Posted on

TANJUNG AAN

TANJUNG AAN

Lombok memang punya banyak pantai yang indah dan mengagumkan, terlebih pantai yang ada di bagian selatan Pulau lombok ini. Merupakan satu dari sekian pantai tyang harus masuk di dalam daftar rincian wisata ke Lombok anda,yaitu Pantai Tanjung Aan, di tempat asal Sang legenda Puteri Mandalika ini pantainya ini langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, dan mempunyai garis pantai sepanjang kurang lebih 2 Kilometer. Satu hal yang sangat berbeda adalah saat kaki Anda menginjak Pantai Tanjung Aan ini, yaitu bentuk pasirnya.Tak seperti Pantai yang ada di Lombok lainnya, pasir Pantai Tanjung Aan berbentuk bulat seperti merica, menarik bukan? Jarang lo ada pasir yang berbentuk sperti ini di temukaan.

Pantai Tanjung Aan ini sangat tepat buat Anda yang suka dengan ber-snorkling dan berenang. Karena ombaknya yang cukup tenang & aman dengan kedalaman yang relatif dangkal. Jika Anda lupa membawa peralatan untuk snorkel anda, ada tersedia tempat sewaan alat snorkling di tepi pantai. Tetapi saat menjelang sore hari permukaan air laut disini akan mulai naik, menjadikan Pantai Tanjung Aan ini tempat yang tepat untuk berselancar. Di sekitaran pantai sini memang banyak tempat untuk surfing dan snorkeling.
Pantai Tanjung Aan ini dikelilingi oleh beberapa bukit untuk melihat pemandangan dari atasnya anda bisa dengan mudah mencapai bukit tersebut karena bukit tersebut tidak terlalu tinggi, jika ingin melihat pemandangan Pantai Aan yang indah dari ketinggian. Di sekitaran wisata pantai Lombok ini, anda akan menemui ada beberapa payung kayu dengan rajutan khas jerami sebagai atapnya. Salah satu cara untuk dapat menikmati Pantai Tanjung Aan ini bisa dengan berbaring di bawah payung tersebut, sambil menikmati kelapa muda yang bisa anda beli di sekitar pantai yang berjejer. Dan anda juga bisa mengunjungi beberapa restoran yang tersedia berbagai macam masakan untuk bisa mencoba menu-menu masakan setempat, sambil menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan yang menakjubkan dan indah.

Saat musim liburan panjang Pantai Tanjung Aan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik. Namun jika anda datang berkunjung saat bulan Februari, pantai tanjung aan ini akan banyak dengan wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. “Nyale” sendiri merupakan sebutan masyarakat setempat untuk jenis cacing laut yang muncul pada saat tertentu di daerah Pantai Tanjung Aan dan ada di beberapa tempat lainnya di Indonesia (Sumbawa, Maluku, dan terutama di Lombok). Setidaknya ada 4 spesies Nyale dari Famili Eunicidae, yaitu Eunice siciliensis, Eunice viridis, Licydice collaris, dan juga 1 spesies dari Nyale Famili Nereidae yaitu Dendronereides heteropoda.

Pantai Tanjung Aan di Pulau Lombok ini letaknya sekitar 75 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 3 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Mataram, perjalanan akan Anda tempuh selama kurang lebih 1,5 jam. Dengan rute Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Batunyale – Sengkol – Rambitan – Tj.Aan

Ada juga beberapa pantai yang bisa Anda kunjungi selain tanjung aan ketika sedang berlibur ke Lombok. Namun, jika ingin mencari pantai yang masih lumayan sepi alami dan tidak mainstream, Anda juga bisa menjadikan pantai-pantai yang berada di kabupaten Lombok Tengah ini sebagai destinasi pilihan liburan anda. Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang memiliki banyak pantai sebagian besar mayoritas masih cukup sepi dan alami menjadikan salah satu pantai yang cukup terkenal disana adalah pantai Kuta. Namanya memang sama dengan pantai yang ada di Bali. Tapi, tentu saja keduanya ini berada di lokasi yang berbeda-beda
Berikut ini adalah daftar pantai – pantai yang ada di kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang akan membuat liburan Anda menjadi semakin berkesan

1. Pantai Selong Belanak
Nama pantai ini diambil dari asal nama desa setempat pantai berada yakni Selong Belanak. Saat sampai di pantai ini anda akan disambut dengan pemandangan air biru laut yang sangat jernih dan menyejukkan hati,ciyelah. Pantai ini cukup luas dan sangat landai. Jika anda berlibur kesini rombongan, rasanya akan sayang jika tidak dimanfaatkan untuk bermain bola. Luasnya pantai ini membuatnya menjadi tempat yang asyik untuk bermain bola sambil berbasah-basahan, dan jangan lupa untuk mengabadikann foto setiap momentntya.
Pantai ini dikelilingi juga oleh bukit-bukit yang membuat pemandangan semakin menggoda. Banyak terdapat bebatuan karang yang berlokasi di bagian timur pantai, anda bisa duduk-duduk santai di bebatuan tersebut sambil menikmati indahnya pemandangan pantai dan mengopi-ngopi.

2. Pantai Mawun
Tak jauh seperti pantai Selong Belanak, kekaguman akan langsung terpancar ketika saat pertama kali melihat birunya air di pantai Mawun dan benar-benar biru. Pasir putih di pantai Mawun ini begitu lembut seperti tepung. Pantai ini dikelilingi oleh bukit-bukit yang warnanya akan berubah sesuai dengan musim berjalan. Pada musim penghujan warna bukit akan tampak hijau menyejukkan mata sedangkan pada musim kemarau warna bukit tersebut akan berubah menjadi kecoklatan dan gersang, namun tetap indah dan mempunyai ciri khas.

Di ujung sebelah selatannya ada sebuah bukit yang cukup tinggi yang bisa untuk didaki jika mau dan kuat. Dari ketinggian atas bukit inianda akan bisa menyaksikan pemandangan biru lautan lepas. Pantai ini tidak terlalu luas dan cukup dalam di bagian pinggirnya. Banyak pengunjung yang datang kesini untuk berselancar. Terdapat sebuah pohon di pinggir pantai yang bisa digunakan pengunjung untuk berteduh sembari menikmati pemandangan birunya air laut. Bagaimana ? indah bukan ?

3.Pantai Mawi Lombok (Mawi Beach Lombok)
Letaknya kurang lebih 40 menit perjalanan dari arah barat Pantai Kuta menuju Pantai Selong Belanak. Pemandangan pantai yang indah dengan pasir putih membentang cocok untuk rekreasi. Mawi beach terletak sekitar 5 km dari pantai selong belanak. Jalan menuju pantai mawi ini tak terlalu bagus, masih berupa jalan tanah ajaa. Tapi setelah sampai di pantai mawi, semua yang telah kita rasakan selama perjalanan akan sirna setelah melihat indahnya pantai mawi ini lo.
Mawi adalah salah satu tempat di Pulau Lombok yang disukai oleh para surfer baik surfer lokal maupun surfer dari manca negara. Karena ketinggian ombak yang ada di pantai mawi ini sangat cocok untuk suasana selancar.

Oke mungkin sampai disini aja yaa,hhe sampai jumpa di artikel selanjutnya ..lombok itu indah

Leave a Reply

Your email address will not be published.