Posted on

Keindahan Alam Pantai Seger Lombok

PANTAI SEGER LOMBOK

Pantai Seger Lombok, lokasi wisata yang seger

Pantai Seger terletak hanya 2 Kilometer sebelah timur Pantai Kuta Lombok. Pantai Seger juga memiliki garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta. Jarak tempuh dari Bandara International Lombok di Praya menuju Pantai Seger sekitar 30 menit dengan menggunakan taksi, jasa travel, ataupun mobil, mengingat tidak ada tranportasi umum yang melewati lokasi Pantai Seger. Sedangkan dari Kota mataram akan menempuh jarak tempuh sekitar 52 km dengan estimasi waktu kurang lebih 50 menit menuju Pantai Seger. Jika, posisi kita berada di kawasan wisata Pantai Senggigi akan lebih jauh lagi jarak tempuh untuk menuju Pantai Seger di Lombok Tengah, waktu yang diperlukan sekitar 2 jam perjalanan.

pantai seger
pantai seger

Tak hanya pemandangan alamnya yang masih asri nan indah, tapi kita juga bisa menikmati pemandangan bawah lautnya yang sangat menakjubkan. Seperti aktivitas pantai lainnya, kita bisa bisa melakukan berbagai aktivitas pantai tersebut di pantai seger Lombok ini, seperti berjemur, berenang, selancar dan tentunya kita bisa melihat matahari tenggelam. Untuk menuju ke Pantai Seger, kita tinggal mengarahkan rute perjalanan ke lokasi wisata Pantai Kuta.

Sesuai namanya, pantai ini menyajikan pemandangan yang menyegarkan mata dan paru-paru pengunjungnya, khususnya ketika musim penghujan tiba. Berbeda ketika musim kemarau dimana perbukitannya akan sangat kering dan tandus. Akan tetapi, pada musim kemarau justru memberikan keindahan tersendiri.

Pantai Seger adalah sebuah pantai yang masih alami dan unik karena selain berpasir putih dan memiliki panorama perbukitan khas pantai-pantai Lombok tengah bagian selatan, pantai ini juga menampilkan panorama batu karang yang menyembul dari tengah laut yang kerap kali disebut dengan Batu Tengkong (batu jamur) yang dapat di capai oleh pengunjung saat air laut surut.

Terdapat dua sisi Pantai Seger, yaitu Pantai Seger sisi luar dan dalam. Dari pintu masuk langsung terhampar di depan mata pemandangan cantik dari Pantai Seger luar atau masyarakat local menyebutnya pantai seger 2. Deretan perbukitan, batu karang yang menyembul dari tengah laut, pasir putih, lagit biru dan warna air laut memanjakan mata kita. Pantai Seger memiliki tekstur pasir pantai yang unik. Pada salah satu sisinya, pantai ini memiliki pasir bulat-bulat agak besar. Namun disisi lainnya, terdapat pasir putih yang sangat mengundang para wisatawan untuk dating berkunjung. Pantai Sege Dalam yang eksotis.

Untuk menambah kenyamanan para pengunjung dalam menikmati keindahan Pantai Seger, berbagai fasilitas seperti tempat peristirahatan, penginanapan dan rumah makan sudah tersedia disini. Selain itu, pengelola juga menyediakan toilet dan kamar ganti yang bersih untuk menambah kenyamanan pengunjung yang ingin berenang dan berselancar di Pantai Seger.

Seperti yang kita ketahui bahwa, Pantai seger tidak hanya menyimpan keindahan namun juga cerita legenda yang sampai kini masih dipercaya oleh masyarakat setempat yakni legenda Putri Mandalika. Itu mengapa sebagian orang menyebut pantai Segar sebagai “Pantai Legenda Putri Nyale”. Legenda ini bercerita tentang putri cantik jelita bernama Mandalika anak seorang Raja Tonjang Beri. Karena kecantikannya dan kebaikan perangainya inilah banyak pangeran yang bermaksud memperistri.

Namun anehnya, setiap pangeran yang melamar tidak ada satupun yang ia tolak. Para pangeran tersebut tentu tidak menerima jika sang putri diperistri oleh banyak pangeran. Maka, mereka pun bersepakat untuk mengadu keberuntungan lewat peperangan. Siapa yang memenangi perang tersebut dialah yang berhak menjadi suami Putri Mandalika. Kabar ini akhirnya sampai juga ke telinga sang putri. Ia pun berpikir selama sehari semalam untuk menemukan jalan keluarnya.

pantai seger
pantai seger

Akhirnya ia memutuskan untuk merelakan jiwanya demi menghindari terjadinya peperangan yang akan memakan korban lebih banyak lagi. Setelah melakukan semedi, maka Putri Mandalika mengundang semua pangeran pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak. Bertempat di pantai Segar mereka berkumpul untuk mendengarkan siapa pangeran yang akhirnya akan menjadi suami Putri Mandalika. Saat itulah putri berkata bahwa tidak ada satupun pangeran yang dia pilih karena dia telah ditakdirkan menjadi Nyale (cacing laut) yang dapat dinikmati oleh seluruh rakyat pada bulan dan tanggal saat munculnya Nyale di permukaan laut. Sesaat setelah mengatakan hal itu, putri-pun menceburkan diri ke laut. Ia pun menghilang tanpa jejak. Tak lama kemudian, di permukaan laut bermunculan binatang kecil yang jumlahnya sangat banyak.

Binatang yang berbentuk cacing laut itu memiliki warna yang indah, perpaduan antara warna hitam, hijau, kuning dan coklat. Binatang itulah yang kemudian disebut sebagai “Nyale” jelmaan Putri Mandalika. Pantai Seger ini ada ritual yang cukup menarik untuk di ikuti. Ritual tersebut dilakukan oleh masyarakan setempat setiap tahunnya. Ritual ini bernama “Bau Nyale”, yaitu berburu cacing laut atau “Nyale”. Ritual ini dimulai ketika Nyale mulai muncul di sekitar pantai, yaitu sekitar bulan Februari sampai Maret. Ritual Bau Nyale adalah ritual masyarakat setempat untuk menghormati Putri Mandalika.

Bau Nyale memiliki hubungan yang erat dengan Bukit Mandalika yang terletak tak jauh dari Pantai Kuta. Menurut mitos, “Nyale” merupakan teinkarnasi dari Putri Mandalika. Tak hanya menyaksikan, Anda juga bisa bergabung dalam acara perburuan cacing laut ini. Ada beberapa macam masakan yang berbahan dasar Nyale. Satu hal yang menjadikan ritual ini istimewa, “Bau Nyale” hanya bisa disaksikan di Pantai Seger dan Pantai Kuta Lombok.

Harga tiket masuk dan Fasilitas Pantai Seger di Lombok

Untuk menikmati keindahan Pantai Seger di Lombok ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 untuk mobil, dan Rp. 5.000 bagi pengendara motor. Fasilitas parkir kendaraan yang luas juga tersedia di area pantai ini. Setelah memasuki area pantai, kita akan disambut dengan birunya laut dengan berbatas pasir putih yang sangat halus, hembusan angin yang akan membuat pikiran penat bisa menjadi segar kembali. Di sekitar pantai, sesekali kita akan menjumpai warga lokal yang menawarkan aksesoris dan kain tenun khas daerah Lombok.

Penginapan atau Hotel di sekitar Pantai Seger di Lombok

Seiring makin berkembangnya wisata pantai di Lombok Tengah bagian selatan, terutama di Pantai Kuta Lombok dan sekitarnya, kondisi ini berimbas dengan makin banyaknya homestay, penginapan ataupun hotel yang di bangun di kawasan ini. Salah satu hotel berbintang yang sudah beroperasional di sekitar Pantai Kuta dan Pantai Seger adalah Hotel Novotel Lombok, selain itu, puluhan hotel dan homestay lain juga tersebar di sekitar Pantai Kuta Lombok, yang lokasinya hanya sekitar 2 km dari Pantai Seger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.