Posted on

Rumah Adat Lombok

Rumah Adat Lombok

Rumah adat lombok yang begitu terkenal yaitu rumah adat yang berada di desa sade, rumah adat sade ini begitu traditional karena masih menggunakan bahan baku tanah liat dan di poles dengan kotoran sapi hingga saat ini pun masih bertahan, berbeda dengan rumah-rumah zaman sekarang yang menggunakan tembok dari campuran semen dan pasir. Mereka percaya dengan seperti itu akan lebih bertahan dan tidak banyak nyamuk, jadinya mereka tidak perlu menggunakan obat nyamuk.

Bisa dibilang, Sade adalah cerminan suku asli Sasak Lombok. Yah, walaupun listrik dan program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat dari pemerintah sudah masuk ke sana yang dulunya msh belum ada, Desa Sade ini masih menyuguhkan suasana kampungan asli Lombok. Hal itu bisa dilihat dari bangunan rumah yang terkesan sangat tradisional. Atapnya dari ijuk, kuda-kuda atapnya memakai  bambu tanpa paku, tembok dari anyaman bambu, dan langsung beralaskan tanah. Orang Sasak Sade menamakan bangunan itu ‘bale’. Pemandu lokal kami yang bernama Bapak Mesah berkata ada delapan bale yaitu Bale Tani, Jajar Sekenam, Bonter, Beleq, Berugag, Tajuk dan Bencingah. Bale-bale itu dibedakan berdasarkan fungsinya. Ada 150 Kepala Keluarga (KK) di Sade. Dulu, penduduknya banyak yang menganut Islam Wektu Telu (hanya tiga kali sholat dalam sehari). Tetapi saat nini masih ada yg menganut dan ada pula sebagian yang sudah modern.

Kadang kita merasa aneh ataupun jijik jika kalau membayangkan tidur di tempat seperti itu, tetapi tidak bagi mereka yang menganggap sama saja bahkan lebih nyaman dan sejuk entah tak tau mengapa ya. Di desa sade ini hampir semua warga masih mempertahankan adatnya hanya sebagian orang saja yang sudah mulai moderen menggunakan tembok semen selain itu ini adalah desa sasak asli lombok yang masih kental dengan adat istiadatnya, para wisatawan biasanya datang mengunjungi desa ini untuk belihat-lihat dan berbelanja oleh-oleh seperti gelang atau kain songket, dan nanti akan di pandu oleh guide yang sudah menunggu.

Setiap harinya desa sade ini ramai di datangi pengunjung karena para travel agent selalu memperkenalkan desa khas lombok ini bagi para wisatawan yang penasaran dan ingin melihat langsung, sekitar 30 menit perjalanan dari desa sade ini kita akan menemukan pantai kuta yang biasanya kalian tahu hanya ada di bali, namun tidak. Di lombok juga ada pantai kuta yang mirip dengan kuta yang ada di bali, lombok juga memiliki bahasa sasak yang khas logatnya dan masing-masing tempat berbeda tetapi tetap satu juga, begitulah bahasanya.

jika anda penasaran dengan rumah adat lombok ini tunggu apalagi?buruan datang ke lombok dan ikuti paketnya, hanya saran saja sebaiknya menggunakan jasa travel untuk akomodasi dll ya agar memudahkan kita dalam berlibur dan jangan lupa untuk membandingkan harganya dahulu,semoga artikel saya ini bermanfaat buat kalian yang masih penasaran dengan lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.