Posted on

Pantai Semeti Lombok

PANTAI SEMETI LOMBOK

Kata pantai biasanya menjadi sebuah tempat yang sudah tidak asing dan di jadikan sebagai tempat atau sebuah objek wisata yang dimana digunakan untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat terdekat anda namun sekarang banyak sekali orang atau para pelancong yang menjadikan pantai sebagai sebuah tempat yang asik dan mengadakan sebuah acara. Namun bukan hanya di jadikan sebagai tempat untuk bersantai saja, pantai juga di gunakan sebagai tempat untuk para wisatawan dapat melepaskan penat dan mencari pemandangan yang sangat indah memukau dan para wisatawan jadikan sebagai tempat favorit untuk para wisatawan. Pantai kali ini yang akan di bahas dan para wisatawan atau pelancong akan mengetahui tentang informasinya adalah pantai di lombok tengah. Pantai ini adalah pantai semeti.

Keindahan Pantai Semeti di Pulau Lombok

Pantai semeti ini tertetak di kabupaten lombok tengah dan masih sangat terbilang asri dan natural mengenai keindahan alamnya, hal ini dapat di lihat dari sepinya daerah pantai ini dan masih belum banyak para wisatawan yang datang dan mengetahui lokasi pantai cantik semeti ini dan juga tidak adanya penduduk atau masyarakat di sekitar yang tinggal atau berdiam di daerah sekitar sana. Namun mengenai tempat atau jarak dari objek wisata yang satu ini tidak menjadikan suatu halangan untuk para wisatawan bisa berkunjung ke daerah wisata pantai yang indah ini. Sesampainya di pesisir pantai semeti, para wisatawan akan menemukan hamparan pasir putih sebesar biji merica dan juga akan melihat sebuah gazebo atau berugak/ bale-balean yang banyak terdapat di tepi pantai semeti ini. Uniknya sisi sebelah kanan dari pantai semeti ini memiliki pesisir pantai yang indah yang terdiri dari batu batu hitam dan ada juga tebing-tebing batu yang tinggi dan menawan.

Gugusan Karang di Pantai Semeti Lombok

Di Pantai semeti ini terdapat hamparan batu karang yang luas membuat kita akan berlama-lama karena kita akan fokus mencari binatang-binatang laut yang tersesat di antara batu karang tersebut. Selain itu Pantai Semeti ini juga sangat bagus dijadikan sebagai obyek fotografi atau sebagai latar belakang bagi para wisatawan yang narsis.
Pantai Semeti terletak di kawasan Selong Belanak. Di kawasan ini terdapat pantai-pantai indah lainnya antara lain Pantai Selong Belanak sendiri, Pantai Mawun, Pantai Ruwuk dan Pantai Mawi. Sekumpulan pantai yang indah yang merupakan sebagian kecil pantai-pantai di Lombok.

Mengenai tempat atau view yang bagus namanya pantai ini sangat banyak terdapat pemandangan yang bagus namun paastinya para wisatawan akan mencari sesuatu yang berbeda dari pemandangan yang ada di pantai-pantai pada umumnya. Pantai semeti ini juga memiliki sebuah pemandangan atau sesuatu yang berbeda dari pantai yang lainnya yaitu pantai ini di pisahkan oleh sebuah bebatuan yang membuat daerahnya terpisah-pisah dan dari pisahannya tersebut memiliki keindahan masing masing, ada satu tempat yang dimana suasana disana sangat tenang dan ada juga area ombak, maka hal yang akan membuat para wisatawan sangat tertarik yaitu panorama keindahan seperti sebuah akuarium alam yang besar dan tersusun sangat rapi dan indah. Sebuah akuarium yang besar ini bukan hanya sekedar akuarium seperti yang ada di rumah yang hanya dilapisi oleh dinding kaca, akan tetapi akuarium alam ini terdiri dari cekungan- cekungan di batu karang yang berisi air dan biota laut kecil yang indah dan di huni oleh ikan-ikan kecil yang cantik yang tinggal di dalamnya.

Hal ini mungkin terjadi pada saat pasang atau ombak besar datang, ikan-ikan laut ini terjebak pada cekungan menyerupai kolam yang ada di batu karang tersebut. Tak cuma satu bahkan ada banyak sekali mulai dari yang besar, kecil, berisi bahkan berisi terumbu karang saja. Namun warna-warninya mereka hasilkan di jamin membuat mata kita benar-benar terasa fresh dan segar. Meskipun pantai semeti Lombok ini berada jauh dari kota mataram, jika para wisatawan menyaksikan pemandangan yang disuguhkan tempat wisata di Lombok seperti ini tentu mereka tidak akan merasa rugi waktu dan menyesal mengunjunginya.

Satu lagi pantai yang indah di Selatan Pulau Lombok yang menyajikan panorama alam unik nan menawan. Pantai ini berada di kawasan Desa Selong Belanak, namun pintu masuk ke lokasi pantai melalui desa Mekar Sari. Suasana pantainya begitu sepi dan tidak ada penduduk yang tinggal di tepi pantai. Satu-satunya bangunan yang ada di areal pantai adalah sebuah pondok atau gazebo. Pantai indah dan unik ini dikenal dengan nama Pantai Semeti.

Pada saat wisatawan tiba di lokasi pantai, para wisatawan langsung di sambut dengan bentangan pasir putih yang begitu bersih. biru kehijauan hanya untuk air laut di pantai ini tampak bergelombang membasuh pasir pantai dan menghantam batu karang di tepi pantai. Karakteristik dari pasirnya sama dengan Pantai Kuta Lombok yaitu seperti butiran-butiran merica. Namun keindahan Pantai Semeti Lombok tidak hanya karena pasir pantainya atau ombaknya yang menderu-deru. Di antara batu-batu karang terdapat lekukan yang berisi air laut. Lekukan-lekukan yang terbentuk secara alami ini seperti sebuah akuarium.

Leave a Reply

Your email address will not be published.