Posted on

Pulau Gili Meno

GILI MENO

Keindahan Alam Gili Meno NTB – Indonesia

Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, ada Gili Trawangan dan Gili Air, itu menjadi kawasan wisata yang sering di kunjungi oleh orang asing maupun orang local. Tempat ini sangatlah indah dan menarik untuk menjadi daerah wisata dan begitu juga dengan pemandangan pantai yang sangat menakjubkan. Disana terdapat taman burung yang mempuyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pasir pantainya pun putih dan masih alami. Di Gili Meno kendaraan motor dibatasi begtu juga dengan penggunaan listrik.
Berbicara tentang Lombok, biasanya para pelancong langsung menuju ke Gili Meno, Lombok juga msih punya beberapa pulau kecil yang tak kalah menariknya dari Gili Trawangan., salah satunya adalah Gii Meno. Sebagian besar, orang-orang banyak yang tahu bahwa Gili Meno termasuk dalam ‘tiga besar’ gili yang meliputi Gili Trawangan dan Gili Air. Gili Meno memancarkan pesona yang sangat indah dan cantik, dapat mengalahkan keindahan dari pemandangan Gili Trawangan. Suasana yang tenang dan damai bias di dapatkan di Gili Meno.
Di Gili Meno, kita dapat nikmati keindahan bawah laut yang begitu jernih yang bias di lihat hingga ke dasar laut. Pantai-pantai di Gili Meno juga dikatakan relatif sepi dari serbuan orang asing atau tourist. Gili Meno menyediakan gazebo-gazebo yang teduh dan nyaman.

Untuk para pelancong yang suka snorkeling ataupun diving, bias menjelajahi pantai bagian barat pulau. Disana para pelancong bisa menemukan banyak spot menyelam yang indah seperti Meno Wall dan Turtle Point. Khusus untuk lokasi terakhir bias melihat penyu-penyu yang tengah berenang disana. Bicara soal penyu, para pelancong bias menemukan lokasi penangkaran penyu laut di Gili Meno, Tempat penangkaran penyu yang kabarnya di buat atas kontribusi salah satu LSM Italia. Tempat penangkaran ini terasa kurang diperhatikan dibandingkan yang ada di Gili Trawangan. Destinasi yang gak kalah seru dikunjungi saat berada di Gili Meno adalah Taman Burung alias Gili Meno Bird Park. Aktivitas yang bisa di Gili Meno para pengunjung atau pelancong adalah trekking. Untuk mengitari seluruh Gili Meno dengan berjalan kaki umumnya akan menghabiskan waktu sekitar 90 menit. Tapi travelers bisa menyewa sepeda atau cidomo (andong). Tarif penyewaan cidomo untuk tur keliling pulau rata-rata adalah Rp 175 ribu.

Gili Meno memang cocok dikunjungi travelers yang ingin menjauh dari keriuhan Bali dan Gili Trawangan. Ada banyak pilihan aktivitas liburan yang menyenangkan di Gili Meno. Sudut-sudut untuk diving sudah menanti untuk Anda susuri. Taman terumbu karang di sekitar utara timur pantai ini layak dikunjungi, warna-warna koralnya mempesona mata penyelam. Airnya sangat jernih sehingga membuat siapapun ingin merasakan deburannya. Cobalah berenang untuk merasakan sensasinya. Keindahan dan ketenangan alam Gili Meno membuat banyak yang menganggap pulau ini cocok untuk pasangan yang tengah berbulan madu.

Di sisi barat Gili Meno terdapat danau dangkal yang menghasilkan garam di musim kemarau. untuk memenuhi kebutuhan air tawar, penduduk Gili Meno harus meng”ekspor” air tawar dari Lombok. Ada beberapa penginapan bisa menggunakan pembayaran berupa kartu kredit sebaiknya Anda membawa banyak uang tunai, karena tidak ada ATM (Anjungan Tunai Mandiri) di Gili Meno. Anda bebas menentukan dimana akan menginap. Jika ingin menikmati malam di Gili Meno Anda bisa menginap di Gazebo Meno. Cutomer juga bisa bermalam di Manta Dive Gili Air Hotel. Menginap di Gili Trawangan pun tak masalah karena masing-masing gili berdekatan. Anda bisa menginap di Ombak Sunset Hotel.

Kegiatan yang dilakukan di Gili Meno, yaitu:

  1. Jalan-Jalan, tak lengkap wisata Anda ke Meno jika tak berjalan mengelilingi pulau untuk menikmati pemandangan dan kehidupan penduduk setempat. Salah satu tempat yang menarik juga untuk dikunjungi adalah danau asin yang ada di sisi barat pulau.
  2. Pantai: pantai di Gili Meno merupakan pantai terbaik dari seluruh pantai di kepulauan Gili. Jadi jangan lewatkan untuk bermain atau sekedar menikmati pantai di sini.
  3. Snorkeling: belum puas hanya dengan berkeliling dan melihat pantai saja, cobalah untuk bersnorkeling. Bersnorkeling di Gili Meno sangat mengasyikkan karena selain air lautnya yang sangat jernih, Anda juga sudah dapat melihat ikan bahkan penyu bermain-main di pantai yang cukup dangkal.
  4. Diving: jika Anda penggemar diving, ini adalah hal wajib yang harus Anda lakukan di Meno. Dengan air laut yang sangat jernih, Anda bisa melihat terumbu karang yang masih terjaga, hiu karang, dan penyu.
  5. Taman Burung: Anda juga bisa mengunjungi taman burung kecil yang ada di pulau untuk melihat berbagai spesies burung yang indah. Penangkaran penyu: di Gili Meno juga terdapat sebuah penangkaran penyu hijau. Para Pelancong atau pengunjung bisa berkunjung ke sana untuk melihat-lihat serta mendukung upaya restorasi yang di lakukan disini. Ada beberapa tempat popular untuk mencari makan seperti; Warung Rust, ini adalah restoran oaling terkenal di Gili Meno dan tempat terbalik untuk bertemu dengan orang-orang saat pulau mulai sepi. Warung yaya, tempat kecil ini sangat popular di kalangan wisatawan karena harganya ynag murah untuk nasi goreng dan makanan khas Indonesia lainnya.
Leave a Reply

Your email address will not be published.