Posted on

Mataram

MATARAM

Mataram merupakan algomerasi dari jumlah desa yang telah tumbuh bersama-sama. Yang paling utama adalah Ampenan, pelabuhan yang ada di sebelah barat pantai dan lokasi bandara adalah Mataram itu sendiri, di tengah dan Cakranegara, pusat komersial ke timur.

Bus di Bandara

Layanan bus umum : Layanan bus umum tersedia dari Bandara Internasional Lombok untuk layanan penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke dan dari Mataram atau Senggigi baik. 8 DAMRI bus yang melayani rute memiliki kapasitas sekitar 40 penumpang, 10 bus lanjut dengan 20 penumpang diharapkan untuk armada tapi belum disampaikan. Mereka adalah bus ber-AC yang baru dan berwarna putih.

Layanan untuk Bus Damri berangkat dari kantor mereka yang terletak di Mataram Timur di Jl. Tuan Guru Faisal (naik taksi selama tiga menit dari Stasiun Bus Mandalinka), perjalanan setiap jam dilanjutkan ke bandara, pemberangkatan dimulai pada pukul 04:00 dengan bus terakhir dan meninggalkan terminal pada pukul 19.00. Tarif dari / ke Mataram dalam kota umumnya minimal adalah Rp 25.000.

Layanan DAMRI juga disediakan untuk menghubungkan Senggigi ke bandara berangkat dari Senggigi pada pukul 03:00 kemudian setiap 1,5 jam sampai keberangkatan terakhir dari Senggigi pukul 20.00. Beberapa bus bandara menyediakan layanan antara Mandalika dan Senggigi. Dalam kudeta terakhir bulan layanan ini belum akurat mengikuti jadwal yang diterbitkan, pastikan Anda meninggalkan banyak waktu penyangga jika menangkap penerbangan berangkat.

Kapal

Pelabuhan Lembar berjarak 22 km dari sebelah selatan Mataram. Ada feri setiap 90 menit atau lebih, 24 jam sehari, dari Padang Bai ke Bali, dengan perjalanan mengambil 4-5 jam. Setiap relawan “kuli” yang membawa tas anda akan kena biaya Rp. 10.000. Jika Anda belum memesan paket wisata, perjalanan dari Lembar ke Mataram kadang-kadang bisa menjadi masalah, Jadi sebaiknya anda mengambil paket wisata lombok sebelumnya.

Transportasi Darat

Bemo

Jika Anda tiba dengan menggunakan kapal feri dari Padang Bai (Bali) ke Lembar, Anda dapat mengambil bemo di jalan pertama Anda masuk, ketika Anda berjalan keluar dari pelabuhan. Anda akan menemukan banyak orang yang mencoba untuk menawarkan perjalanan ke Mataram. Hati-hati: Anda benar-benar harus bernegosiasi harga untuk perjalanan. Anda harus mendapatkan harga sebesar Rp.15.000.

Taksi

Tarif taksi cukup masuk akal jika mereka menggunakan argo. Blue bird (atau disebut Lombok Taksi) Phone +62 370 627000 berwarna biru, Ini adalah taksi yang paling umum tersedia di daerah Mataram. Ada juga Baik ekspres Taksi berwarna putih. Taksi ini memiliki sistem pengiriman radio dan kedua mobil perusahaan yang dilengkapi dengan meter yang harus digunakan oleh driver setiap mereka mengendarai. Biaya nya sekitar Rp 6.000 dan setiap satu meter biayanya bisa mencapai seratus rupiah, untuk setiap ratus meter melewati 2 km (argo data : tahun 2014). Taksi dapat dipesan terlebih dahulu baik dengan memanggil mereka sendiri atau dengan pemesanan melalui hotel. Taksi dapat di minta untuk turun dimana saja, disekitar Mataram terkecuali penggunaannya Taksi dari Bandara terbatas disaat tiba di Bandara saja.

Angkot

Angkutan perkotaan atau Angkot di lombok disebut dengan Bemo (jangan berfikir bemo beroda tiga, tetapi angkot/bemo ini mobil biasa beroda empat), Bemo menjalankan banyak rute set di dalam dan sekitar Mataram, Ampenan dan Cakranegara. Mereka mungkin ditandai turun di mana saja di jalan-jalan Mataram. Bemo kadang-kadang bisa ramai dan mungkin berhenti dan sering untuk menjemput dan mengantar penumpang untuk mempromosikan bisnis. Kadang-kadang perjalanan bisa sedikit ditarik keluar.

Disarankan : lebih mudah untuk mengambil taksi terutama jika ada 2 atau lebih orang di dalam grup Anda daripada menggunakan Angkot. Harga bemo dapat dinegosiasi tetapi aturan praktis adalah Rp 5.000-10.000 untuk perjalanan singkat dengan pengendara sepeda motor local, jika tujuan anda dekat, jarak yang lebih jauh akan membutuhkan beberapa negosiasi informasi.

Delman / Cidomo

Delman / Gerobak kuda di lombok biasa disebut dengan “cidomo” yang tetap menjadi sarana umum transportasi di Mataram dan sering ditemukan beroperasi di seluruh jalan-jalan padat di dekat Pasar atau produk pasar. Bemo umum dan taksi yang lebih umum digunakan untuk transportasi di dalam dan sekitar Mataram.

Mobil

Menyewa mobil adalah alternatif yang cukup bagus di Mataram. Biayanya sekitar berfariasi tergantung jenis dan type mobilnya. Usia dan kondisi mobil akan mempengaruhi harga karena permintaan untuk sewa yang tinggi pada periode pariwisata puncak sekitar bulan Juni-Agustus dan hari libur lokal. Periode sewa untuk 24 jam.

Sepeda Motor

Sepeda motor juga tersedia untuk disewa di sekitar Mataram. Pembayaran sekitar Rp 50.000 per hari untuk sepeda motor yang kondisinya masih baru. Ada beberapa operator penyewaan yang dapat ditemukan di daerah Cakranegara atau menanyakan di hotel Anda untuk bantuan. Silakan lihat Lombok artikel Artikel utama untuk informasi lebih rinci tentang mengemudi di Lombok dan memastikan Anda mendapatkan dan menggunakan helm saat mengendarai sepeda bermotor.

City Tour

Taman Air Mayura adalah istana air yang dibangun pada tahun 1744. Ini adalah lokasi saat pertempuran sengit yang terjadi antara pasukan Belanda dan Bali pada tahun 1894.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat (Lombok Museum), Jl Panji Tilar Negara 6, Mataram. +62 62 632519. Untuk hari kamis & Sabtu-minggu, jam 08: 00-14: 00, Jumat 08: 00-11: 00 NTB museum memiliki pameran di geologi, sejarah dan budaya Lombok dan Sumbawa terdekat.

Jalan Udayana. Ada warung makan kecil dan lapisan kedua sisi jalan dekat bandara antara Jalan Gilli Gede dan Jalan Adi Sucipto. Daerah ini sangat populer di malam hari terutama pada akhir pekan dan merupakan tujuan yang sangat populer bagi pasangan dan ini kesempatan yang bagus/baik untuk berjalan-jalan atau duduk di taman lineal yang melapisi jalan di kedua sisi. Parkir yang tersedia di sepanjang jalan dan biaya parkir akan diminta oleh ‘petugas’ taman yang dikunjungi atau taman udayana tersebut. Ini mungkin tampak sedikit menakutkan karena untuk waktu malam hari tetapi tidak berbahaya dan banyak pengunjung yang bijaksana. Tetapi jika Anda berada di daerah itu dan anda ingin berjalan sendiri akan membuat suasana yang tidak menyenangkan. Ada banyak tempat yang menjual makanan ringan seperti sate atau makanan kecil. Minuman ringan dan air minum kemasan yang dijual oleh sebagian besar penjual makanan.

Jalan Pejanggik, (Barat Mataram mall dekat Supermarket Ruby dan Rumah Sakit Risa). Ada banyak penjual makanan jalanan dan ‘tenda’ tempat pinggir jalan dan tempat makan yang didirikan di waktu senja dan perdagangan sampai malam hari. Daerah ini cukup sibuk pada saat malam hari dan bahkan ada setengah toko kue yang layak di sunting.

Mataram Mall, Jl Pejanggik, Cakranegara (terletak di antara Jl Pejanggik dan Jl Pancawarga). Mataram Mall adalah Mal/supermarket yang besar di kota Indonesia dan telah menjadi ‘tujuan’ banyak warga dari kedua kota dan dari kampung yang jauh. Tempat Ini juga sudah meningkatkan penyediaan AC agar lebih menyenangkan. Memiliki tempat parkir untuk mobil, sepeda motor, kolam renang terbuka ke sisi mal utama dan arcade hiburan di tingkat atas. Ada berbagai toko-toko termasuk supermarket kecil, sebuah department store Tiara, toko peralatan rumah tangga yang wajar bersama dengan McDonalds dan KFC di tingkat dasar. Banyak toko-toko kecil yang menawarkan pakaian, peralatan rumah tangga, aksesoris komputer, tas travel, peralatan listrik dan handphone. Kecuali Anda benar-benar perlu membeli sesuatu yang perlu untuk dikunjungi sebagai bagian lain dari Indonesia dan memiliki pusat perbelanjaan dan jalan-jalan yang cukup jauh namun lebih menarik.

Lombok Mall Epicentrum adalah Mall Terbesar Terbaru saat ini di Mataram, dan Ada juga mall baru yang lebih besar lagi yang sedang di bangun di daerah gerimax narmada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.