Posted on

Pantai – Pantai di Lombok yang paling Indah untuk dikunjungi

Pantai di Lombok

Pantai Senggigi

Lombok memiliki pantai yang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Tak salah kalau pulau Lombok sering disebut-sebut sebagai Bali 2. Salah satunya adalah pantai Senggigi. Letaknya di pesisir barat pulau Lombok.

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan selam permukaan (snorkeling) sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

Suasana eksotis pantai berpasir putih ini didukung banyak keistimewaan yang tidak dimiliki oleh pantai lain, salah satunya adalah suasananya yang masih natural, tenang, dan nyaman. Tak heran banyak wisatawan yang mulai tertarik untuk berkunjung di pantai ini, terutama wisatawan mancanegara.

Memasuki area pantai Senggigi, wisatawan seta merta disapa oleh lembutnya angin semilir yang menenangkan. Apa saja yang dapat dilakukan di pantai Senggigi? Tentu saja bukan hanya memandangi indahnya nuansa pantai, melainkan sobat juga bisa berenang, bermain air, snorkeling, berjemur di pasir putih yang hangat, dan bermain kano. Jika anda merasa lapar, banyak restoran di sekitar pantai yang menghidangkan aneka santapan yang membuat lidah bergoyang, antara lain Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung.

Sunset di Senggigi juga tak kalah indah dari pantai yang ada di Bali. Gambar di samping adalah salah satu buktinya. Malam menjelang, terutama saat bulan purnama merupakan malam yang tak terlewatkan. Pengunjung bisa memanfaatkan pasir hangat untuk terapi kesehatan sembari mendengarkan deburan ombak berkejar-kejaran.

Pulang dari berwisata di Senggigi, jangan melewatkan membeli cinderamata khas Senggigi, seperti kerajinan tangan, lukisan, kain tenun Lombok, dan perhiasan mutiara lombok.

2. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta, Lombok adalah tempat wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan acara suku Sasak di desa ini. Ini adalah acara Bau Nyale. Dalam acara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut.

Biasanya, Saat mendengar kata Pantai Kuta, kebanyakan orang langsung memikirkan Bali. Namun jangan salah, di Pulau Lombok juga terdapat Pantai Kuta, sekitas 56 km dari Kota Mataram tepatnya di Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB. Walau sama-sama berpasir putih, pasir di pantai ini lebih halus seperti merica halus, sehingga pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Merica.

Pantai kuta lombok merupakan salah satu pantai terindah di Lombok bahkan di Indonesia dan belum terjamah. Pasir putihnya terbentang di pantai yang berhadapan dengan Samudera Hindia. Air lautnya masih tampak bersih dan jernih. Wilayah pantai juga aman untuk mandi dan berenang. Anda juga bisa menikmati sejumlah rekreasi dan olahraga air seperti banana boat, windsurfer atau jetsky. Selain itu, di pantai ini juga terdapat deretan bukit-bukit yang menjorok ke laut. Perpaduan antara bukit, laut serta butiran pasirnya yang unik, membuatnya pantai ini semakin memikat para wisatawan.

Hal Lain tentang Pantai Kuta Lombok

Selain keindahan alamnya yang belum banyak terjamah itu, sebelah barat Pantai Kuta Lombok adalah tempat yang cocok bagi para peselancar.

Ada juga festival tahunan yang diadakan di pantai ini setiap bulan februari dan maret yaitu festifal nyale, dimana pada festival ini akan dilakukan acara suku Sasak yang disebut Bau Nyale. Setelah itu dilanjutkan dengan penangkapan cacing nyale oleh masyarakat setempat.

Suasana Pantai Kuta Lombok sangat menyenangkan, sayang untuk dilewatkan bila Anda sedang berwisata ke Pulau Lombok.

Akomodasi di Pantai Kuta
Jika Anda menginap di Senggigi atau Mataram, Anda dapat menyewa taksi resmi secara harian yang banyak beroperasi di Mataram dan sekitarnya untuk menuju Pantai Kuta. Atau dengan menggunakan jasa Travel yang tersedia.

Namun jika Anda berencana menginap di Lombok Tengah khususnya disekitar Area Pantai Kuta Lombok, ada beberapa hotel yang bisa Anda tempati seperti Novotel Hotel Lombok, Kuta Indah Hotel, Segare Anak Bungalows and Restaurant, Gerupuk Surf Bungalow, Puri Itoma, Bumbangku Beach Cottage, Matahari Inn, dan Novotel Coralia Lombok.

3. Pantai Selong Belanak

Pantai ini terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Jika kamu pergi dari arah pusat kota Mataram, jalannya menuju ke arah Bandara Internasional Lombok dan memakan waktu sekitar 1-1,5 jam.

Pantai Selong Belanak mempunyai area yang luas sekali, berbeda dengan Pantai Tangsi yang butiran pasirnya agak kasar karena tercampur dengan pecahan koral, pasir di Selong Belanak sangatlah halus. Saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan sore itu untuk berlari di sepanjang bibir pantai. Rasanya bebas dan damai ketika pasir yang basah karena sentuhan ombak menyentuh telapak kaki saya. Sore itu, saya meninggalkan kamera dan memilih untuk menyambut serpihan-serpihan senja.

4. Pantai Pink

Lombok Timur kini punya Pantai Pink sebagai tujuan wisata yang mempesona. Pantai Pink, yang terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Untuk melihat pantai indah berwarna pink,tak perlu sampai pergi jauh ke luar negeri, seperti ke Bahama, karena Indonesia juga punya pantai yang pasirnya berwarna pinkdan lokasi tersebut letaknya berada di kawasan Pulau Lombok, Tepatnya di kabupaten Lombok Timur provinsi Nusa Tenggara Barat, oleh penduduk setempat dinamakan Pantai Mangsit. Namun para wisatawan mancanegara yang sering berkunjung ke pantai ini menyebutnya sebagai Pink Beach.

Di sepanjang daerah pantai ini tidak ada bangunan apa-apa dan tidak dihuni penduduk alias pantainya kosong, hal ini tentu saja sangat disukai oleh para wisatawan yang lebih menyukai pantai yang tenang dan indah.
Para wisatawan asing yang berkunjung ke sini sering membayangkan dirinya sambil berfoto di pantai dengan latar belakang air laut yang bergradasi biru, ditambah panorama perbukitan hijau, langit biru cerah dengan gumpalan awan putih, dan ditemani hamparan pasir yang benar-benar berwarna pink, sangat indah dan bernuansa romantis.

Konon di dunia hanya terdapat 7 pantai yang memiliki hamparan pasir berwarna pink, salah satunya yang ada di Pulau Lombok ini.
Menurut asalnya, pasir pink ini terbentuk dari pecahan karang berwarna merah, namun kabar lain mengatakan sebenarnya warna pink ini dihasilkan karena adanya hewan mikroskopik semacam amuba bernama Foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada karang, tak heran apabila kita mengambil sejumput pasirnya, maka terlihat pasir berwarna merah di antara pasir putih.

Uniknya dari pantai ini, jika ombak menyapu pasir dan menariknya kembali, maka warna pasir tersebut berubah menjadi pink tua, sangat indah. Butiran pasirnya halus dan lembut, terasa empuk saat berjalan atau berjemur di atasnya. Kegiatan di sana selain berfoto, bisa berjemur, berenang, atau sekedar duduk menikmati pemandangannya. Selain tidak terlalu ramai dan komersil, aktifitas berenang pun sangat menyenangkan dan menyegarkan mata, karena banyak hard corals dan soft corals yang berwarna-warni dan masih sehat, ditambah lagi banyaknya ikan-ikan hias.

Cara mencapai Pink Beach, cukup mudah, dari Bandara Internasional Lombok kita dapat langsung menyewa kendaraan menuju selatan,bila ingin merasakan indahnya jalur laut kita bisa menyewaspeedboat atau kapal nelayan dari TPI Desa Tanjung Luar Keruak Lombok Timur, langsung menuju Pantai Pink. namun apabila ingin merasakan petualangan Darat kita bisa langsung menuju jalur yang telah ada, namun kondisi jalan tdk cukup bagus sehingga memakan waktu cukup lama untuk sampai ke pantai impian tersebut. Sebagai catatan, karena di pantai ini tidak ada warung atau restoran, Anda disarankan membawa perbekalan sendiri secukupnya dan jangan lupa untuk tatap menjaga kebersihan Pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.