Posted on

Lembar

Lembar

Lembar ini berada di Lombok Barat, pengunjung di Lembar ini kebanyakan biasanya karena ada kapal feri datang dari Bali karena di lembar ada pelabuhan. Pelabuhan Lembar ini sejak penjajahan Belanda merupakan pelabuhan untuk tempat kegiatan bongkar muatan perahu-perahu layar dan tempat berlindung dari kapal-kapal pada musim barat. Pada mulanya, Pelabuhan Lembar ini terletak di Ampenan, kota Mataram yang merupakan salah satu pelabuhan di bawah koordinasi KEDAPEL DAERAH IV Surabaya.

Pelabuhan Pantai Ampenan dipindah lokasinya ke daerah Lembar berdasarkan SK. MENHUB RI. KM. 77/LL305/PHB-77 tanggal 13 Oktober 1977. Berdasarkan KM. 13/LL305/PHB-79 tanggal 11 Januari 1979 ditetapkan pengalihan kegiatan kepelabuhanan dari Pelabuhan Ampenan ke Pelabuhan Lembar di Lombok Propinsi Nusa Tenggara Barat, maka sejak itu telah diadakan pengalihan kegiatan kepelabuhanan dari Ampenan ke Lembar hingga sekarang.

Cara Ke Pelabuhan Lembar

Pelabuhan Lembar ini terletak sekitar 22km ke selatan dari kota Mataram.

Dengan Bemo

Anda dapat menggunakan bemo dari Mataram ke Pelabuhan Lembar. Tarif biasanya sekitar Rp 10.000,jika anda membawa banyak barang atau ransel maka biaya akan sedikit berbeda ini sudah memang ketetapan para supir disana.

Dengan kapal

  • Anda dapat menggunakan kapal feri publik yang agak sedikit lambat dari Padang Bai (Bali) . Perjalanan ini biasanya memakan waktu empat jam (tapi bisa jauh lebih lama kalau cuacanya buruk) dan biaya Rp 40.000 tahun lalu (belum update). Layanan ini beroprasi full 24 jam sehari. Ketika sudah tiba di Pelabuhan Lembar jangan biarkan porter mengambil tas anda kecuali anda telah dinegosiasikan bayaran dan benar sebelum ia meletakkan tangannya di tas anda,karena jika tidak begitu anda akan di minta biaya lebih.
  • Jika Anda tiba dari Lembar dan perlu transportasi, Anda akan menemukan bemo yang menawari kemana tujuan anda.Dari Pelabuhan Lembar Anda juga dapat mengambil layanan shuttle bus ke Pelabuhan Bangsal. Jika anda menggunakan shuttle bus dari Lembar ke Mataram dan Bangsal, anda memesan terlebih dahulu tiket (Rp 60.000, min. 2 orang). Atau bisa menggunakan bemo dari pasar Ampenan ke pantai barat untuk menuju Pemenang, dari sini anda dapat berjalan kaki atau naik cidomo (kereta kuda) menuju Pelabuhan Bangsal. Dari Pelabuhan Bangsal, menggunakan kapal feri umum (Rp 8.000, 9.000, 10.000 tergantung mana dari Gili Anda menuju). Rencanakan perjalanan Anda dan usahakan untuk mengambil di siang hari.
  • Mataram – Anda dapat menggunakan bemo dari Pelabuhan Lembar ke Mataram. Tarif sekitar Rp 5.000 ke daerah Ampenan-Mataram-Cakranegara-Sweta. Atau dapat menggunakan taksi argo tersedia di terminal atau di luar gerbang sepanjang hari dan sepanjang malam. Tarif biasanya adalah Rp 25.000 untuk Cakranegara, Rp 40,000-45,000 untuk Sengiggi.
  • Kuta – Dari Pelabuhan Lembar harga untuk menuju Kuta harus dinegosiasikan terlebih dahulu.Karena banyak calo dan harga yang beda- beda tergantung cara kita negosiasi, bisa juga menggunakan taksi kalau ingin simple saja.

Jika Anda berangkat dari Lombok, kemungkinan besar akan ada seseorang akan mendekati anda dan menawarkan tiket ke Bali untuk harga sama atau lebih murah daripada saat ini Rp 40.000 (September 2013). Mungkin lebih murah, namun Anda tidak akan mendapatkan tiket resmi, atau hanya mendapatkan bagian kedua dari itu (yang pertama biasanya pergi ke keamanan di dermaga). Jadi, Anda mungkin menggunakan tiket yang tidak sah dan, jika ada pemeriksaan keamanan , anda harus membayar lagi dan menderita banyak kerugian. Berusahalah untuk membeli tiket di loket tiket resmi.

Dengan taksi 

  • Bluebird (Lombok Taksi), +62 370 627000, [3]. dan berwarna putih ekspres Taksi keduanya memiliki sistem pengiriman radio dan dilengkapi dengan meter yang harus digunakan oleh driver mereka setiap saat, termasuk semua perjalanan yang berasal dari Lembar.
  • Taksi sering dapat berada di dekat gerbang utama ke daerah pelabuhan atau Anda bisa mencoba meminta salah satu dari dalam daerah pelabuhan menggunakan ponsel setelah mendarat.

Makan

Ada terdapat warung lokal yang beberapa melayani para pekerja pelabuhan dan sopir angkutan sambil menunggu banyak memuatan kendaraan mereka,ada juga penjual snack,makanan,dan minuman yang berkeliling menjajakan jualannya dan menawarai anda disana. Para pelancong akan memilih untuk mengunjungi supermarket atau tempat jualan warung yang dipercaya “nasi bungkus” atau dapat mengambil makanan dan beberapa minuman termasuk teh botol.

Minuman

Warung dekat daerah dermaga akan menyediakan minuman untuk dijual, Jika tidak mau ribet anda bisa mempersiapkan diri untuk membawa beberapa minuman sebelum berangkat ke dermaga. Karena kapal-kapal tidak menyediakan air minum bersih karena itu anda perlu membawa minuman sendiri atau membeli dari vendor di feri. Alkohol tidak ada dijual di feri dan konsumsi alkohol di tempat umum tidak di perbolehkan baik di Lombok atau Bali.

Akomodasi / Hotel

Losmen Tidar, Jl Raya Pelabuhan, Lembar (sekitar 300 m di sepanjang jalan menuju pelabuhan dari persimpangan dengan jalan utama dari kota), +62 370 681444. Jika Anda mendapatkan terdampar, Tidar memiliki lima kamar dengan kipas angin dan kamar mandi terpasang , dan sebuah restoran dengan menu kecil makanan murah Indonesia. Dari Rp 50.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published.