Posted on

Kuliner Lombok : KLEPON KECERIT

Kuliner Lombok : KLEPON KECERIT

Kata lain atau bahasa asingnya adalah another word dari kecerit disini adalah muncrat, kenapa klepon disebut dengan klepon kecerit? Tidak lain karena klepon itu selalu muncrat gula merahnya ketika kita menggigitnya. Sebenarnya lucu kedengarannya, namun itulah julukannya.

Klepon kecerit disini juga sebagai jajanan favorite di pulau Lombok untuk masyarakat Lombok. Klepon juga banyak kita temukan di pasar-pasar seperti khususnya di pasar Lombok Tengah, kita bisa dapatkan klepon kecerit di pasar Renteng dan Pasar Karang Bulayak. Disana banyak sekali penjual klepon kecerit lho.. Tidak hanya di Lombok Tengah kita bisa temukan klepon kecerit ini namun ada di Mataram juga, seperti pasar ACC, Pasar Kebon Roek, Pasar Muhajirin, dll.
Teman-teman kalau kita bicara tentang klepon kecerit, pasti kita penasaran donk bagaimana cara pembuatannya dan apa saja alat yang dibutuhkan. Yukk kita saksikan bincangan selanjutnya di certitaku saat ini, check it out.

Cara membuat klepon kecerit :

  1. Buat air kapurnya, campur dan endapkan seperempat sendok kapur sirihdan airnya. Ambil air kapurnya sebanyak 2 sendokkecil.
  2. Siapkan wadah sebagai tempat adonan. Masukkan 250 gr tepung ketan dan tepung beras 50 gr. Aduk rata kedua bahan tersebut sampai merata.
  3. Masukkan 2 sendok air kapur dan pasta pandan, kemudian aduk sebentar
  4. Masukkan air yang sudah matang sedikit demi sedikit sambil diaduk ke dalam adonan tepung. Jika terlalu kental, tambahkan air hangat secukupnya.
  5. Ambil adonan dan bentuk bulat seperti bola lalu kasi lubang di tengah adonan.
  6. Ambil irisan gula merah. Taruh di atas lubang yang dibuat di adonan tersebut kemudian bentuk bulatan tersebut seperti bola. Lakukan proses ini sampai gula merah dan adonan tepungnya habis.
  7. Langkah selanjutnya, panaskan air untuk merebus adonan dengan api kecil/sedang. Setelah air yang dimasak mendidih. Masukkan adonan yang sudah di bulatkan atau sudah jadi satu persatu.
  8. Tunggu sampai adonan klepon yang sudah dibentuk melayang diatas air rebusannya. Angkat dan tiriskan sebentar lalu siapkan kukusan.
  9. Ambil satu wadah ukuran sedang dan masukkan parutan kelapa, kemudian taruhkan seperempat sendok kecil garam dan daun pandannya. Setelah itu aduk dan campur sampai merata lalu kukus.
  10. Setelah dikukus, ambil jaje/jajan klepon kecerit dan masukkan ke dalam wadah parutan kelapa di atas, lalu gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Lakukan proses ini untuk semua kue yang di buat.
  11. Kemudian pastikan kalau kulit luar klepon kecerit tertutupi kelapa
  12. Dan sesi terakhir ini adalah sesi yang paling di tunggu-tunggu, sesi hidangan Klepon Kecerit.

TRY IT AND BUY IT OKAY

Leave a Reply

Your email address will not be published.