Posted on

Pantai Mawun Pantai Indah di Selatan Pulau Lombok

Pantai Mawun

Pantai Mawun Lombok
Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun Lombok Tengah – Mawun adalah salah satu nama pantai yang terkenal di Lombok saat ini. Pantai Mawun terletak di daerah Praya kabupaten Lombok Tengah. Pantai Mawun merupakan salah satu wisata pantai yang sangat indah di Pulau Lombok. Pantai Mawun juga merupakan salah satu dari beberapa deretan pantai selatan di Pulau Lombok sama seperti pantai Tanjung An.

Pantai Mawun bisa dibilang sebagai surga tersembunyi di sebelah selatan pulau Lombok. Dikatakan surga tersembunyi karena pantai Mawun belum banyak dikenal oleh para wisatawan. Ketika penulis berkunjung ke pantai Mawun, waktu itu kalau tidak salah hanya ada 3 atau 4 turis yang sedang berjemur di pinggir pantai. Tapi seandainya sudah banyak yang tau, mungkin para wisatawan akan berbondong-bondong mengunjungi tempat ini. Dari semua pantai yang penulis kunjungi, sampai saat ini belum ada yang bisa menyaingi keindahan pantai Mawun ini. Karena bukan hanya sekedar indah, tapi tempatnya juga masih terjaga keaslian dan kebersihannya.

Pantai mawun juga merupakan salah satu objek wisata dengan panorama pantai dan pegunungannya yang tidak kalah bagusnya dengan pantai Selong Belanak, Pantai Kuta, dan Pantai Lainnya. Dimulai dari keindahan pasir, pantai, pegunungan dan bukitnya juga. Pasir putih dengan garis pantai panjang dan bibir pantai yang juga panjang akan melengkapi ombak besar dengan sensasi berselancar yang luar biasa. Tidak salah beberapa orang menyebutnya sebagai salah satu pantai surga.

Hal yang paling indah adalah pemandangan ketika kita melihat ke arah garis yang memisahkan pantai dan langitnya. Terlihat air laut yang mengisi pantai Mawun berasal dari sebuah area yang hampir mirip seperti selat yang diapit oleh 2 gunung yang masih hijau dan sangat indah.Pantai Mawun juga sangat cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang suka dengan fotografi, terutama yang suka mengabadikan gambar pemandangan (landscape). Selain pesisir pantainya yang masih bersih, 2 gunung yang mengapit jalur masuknya air laut juga dapat dijadikan sebagai objek fotografi yang sangat bagus.

Beberapa tempat seperti Pantai Kuta, Pantai Selong Belanak, Pantai Seger, dan Pantai Mawun kerap menjadi tempat tujuan wisata. Salah satu contoh, Pantai Mawun (Mawun Beach). Mawun adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Tumpak, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, NTB. Lokasi yang cukup jauh dan kehidupan yang masih primitive menjadikan destinasi wisata Pantai Mawun masih kurang terjamah saat ini jika dibandingkan dengan Pantai Senggigi dan gugusan 3 Gili (Trawangan, Meno, Air) yang cukup terkenal. Padahal panorama alam dan perbukitan yang hijau, disertai keindahan pantai tidak kalah indah dan menawan.

Rute Menuju Pantai Mawun

Pantai Mawun Lombok
Pantai Mawun Lombok

Jika ingin melakukan perjalanan menuju Pantai Mawun, rute terbaik adalah Mataram – Kediri – Praya – Penujak – Selong Belanak – Mawun (lihat peta).
Berdasarkan rute tersebut, kita bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam dengan kecepatan rata-rata kendaraan 60-80 km/jam. Di samping itu melewati beberapa daerah yang tidak kalah menarik dalam menawarkan keindahannya, menuju Pantai Mawun adalah perjalanan yang tidak akan ada bosannya. Pantai Mawun ini sejajar dengan Pantai Kuta Lombok, jadi jika para wisatawan ingin menuju Pantai Wawun maka para wisatawan juga harus mengambil arah yang sama menuju Pantai Kuta Lombok. Perjalanan dari Pantai Kuta Lombok menuju Pantai Mawun sekitar kurang lebih 30 menit. Selama dalam perjalanan, kita akan menyadari bahwa betapa indahnya ciptaan Allah di Bumi beserta isinya.

Pada Rute Pantai Mawun kita bakal melewati beberapa bukit yang tentu saja diikuti lembah dengan hamparan padang rumput serta ternaknya. Namun ada sebuah tanjakan yang cukup curam dengan turunan yang tidak kurang curam setelahnya. Dari puncak tanjakan itu kita bisa melihat beberapa hamparan pantai-pantai dengan keindahan yang luar biasa. Dari keindahan itu saja akan membuat para petualang merasa tidak akan rugi menyambangi Pantai Mawun.

Sebelum sampai di Pantai Mawun, kita melewati Selong Belanak. Kemudian jarak yang bakal kita tempuh menuju Mawun dari Selong Belanak sekitar 9 km dengan estimasi waktu sekitar ± 15 menit dengan kecepatan standar 60-80 km/jam. Tentunya bakal menguras tenaga di tengah teriknya sinar mentari, namun semua bakal terbayarkan ketika sampai di Pantai Mawun. Setelah tiba di Pantai Mawun, para wisatawan akan diminta biaya untuk masuk menuju pantai jika menggunakan kendaraan. Ongkos masuk hanya Rp.10.000 untuk roda empat atau mobil dan Rp. 5000 untuk roda dua atau sepeda motor. Ketika memasuki tempat parkir, setelah para wisatawan memasuki tempat parkir, para wisatawan akan lengsung terpukau dengan keindahan Pantai Mawun sehingga membuat wisatawan tergesa-gesa untuk turun dari kendaraan yang digunakan dan tidak sabar untuk menuju pesisir pantai.

Pantai Mawun memiliki pasir yang putih, jika kita sebut pasir putih pasti para wisatawan juga sudah sering jumpa di pantai-pantai lain yang pernah di kunjungi. Akan tetapi, kita tidak akan pernah menjumpai pantai seperti Pantai Mawun. Karena pantai ini seperti berada dalam lingkaran namun ujung lingkarannya tertembus langsung oleh samudra Hindi.

Mungkin hanya ini yang bisa ditulis tentang Pantai Mawun Surga Lombok, semoga para pembaca bisa menikmati hasil tulisan yang udah saya buat. Semoga para pembaca bisa tertarik dan ingin untu mengunjungi Pantai Mawun Surga Lombok. Just read while enjoy your day. Thank you 🙂

lombok-island-gili-trawangan-sumbawa-tour-+6287865026222

 

4 thoughts on “Pantai Mawun Pantai Indah di Selatan Pulau Lombok

  1. Pantai Mawun ombaknya memang tenang, tapi ya itu tarikannya kuat sekali. Mungkin karena dasarnya yang curam ya? Atau karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia itu?

  2. pantai mawun sangat indah, namun tidak disarankan untuk berenang disana karena berbahaya, kecuali profesional surver mungkin bisa..

  3. keren banget pantai – pantai di lombok. next time mungkin mau nyoba ke sana

  4. sip deh kak rizal.. kalo mau ke lombok, ikutin tour lombok kami ya, chat via whatasapp +6287865026222

Leave a Reply

Your email address will not be published.