengalami kerusakan. Terdapat banyak keanekaragaman hayati yang penuh warna: ribuan jenis ikan, ratusan jenis terumbu karang baik karang lunak atau keras dan lain sebagainya.

Pantai Pink Lombok memancarkan pemandangan yang menakjubkan, indah dan memikat para pengunjung dan disamping itu, pantai pink berpasir merah muda yang unik dan dikelilingi tebing-tebing yang tinggi. Ombaknya yang tenang dan kecil, sehingga kita dapat bermanja-manja, berenang ataupun snorkeling di kawasan ini. Pantai ini juga diapit oleh 2 bukit yang menjorok keluar bak sebuah teluk. Keindahan Pantai Pink Lombok pun terlihat sempurna dengan hamparan bukit di sekelilingnya. Di sisi kiri ada bukit dengan padang rumput yang luas dan dari bukit inilah pemandangan pantai pink terlihat sangat indah. Selain itu, ada juga tanjung yang eksotis di sisi kanan dengan gazebo yang memang disediakan di atasnya. belaian angin akan menghilangkan rasa penat anda ketika berada di gazebo ini.
Bukit-bukit hijau tampak anggun berlatarkan langit yang super biru berhiaskan awan putih bersih. Pulau-pulau kecil yang nampak dari pantai ini pun melengkapi keindahan Pantai Pink. Warna air laut yang hijau toska dan sangat jernih menyibak keindahan taman lautnya yang juga tak boleh dilewatkan. Bahkan karang-karang di bagian yang dangkal dapat terlihat dengan mata telanjang dari atas kapal.

Dari dua sisi bukit ini, kita dapat menikmati panorama alam pantai pink secara keseluruhan seiring hembusan angin laut dan suara ombak yang sangat mengesankan membuat semua terpukau. Pantai tangsi yang kini berubah menjadi pantai pink ini salah satu primadona Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati serpihan surga tersembunyi yang ada di bumi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.