Cara Membuat Taman Minimalis Dirumah Anda

Cara Membuat Taman Minimalis Dirumah Anda

ucapan  siapa dalam membuat taman yang indah di rumah kita harus di lakukan oleh Tukang pembuat Taman yang ahli atau sering kita kenal sebagai seorang Lanskaper, Jika anda mempunyai  banyak uang tidak akan  masalah jika anda memakai jasa mereka, karena dengan adanya uang semuanya dapat di atur,akan  tetapi jika uang atau budget anda pas – pasan, dan ingin  punya taman minimalis dan terlihat moderen di halaman kosong rumah anda dengan harga atau biaya yang murah meriah.tentunya  Tidak masalah, Berbagai macam benda – benda dekorasi moderen dan bergaya minimalis untuk mempercantik taman anda termasuk berbagai macam jenis lampu – lampu taman yang cantik bisa anda lihat contoh – contohnya secara online.

Mengatur taman yang indah itu ternyata tidaklah mudah, hanya di butuhkan imajinasi yang di sesuaikan dengan selera anda, serta informasi dan contoh – contoh yang cukup tentang bagaimana cara membuatnya. intinya untuk membuat sebuah taman minimalis, pemakaian  rumput sangat perlu agar taman terkesan sejuk. Anda juga dapat mempertegas taman dengan jalan setapat yang di seman atau memakai kerikil atau lantai yang terbuat dari batu alam. Adanya unsur alam yang anda masukkan akan membuat taman minimalis di rumah anda akan tampak lebih hidup.

Salah satu cara untuk mewujudkan keindahan di lingkungan rumah kita
adalah dengan menghadirkan taman di rumah. Namun terkadang beberapa orang masih bingung bagaimana membuat sebuah taman di sekitar rumahnya. Dalam menghadirkan taman di rumah tentu saja ada beberapa hal yang harus
diperhatikan, di antaranya luas area atau lahan, tata letak taman, tema
atau konsep taman yang ingin dihadirkan, jenis tanaman dan drainase atau
saluran air. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat taman
yang indah berdasarkan hal-hal tersebut.

  • Pertimbangkan Luas Area Lahan Yang Anda Miliki
    • Luas area adalah  merupakan tahapan  pertama dan penting untuk diperhatikan ketika anda ingin membuat taman. Luas area akan sangat berpengaruh pada tema taman dan pemilihan jenis tanaman. Jika anda mempunyai area yang cukup luas, anda bisa  meletakkan banyak tanaman maupun hiasan seperti lampu taman di taman anda. Keuntungan jika anda mempunyai area yang luas adalah bisa menjadikan taman sebagai area bermain untuk anak – anak ataupun menjadi tempat berkumpul keluarga yang sangat menyenangkan. Anda bisa  membuat konsep ruang tamu outdoor dan ruang makan outdoor jika anda mempunyai  lahan yang luas. Anda bisa meletakkan kursi santai, meja dan kursi makan maupun ayunan.
    • Namun jika anda hanya mempunyai area yang sempit, anda tidak perlu khawatir untuk membuat taman di sekitar rumah anda. Meskipun area yang anda punyai sempit, anda tetap bisa membuat taman yang minimalis. Cara yang paling mudah untuk mempercantik taman kecil anda adalah dengan meletakkan beberapa tanaman kecil di area yang akan dijadikan taman. Anda tidak dianjurkan untuk meletakkan banyak tanaman di taman kecil anda, karena hal tersebut dapat membuat taman anda menjadi sumpek.
    • Jadi sebaiknya bagi anda yang mempunyai  lahan kecil, pilihlah tanaman-tanaman yang berukuran kecil saja. Lebih baik lagi jika anda menanam sayuran dengan memakai pipa susun. Selain mempercantik taman, sayuran juga bisa dikonsumsi anda dan keluarga.
  • Perhatikan Tata Letak Taman Yang Anda Inginkan
    • Tata letak taman di sekitar rumah sangat tergantung pada luas area yang tersisa di sekitar rumah anda. Jika sisa lahan yang anda punyai ada di samping, maka buatlah taman di samping rumah, namun jika lahan yang tersisa ada di depan atau belakang, maka buatlah taman di depan atau di belakang rumah. Kebanyakan taman rumah diletakkan di bagian depan rumah, namun ada juga yang meletakkan taman di belakang dan samping rumah. Selain itu, taman yang diletakkan di lantai dua atau atap sebuah rumah menjadi tren sekarang ini.
    • Taman di dalam rumah atau yang biasa disebut sebagai indoor garden juga dapat memperindah interior rumah anda. Selain memperindah interior rumah, dapat juga member kesegaran pada mata.
  • Pilih Tema Taman Yang Sesuai Dengan Tema Rumah
    • Tema taman sebaiknya disesuaikan dengan tema desain rumah yang ingin dihadirkan pemilik rumah. Hal yang harus diperhatikan untuk menentukan tema taman rumah anda yaitu luas area yang akan dipakai sebagai taman. Jika lahan yang tersedia terbatas, bisa  memakai tema minimalis modern atau tema minimalis saja. Biasanya taman pada lahan sempit memakai tanaman gantung ataupun tanaman yang ditanam pada pipa – pipa yang cantik. Beberapa tema taman di antaranya taman klasik, taman modern, taman tradisional, taman gaya tropis, taman minimalis dan lain-lain.
    • Pada dasarnya semua tema taman sebenarnya dapat diaplikasikan di area yang luas maupun kecil, namun yang harus diperhatikan adalah tata letak dan jenis tanaman yang akan digunakan. Dengan memperhatikan dua hal tersebut, tema taman yang sesuai dengan keinginan anda akan mudah diterapkan di sekitar rumah anda.
  • Pemilihan Tanaman Yang Bagus
    • Pemilihan tanaman untuk menghiasi taman rumah anda menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Pemilihan tanaman ini menjadi hal penting, karena tanaman inilah yang akan menghiasi taman rumah anda. Untuk apa anda capek – capek memikirkan tema, lahan dan tata letak jika anda tidak memiliki gambaran pemilihan tanaman mana yang akan mengisi pekarangan anda.
    • Ketika anda membeli tanaman sebaiknya sesuaikan dengan luas area yang anda miliki yang akan anda jadikan taman. Jangan membeli tanaman yang terlalu banyak, jika anda memiliki area kecil. Sebelum ke toko tanaman, anda dapat membuat daftar tanaman yang anda sukai lalu membelinya. Tanaman yang sehat dan bermanfaat bisa menjadi pilihan untuk taman anda. Anda bisa  menkombinasikan bunga dan sayuran untuk mengisi taman anda. Jadi anda tidak bosan jika hanya melihat bunga saja di pekarangan anda, sayuran bisa menjadi sesuatu tampilan yang menarik, berbeda dan bermanfaat di taman anda.
  • Perhatikan Drainase Atau Saluran Air
    • Saluran air juga tidak kalah penting untuk membuat sebuah taman. Fungsi drainase adalah untuk mengatur dan menyerap kelebihan air supaya air tidak menggenang. Jika sistem penyerapan air nya bagus, maka tanaman di taman akan tumbuh dengan baik dan subur. Kondisi tanah yang bagus untuk pertumbuhan tanaman adalah kondisi normal. Jika tanah terlalu kering, maka tanah kurang memiliki unsur hara sehingga tanaman sulit untuk tumbuh subur. Sedangkan ika taman terlalu basah dan melesak ketika diinjak, maka akan menyebabkan akar tanaman cepat membusuk.

Kreasi Taman Minimalis di depan rumah

Fungsi taman yang ada di depan rumah tidak hanya untuk memberi keindahan dan kesejukan saja akan tetapi sebagai tempat resapan air pada rumah Anda. Sehingga hal ini tidak boleh disepelekan, didalam membangun tempat hunian sebaiknya Anda menyisakan sedikit lahan untuk membangun taman kecil, bisa di depan rumah, samping rumah, di berbagai sisi yang tersedia ruang terbuka.

Foto Gambar Kreasi Taman Kecil Depan Rumah Minimalis
Kreasi taman kecil depan rumah minimalis akan memberikan sebuah kesan yang indah, tidak gersang dan panas.

akan berbeda dengan rumah yang tidak mempunyai  taman akan terlihat sangat gersang dan suasana lingkungan rumah terasa panas ketika matahari cukup terik. Sehingga walaupun taman dengan ukuran kecil namun sangat berperan penting pada penampilan sebuah rumah. Sebenarnya membuat sebuah taman tidak harus berada depan rumah saja, Anda bisa membuat di belakang rumah, samping rumah atau di tengah. Tetapi untuk ukuran rumah minimalis, membuat taman di depan rumah menjadi wajib karena akan memberikan kesan yang lebih hidup pada rumah minimalis tersebut.

Foto Gambar Kreasi Taman Kecil Depan Rumah Minimalis

Anda bisa  membuat sendiri kreasi taman kecil depan rumah minimalis modern. Misalnya dengan menanam pohon yang rindang. Anda dapat  memakai  tanaman yang kecil sehingga tidak memakan tempat dan Anda sesuaikan dengan rumah minimalis. Dengan menanam sebuah pohon di depan rumah, maka rumah Anda akan terlihat teduh. Selain teduh rumah Anda yang berukuran minimalis akan terlihat lebih tegas dibanding dengan menanam jenis bunga-bungaan. Anda dapat memanfaatkan tanaman buah dalam pot (tabulampot) seperti tanaman buah mangga, sawo, kelengkeng atau dapat memakai  tanaman palem-paleman.
Foto Gambar Kreasi Taman Kecil Depan Rumah Minimalis

Untuk kreasi taman kecil yang berada di depan rumah minimalis sebaiknya ditanami rumput-rumputan agar terlihat lebih hijau. Anda bisa  memakai jenis rumput sesuai dengan selera Anda. Misalnya memakai  rumput Jepang. Selain memakai  rumput Anda juga bisa  memanfaatkan batu alam untuk memperindah taman kecil di rumah minimalis tersebut. Karena batu alam akan memberikan kesan alami. Anda bisa  mengatur batu alam tersebut disekeliling taman atau cukup menata pada bagian tepi tamannya  saja.

Foto Gambar Kreasi Taman Kecil Depan Rumah MinimalisFoto Gambar Kreasi Taman Kecil Depan Rumah Minimalis

Taman Yang bentuknya Indah Tak selamanya Harus Mahal, Berikut ini Cara membuat Taman dengan Harga yang murah meriah dengan mengembangkan unsur – unsur ide kreatif dari barang – barang bekas di sekitar kita, cara pembuatan dapat kita pelajari berikut ini :Setiap taman kadang-kadang memerlukan sedikit penyegaran. Jika Anda tidak mempunyai  ide bagaimana untuk menyegarkan taman Anda, kami mempunyai ide menakjubkan untuk Anda. Dengan begitu Anda akan menghemat uang, juga dalam waktu yang sama Anda akan mempunyai  dekorasi yang indah yang akan membuat taman Anda tempat yang unik untuk bersantai.

Sebenarny seluruh dan semua orang dapat  membuat taman tapi tentu sebelum anda membuat taman ada beberapa hal yang harus anda fahami terutama dari jenis tanaman hias yang akan di tanam di area taman yang dimana sebenarnya jasa profesional landscape sudah membagi jenis tanaman hias yang ditanam pada area taman kembali menjadi sub sub kategori., silahkan lihat denah gambar dan penjelasannya:

cara membuat taman

Sebelum anda meneruskan kami harap anda memahami terlebih dahulu mengenai jenis tanaman hias yang akan di tanaman pada area taman, karena pada awal penanaman tanaman pada area taman kita harus memilih jenis tanaman hias terlebih dahulu.

cara membuat taman

Media yang di Perlukan untuk membuat Taman Yang Murah.

  • tanah subur
  • material pertanian seperiti cangkul, skop, dll
  • tanaman hias

1. kenapa kita harus menggunakan tanah yang subur?

karena pada umumnya untuk membuat taman yang baik membutuhkan tanah yang subur dari itu usahakan lah memakai media tanam yang subur ini di karenakan pada awal pembuatan taman kita akan memakai media tanam tersebut sebagai bahan dasar dari pembuatan taman yang dimana tanah subur sangat rendah terhadap tingkat pembusukan

2. peralatan pertanian seperti skop dll
sangatlah diperlukan  ini di karenakan membuat taman tidak jauh berbeda
dari bertani yang dimana gulma harus di buang bersama akar, puing atau
brangkal harus di buang jauh karena tidak mungkin jika kita memasukan
puing pada area taman kecuali jika puing tersebut di pakai  sebagai
sarana resapan air, tapi untuk membuat resapan air pada area taman harus
memerlukan material tambahan dari itu kami tidak akan membahas lebih
jauh mengenai resapan air pada taman

cara membuat taman sekolah

3. tanaman hias yang anda gunakan pada area
taman harus di sesuaikan dengan konsep

4. tentukan biaya membuat taman yang

dimana pada bahasan tntukan anggaran membuat taman yang kami maksud
adalah menghitung volume kebutuhan tanaman hias pada area taman.

Mari kita memulai membuat taman Minimalis Kita yang Murah Meriah

Langkah pertama kita harus membuang semua gulma dan puing yang ada pada area taman

langkah ke 2 jika dirasa cukup bersih
silahkan taburkan tanah di atasnya dengan ketebalan min 10 cm dengan
kata lain 1 truk 5 kubik : 10cm = 50m2 , sederhanya 1 truk bisa di
pakai untuk 50m2

cara membuat taman rumah

 Perhatikan Kontur Taman Yang Akan Anda Bentuk

Langkah ke 3 kita akan membuat kontur taman

dan apa itu kontur taman? jika anda belum memahami kontur taman
silahkan anda kunjungi link pengertian kontur taman atau anda bisa
membaca singkatnya pada halaman ini, kontur taman adalah sebuah gundukan
tanah yang di bentung dengan mengikuti konsep taman yang di pakai pada
area taman yang dimana bentuk tersebut bisa menggunakan pola dasar
seperti  bulat, oval, dan sabit

cara membuat kontur taman

cara membuat kontur taman sangat sederhana
anda tinggal tumpukan tanah di daerah tertentu yang dimana kontur taman
harus di atur ukuran dan ketinggiannya CONTOH misalkan misalkan anda
akan membuat kontur taman di sudut dekat jendela yang dimana anda ingin
membuat kontur dengan ketinggian 50cm dengan lebar 200cm2 denga kata
lain tanah yang di butuhkan untuk membuat kontur tersebut adalah 1kubik

langkah – langkah membuat kontur taman

Tumpukanlah tanah di area yang telah anda
tentukan lalu injak gundukan tanah tersebut supaya menjadi padat yang
perlu dikatahui adalah jika anda ingin membuat kontur taman kontur
tersebut harus benar benar kokoh kokoh yang kami maksud adalah kontur
taman tersebut tidak mudah rusa jika di terpa air atau pun di tanaman
tanaman, untuk membuat kontur taman yang kokoh anda harus membuat kontur
taman dengan tingkat kepadatan yang tinggi salahsatu caranya adalah
menekan bagian kontur taman tersebut dengan cara
di injak

cara membuat taman

Membentuk
kontur taman yang dimaksud adalah salah satu proses yang dimana jika
sebuah bidang atau gundukan tanam yang di buat masih belum memiliki pola
dari itu pola tersebut harus anda buat setelah proses gundukan yang
tanah telah anda buat

langkahnya sederhana pertama kikislah
sebagian tanah yang memang ingin anda kikis fungsinya sebagai
pembentukan kontur contoh bila yang anda inginkan bentuk kontur
segitiga tapi bentuk kontur awal masih bulat anda tinggal mengikisnya
dengan perlahan.

cara membuat taman

 

Bila kontur taman rusak setelah pengikisan anda tinggal menambal lagi tanah di atasnya ingat sampai padat ulangi seperti itu bila kontur taman rusak cara seperti ini berlaku bila kontur taman belum di tanami tanaman kecil.

Cara menanam tanaman di atas taman Buatan

Jika dirasa kontur tanaman dan tanah sudah selesai di buat anda tinggal menanam tanaman dan pohon tanaman apa yang harus pertama di tanam, tanaman pertama yang harus anda tanam adalah pohon besar ini agar tanaman yang kecil tidak terinjak.

Caranya sama anda tinggal buat lubang dengan cangkul sesuai dengan ukuran akar pohon MISALKAN: akar pohon berdiameter 50cm2 anda tinggal buat lombang dengan lebar 70cm2. KENAPA. karena sisa yang 20cm2 akan kita berikan pupuk organik dan memudahkan kita memasukan akar pohon kedalam lombang, Langkah selanjutnya anda tinggal menanam jenis tanaman yang sudah anda pilih di bawah pohon yang sudah tertanam buatlah kelompok jenis tanaman yang akan di tanam bagian pengelompokan ini penting karena akan menentukan nilai estetika tanaman yang anda buat misalkan anda memilih jenis tanaman puring di area tersebut jangan mencampur secara aduk dengan jenis tanaman yang lainnya usahakan untuk menanam jenis tanaman mulailah dari tanaman yang  paling tinggi dan mulailah menanam dari belakang ini di karenakan  supaya jenis tanaman yang lainnya tidak terinjak.

jika semua tanaman anda sudah tertanam dengan rapih maka anda tinggal menanam rumput, saya sarankan bagi anda yang pemula untuk membeli rumput lempeng ini di karenakan bila anda menanam rumput di tandur harus memiliki ke ahlian khusus.

Jika rumput lengpeng sudah tersedia anda tinggal menanamnya, menyimpan rumput lalu pukut dengan alat keras atau sejenisnya, sederhananya anggaplah lempengan rumput tersebut sebagai kramik rumah  simpan satu persatu lempengan tersebut rumput dengan rapih, lalu yang terahir pukul rumput itu dengan keras dengan menggunakan balok, tidak usah khawatir itu cara yang di pakai untuk  menanam rumput fungsinya agar tanah yang di bawa oleh rumput dan tanah  yang ada pada area taman menyatu.

Tanaman Yang Cocok untuk taman Minimalis

Jenis tanaman apa saja yang di gunakan untuk taman minimalis? ada beberapa jenis pohon dan tanaman yang sering sering di gunakan oleh tukang taman untuk membuat konsep taman minimalis

  • pangkas kuning
  • mirten
  • lantana
  • palem sikas
  • palem bambu
  • pucuk merah
  • maranta bali
  • palem bambu
  • palem kuning
  • kamboja bali
  • palem sikas

Simulasi Perhitungan Biaya Membuat Taman Minimalis Yang Murah

Mari kita hitung bersama biaya pembuatan taman minimalis, kita akan coba membahas biaya pembuatan taman dengan area 100m2 supaya lebih mudah di fahami oleh anda.

Jika bibit tanaman hias sudah anda tentukan kita akan mulai menghitung seberapa banyak kebutuhan bibit tanaman hias yang akan di tanam pada konsep taman minimalis dengan area 100m2.

Area taman yang akan di tanaman pada konsep taman minimalis membutuhkan bibit tanaman hias 50% dari total area taman itu berarti kebutuhan tanaman dari area 100m2 :50%= 50m2, dengan kata lain area yang akan di tanami bibit tanaman hias adalah 50m2, kenapa volume tanaman yang di tanam pada
area taman minimalis lebih banyak, ini dikarenakan space yang di sediakan lebih kecil dari pada konsep taman lain yang dimana dominasi tanaman hias harus lebih di utamakan karena dari faktor tanaman hiaslah estetika bangunan rumah akan terjaga kewibawaannya.

Cara menghitung volume tanaman kecil

  • Kita harus mengetahui dulu ukuran diameter tanaman, biasanya diameter tanaman hias adalah 16 sd 17 cm dengan ukuran polybag 25×25.
  • Dengan kata lain kebutuhan tanaman per1 m2 adalah 16cm : 100m2 = 6,25bibit tanaman supaya lebih mudah dari angka 6,25 kita genapkan menjadi 6 bibit tanaman hias jadi sederhananya adalah 6 bibit tanaman X 6 bibit tanaman = 36 bibit tanaman hias per 1m2.
  • Jika angka kebutuhan 1m2 meter 36 bibit tanaman X 50m2 = 1800 bibit tanaman untuk kebutuhan 50m2, jadi total bibit tanaman hias kecil yang akan di pakai untuk  area konsep taman minimalis dengan luas total 100m2 adalah 1800 bibit tanaman.

Berikut adalah rumus sederhananya

  • total area 100m2 : 50%= 50m2
  • kebutuhan per1m2 36 bibit tanaman
  • kebutuhan per 50m2 1800 bibit tanaman
  • total area 100m2 kebutuhan bibit tanaman 1800
  • 100m2:50%=50m2 x36 bibit = 1800 bibit tanaman ( 100cm : 16 =6,25 yang di genapkan menjadi 6 bibit tanaman untuk 1 meter panjang.
  • jadi  6X6=36 bibit tanaman untuk 1m2
  • 36 bibit tanaman X 50m2 untuk area taman = 1800 bibit tanaman untuk area taman 100m2
  • Total bibit tanaman yang diperlukan  adalah 1800 bibit tanaman hias untuk area yang akan di tanami tanaman pada konsep taman minimalis.
  • Setelah bibit tanaman hias kecil sudah terhitung kita akan menghitung tanaman besar atau pohon saya akan menggunakan contoh pohon palem ekor tupai, untuk menghitung kebutuhan  pohon pada area taman dengan luas 100m2:50%=50m2 yang akan di tanami pohon, sebenarnya untuk menghitung pohon tidak terlalu sulit. karena yang akan di hitung adalah jarak penanaman, biasanya jasa pembuat taman akan menanam pohon palem ekor tupai dengan jarak 4m2 1 pohon jadi untuk menghitungnya hanya meenggunakan pembagian 50 : 4 = 12,5 pohon ( atau akan di genapkan menjadi 12 pohon) contoh: 50m2 : 4meter jarak penanaman = 12,5 pohon palem ekor tupai yang bisa kita genapkan menjadi 12 pohon. Total pohon yang akan di tanami adalah 12 pohon
  • total seluruh bibit tanaman hias dan pohon yang akan di tanam pada area taman minimalis dengan luas 100m2 adalah 1812 bibit tanaman hias.
  • Yang terakhir adalah yaitu  menghitung kebutuhan rumput rumput yang akan di tanam pada konsep taman minimalis dengan area 100m2 adalah 50m2 karena yang 50m2 tadi sudah kita pakai untuk bibit tanaman hias hitungan harga tanaman kecil 1800 bibit X …= hitungan harga pohon 12 pohon x …. = total..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *