Posted on

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok adalah sebuah kecamatan di kabupaten Lombok Barat.
Taman Narmada Lombok terletak 10 kilometer di sebelah timur kota Mataram. Kota ini terkenal dengan julukan kota “Air”. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa Narmada mempunyai banyak mata air. Mata air berasal dari simpanan air hutan di daerah Narmada yang terletak di Suranadi dan Sesaot.
Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat memang merupakan salah satu pulau yang memiliki banyak objek wisata alam, mulai dari pantai, taman, budaya, gunung dan termasuk wisata taman narmada lombok yang terkenal dengan keindahan taman serta kolamnya.

Letak Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok terletak 10 kilometer di sebelah timur kota Mataram. Kota ini terkenal dengan julukan kota “Air”. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa Taman Narmada Lombok mempunyai banyak mata air. Mata air berasal dari simpanan air hutan di daerah Narmada yang terletak di Suranadi dan Sesaot.
Jika dilihat Taman Narmada Lombok ini memiliki kemiripan dengan Taman Soekasada Ujung Karangasem yang ada di Bali.
Benar saja, ternyata Taman Narmada Lombok ini dulunya didirikan oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem yang merupakan Raja Kerajaan Karangasem, tak heran jika bangunan dan kolamnya memiliki kemiripan dengan Taman Soekasada Ujung, Karangasem, Bali. Raja Anak Agung Ngurah Karangasem mendirikan taman narmada ini dengan bertujuan untuk melakukan upacara Pakelem, sebuah upacara yang dilakukan saat bulan purnama kelima ditahun caka atau dalam bulan masehi yaitu bulan Oktober – November.
Wisata Taman Narmada Lombok ini terdiri dari taman, kolam, dan juga mata air yang memang asli berasal dari gunung rinjani, masyarakat menamai mata air tersebut sebagai mata air awet muda. Taman Narmada ini juga dulunya digunakan sebagai tempat beristirahat oleh para keluarga kerajaan, karena memang udara di Taman Narmada Lombok ini sejuk, dan segar mengingat cuaca di lombok cukup panas. Untuk itu juga didirikan beberapa ‘sekepat’ di Taman Narmada ini.

Nah, kalo bicara mengenai tiket Wisata Taman Narmada Lombok ini memang cukup murah, untuk para wisatawan lokal hanya membayar sebesar 4000 rupiah saja, dan untuk wisatawan asing akan dikenai harga Rp. 10.000. Nah karena tiketnya yang murah, maka tak heran jika banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Narmada Lombok ini. jangan lupa datang kalu lagi ke lombok ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.