Posted on

Kuliner Lombok : Jaje Burasak

 

Kuliner Lombok : Jaje Burasak

Kuliner yang satu ini merupakan jajanan tradisional Lombok yang terbuat dari bahan ketan putih, garam, daun salam, santan kelapa dan kacang tanah. Adapun alat yang di butuhkan untuk membuat jaje burasak; daun pisang, tali dari bambu, panci besar dan kompor. Jaje diambil dari bahasa sasak yaitu bahasa asli masyarakat sasak dari pulau Lombok. Dalam bahasa Indonesia, jaje artinya jajan dan burasak nama kue/ jajan khas Lombok.

Jaje burasak ini sangatlah lezat dan bisa membuat kita terasa cepat kenyang bahkan jaje burasak bisa pengganti nasi buat kita. Untuk masyarakat Lombok, khususunya untuk masyarakat Lombok Tengah, jaje burasak ini menjadi menu utama disetiap acara syukuran, khajatan ataupun perayaan yang lainnya.

Jaje burasak bisa juga didapatkan di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Lombok Tengah salah satunya kita bisa dapatkan di pasar Karang Bulayak, pasar ini berada di daerah Lombok Tengah Jl. Jendral Sudirman Kota Praya. Di pasar, jaje burasak dijual dengan harga yang bervariasi dan diliat juga dari bahan bakunya, ada yang harganya Rp. 5 ribu bahkan ada juga yang di jual dengan harga Rp. 10 ribu.

Kita bisa temukan jaje burasak di Desa Darek Kec. Praya Barat Daya karena disana adalah salah satu tempat/ daerah penghasil jaje burasak terlezat yang pernah ada. Untuk membuat jaje burasak juga membutuhkan bahan dan langkah-langkah untuk membuat jaje burasak/ jajan burasak. Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, bahan-bahan jaje burasak itu ketan putih, daun salam, garam, daun pisang, santan kelapa dan kacang tanah. Sungguh rinci kan bahan-bahannya teman-teman. Nah kalau kalian mau buat, harus tau dulu bahan dan cara membuatnya.

Sekarang saya kasi tau ya cara membuat jaje burasak nya, disimak ya! Ada beberapa langkah-langkah atau cara membuat jaje burasak, pertama; cuci ketan 500 ml ketan sampai bersih lalu tiriskan, kemudian siapkan santan dari ½ butir kelapa, 1 sendok garam, 1 lembar daun salam kemudian siapkan daun pisang kemudian potong dengan ukuran 20 X 20 cm dan persiapkan air untuk merebus.

Bahan dan alat yang dipersiapkan sudah tertera dan sekarang cara atau langkah-langkah membuat jaje burasak. Pertama dinginkan santan dari ½ butir kelapa kemudian taruhkan 1 sendok garam dan 1 lembar daun salam kemudian taruh 500 ml ketan setelah itu aduk sampai santan kelapa kesat dan ketan putih menjadi aron. Setelah poses membuat atau memasak jaje burasak selesai, kita langsung ambil sehelai daun pisang kemudian taruh ½ SDM ketan aron di dalamnya lalu gulung dan padatkan. Cara menggulung nya, lipat kedua ujung daun pisang sehingga berbentuk persegi panjang. Satukan 2 buah bungkusan, ikat dengan tali dari bambu dengan kuat. Kemudian sesi terakhir yaitu rebus hingga masak hingga 3-4 jam dan tambahkan air rebusan setiapa air rebusannya berkurang. Setelah menunggu Jaje Burasak matang hingga 3-4 jam, tinggal kita sajikan dan menyantap bersama-sama 🙂

JAJE BURASAK SIAP SAJI .. ENAKNYEEE (LEZATTTT)

Leave a Reply

Your email address will not be published.