Posted on

Mutiara Lombok

Mutiara Lombok

Perhiasan mutiara lombok telah dikenali diseluruh dunia, karena keindahannya serta kelangkaannya akibat tingkat kesulitan di dalam budidayanya. Apakah anda tahu bagaimanakah pembuatan perhiasan mutiara dan Proses Terbentuknya Mutiara asli di alam? Artikel ini akan membahas tentang apa itu mutiara, Proses Terbentuknya Mutiara, budidaya mutiara, perhiasan mutiara, dan cara membedakan perhiasan mutiara asli dan perhiasan mutira imitasi.

Mutiara adalah objek keras yang diproduksi dari dalam mantel yang lembut dari seekor moluska (kerang mutiara). Seperti halnya kulit kerang yang keras, mutiara juga terbuat dari kalsium karbonat dalam proses kristalisasi yang terjadi dari waktu ke waktu. Bentuk ideal dari perhiasan mutiara adalah bentuk bulat sempurna dan sangat mulus permukaannya, tetapi banyak bentuk dari perhiasan mutiara adalah baroque atau bentuk perhiasan mutiara yang tidak teratur.

Perhiasan Mutiara

Bentuk mutiara yang baik dan sempurna, dinilai sebagai permata berharga dan telah menjadi objek perhiasan mutiara serta kecantikan dari abad ke abad, bahkan disebabkan oleh hal inilah, kata “mutiara” telah diasosiasikan dengan sesuatu yang berarti: sangat berharga, sangat langka, kebaikan, sesuatu yang di inginkan, dan memiliki nilai tinggi.

Mutiara yang bulat sempurna tersebut sebetulnya bisa terbentuk di alam liar, tetapi hal ini akan sangat jarang sekali terjadi. Mutiara seperti ini bisa disebut dengan “mutiara alami”, namun mutiara yang mendominasi pasar perhiasan saat ini adalah mutiara hasil budidaya perternakan mutiara, berasal dari kerang mutiara air laut dan kerang mutira air tawar.

Perhiasan mutiara imitasi juga saat ini diperjual belikan dengan luas dalam industry di segmen perhiasan murah, tetapi kualitas dari produk imitasi ini adalah rendah, dan sering sekali sangat mudah untuk membedakan mutiara imitasi ini dengan mutiara yang asli. Di masa kini, mutiara telah dibudidayakan dan dipanen serta digunakan untuk industry perhiasan, tetapi dimasa lalu mutiara juga telah digunakan dan disematkan pada pakaian-pakaian dimasa lalu. Mutiara juga bisa dihancurkan dan digunakan di industry kosmetik, obat obatan, dan didalam formula pewarnaan di industry cat.

Baik itu perhiasan mutiara alami atau perhiasan mutiara budidaya, kualitas perhiasan mutiara akan selalu berkilau seperti halnya interior didalam kulit kerang mutiara tersebut. Sebetulnya semua jenis maluska (kerang) dapat memproduksi benda keras seperti mutiara ini (namun mereka tidak dinamakan mutiara, tetapi disebut butiran-butiran kalsium, karena mereka kurang bersinar dan berbentuk kurang baik. Tetapi secara ilmiah mereka tetap didefenisikan sebagai “pearl” walaupun mereka tidak memiliki harga.

Definisi Mutiara

Hampir semua jenis moluska, secara alami, dapat memproduksi “sejenis mutiara” saat sebuah objek asing terperangkap atau memasuki mantel moluska tersebut. Tetapi kebanyakan jenis butiran-butiran kalsium ini tidaklah berharga, dan tidak dianggap sebagai permata.
Mutiara butiran yang saat ini terkenal di industry mutiara umumnya dihasilkan dari moluska bivalves atau clams, yakni mutiara yang mempunyai dua buah kulit kerang kembar yang saling mengatup satu sama lain. Mutiara dihasilkan didalam lapisan-lapisan nacre, oleh prose alami yang sama yang digunakan didalam sekresi tubuh kerang (mother of pearl) yang dilindungi oleh kulitnya (shell).

Sebuah “mutiara alami” atau “mutiara liar” adalah mutiara yang terbentuk tanpa campur tangan manusia sama sekali di alam, dan ini adalah sangat langka. Banyak sekali mutiara alami yang telah dibuka, dan terbunuh untuk menemukan mutiara langka seperti ini, karena dimasa lalu inilah satu-satunya cara yang mereka ketahui untuk menemukan mutiara. Hal inilah yang menyebabkan mutiara berharga sangat mahal di masa lalu. Kemudian ditemukanlah cara membudidayakan mutiara di dalam peternakan-peternakan mutiara, yang menggunakan kombinasi interfensi manusia dan proses alami.

Sebuah family dari kerang bivalves , dalam hal ini disebut “kerang mutiara” hidup di laut, tetapi ada juga kerang yang hidup di air tawar dari group lain yang disebut freshwater pearl mussel. Kerang mutiara yang hidup di air laut termasuk family Pteriidae, sedangkan kerang yang hidup di air tawar termasuk ke dalam ordo unionida yaitu family Unionidae dan Margaritiferidae.

Bentuk Fisik Mutiara

Kilau unik yang berasal dari perhiasan mutiara tergantung kepada pantulan, pembiasan, dan difraksi cahaya yang terjadi padada lapisan-lapisan yang transparan. Semakin tipis lapisan lapisan yang ada di mutiara tersebut, maka akan semakin baik kilaunya. Kilau yang dihasilkan oleh mutiara terbentuk dari banyaknya lapisan-lapisan yang melingkupi mutiara tersebut, yang membiaskan cahaya yang menimpa permukaannya. Sebagai tambahan, mutiara (khususnya mutiara air tawar) dapat berwarna kuning, hijau, biru, coklat, pink, ungu, atau hitam. Mutiara terbaik memiliki warna seperti cermin.

Karena mutiara terbentuk oleh kalsium karbonat, mutiara dapat larut didalam larutan asam (HCl), karena karbonat akan bereaksi pada acetic acid dan menghasilkan kalsium asetat dan karbon dioksida.

Mutiara air tawar dan Mutiara air laut.

Mutiara air laut dan mutiara air tawar dapat saja berbentuk fisik yang sangat mirip, tetapi sesungguhnya mereka berasal dari sumber yang berbeda. Mutiara air tawar berasal dari family Unionidae, yang dapat hidup di danau, sungai, kolam, dan ekosistim air tawar lainnya, mutiara air tawar tidak hanya dapat hidup di cuaca panas, tetapi juga di cuaca yang dingin seperti skotlandia (yang dalam hal ini mereka dilindungi), namun umumnya mutiara air tawar saat ini berasal dari China. Mutiara air laut, seperti contohnya mutiara lombok, termasuk family Pteriidae, yang hidup dilautan, ataupun didalam laguna dan karang atol.
Pembentukan Mutiara

Perbedaan antara mutiara alami dan mutiara budidaya adalah dalam pada proses pembentukannya (dalam hal ini mutiara alami terbentuk di alam, sedangkan mutiara budidaya terbentuk oleh campur tangan manusia). Pembentukan mutiara ini adalah mekanisme pertahanan dari kerang tersebut untuk menghindari iritasi, parasit, atau benda asing yang memasukinya (dalam hal ini sangat mirip dengan sistim imunisasi).
Mantel dari moluska yang terbentuk dari lapisan kalsium karbonat (CaCO3), sebagai bentuk dari mineral aragonite bersama bennda keras organic yang disebut conchiolin disebut nacre, adalah pembentuk utama dari “mother of pearl”. Pasir atau butiran asing yang masuk mengiritasi kerang mutiara selama ini dianggap sebagai pemicu terbentuknya mutiara. Partikel asing ini dapat masuk dalam kerang karena adanya proses makan atau pernapasan pada kerang tersebut. Untuk mutiara budidaya, benda asing ini biasanya sengaja dimasukkan kedalam kerang.

Mutiara Alami

Mutiara alami hampir 100% terbentuk dari kalsium karbonat dan conchiolin. Moluska dalam hal ini mengelarkan lendir (sekresi) untuk melingkupi benda asing yang memasukinya. Sekresi ini berlangsung terus menerus berulang-ulang sehingga terbentuklah butiaran mutiara. Mutiara alami muncul dalam bentuk yang berbeda-beda (dalam hal ini semakin bulat bentuknya maka akan semakin langka dan mahal)

Mutiara budidaya

Mutiara budidaya dihasilkan dari respon terhadap nucleus (sebagai benda asing) yang sengaja ditanamkan didalam mantelnya (mutiara tersebut dioperasi). Lendir kerang mutiara akan melingkupi nucleus tersebut dan terbentuklah calcium carbonate sebagai dasar terjadinya butiran mutiara kelak. Budidaya dapat dilakukan pada mutiara air laut dan air tawar. Opearasi (transplantasi) nucleus kedalam gonad sangat umum dilakukan saat ini. Istilah dagang untuk mutiara air laut hasil budidaya ini adalah “ mutiara AKOYA”, white or golden south sea peals, dan black Tahitian pearls. Sebetulnya mutiara juga bisa dihasilkan tanpa memasukkan bead atau nucleus, mayoritas mutiara jenis ini banyak dihasilkan oleh jenis kerang / moluska di Negara china, yang biasanya disebut freshwater cultured pearls.

Perhiasan Mutiara budidaya dapat dibedakan dari perhiasan mutiara alami dan perhiasan mutiara imitasi adalah dengan sinar X, yakni perhiasan mutiara alami akan terlihat lapisan-lapisan kalsium carbonat seperti lingkaran-lingkaran cinci sampai ke intinya sedangkan mutiara budidaya akan kelihatan strukstur asing nucleus di intinya (dengan lapisan kalsium karbonat yang sedikit saja)

Mutiara Imitasi

Mutiara imitasi juga biasa disebut dengan “shell pearls”, dibuat dari kulit kerang (mother of perl) dan coral, ada juga yang dibuat dari gelas yang di coating (dilapisi) dengan lapisan yang mengandung fish scales yang biasa disebut denga essence d’Orient. Walaupun mutiara imitasi ini agak mirip, tetapi mereka tidaklah sama dari mutiara asli dalam hal berat, mulusnya permukaan, dan kilaunya . Mutiara imitasi akan semakin buram sejalan dengan waktu, sedangkan mutiara asli akan terus berkilau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.