Posted on

Wisata Lombok: PANTAI SENGGIGI

Wisata Lombok: PANTAI SENGGIGI

Wilayah senggigi dibentuk menjadi beberapa daerah yang berbeda dan berdekatan dengan jalur/jalan menuju ke pantai. Masing-masing daerah memiliki batas-batas yang tepat namun tampak agak tidak jelas. Sementara pembangunan dapat ditemukan di beberapa daerah, tanah yang membentang panjang belum dikembangkan secara terbuka. Restauran besar berada di pusat kota senggigi. Para pengunjung pertama kali menyadari bahwa adanya daerah yang berbeda. Lokasi hotel di Senggigi cukup relatif yang dimana para pengunjung lebih mudah dapat taksi dan angkutan umun di daerah pusat kota.

Mangsit

Mangsit ada di sebelah utara dari senggigi kota, senggigi kota ini memiliki hotel strip di sepanjang pantai yang indah dan ada perahu tradisional yang cantik terdiam di atas pasir. Mangsit adalah pintu gerbang untuk menuju daerah Pulau Gili, Tanjung dan Gunung Rinjani.

Memilih Penginapan atau Hotel di Lokasi ini juga merupakan pilihan tempat peristirahatan yang tepat, tetapi ada beberapa kegiatan wisata lainnya, seperti belanja dan ada juga dunia malam. Mangsit yang ada di Senggigi lebih cepat dan mudah dicapai dengan taksi atau bemo publik.

Kerandangan

Kerandangan berada di sebuah teluk yang tenang dan besar dan daerahnya ad di sebelah utara dari kota Senggigi. Ada beberapa penyewaan villa di belakang pantai.

Pusat Kota Pantai Senggigi

Di pusat senggigi tidak ada orang turist kota yang ditemukan seperti di Bali, banyak turis yang berbelanja dan berosialisasi di bar dan restoran. Namun, ada bar, tempat main biliar, TV, area tempat relax dan restoran yang berada di sisi pantai.

Banyak pengunjung yang menggunakan senggigi menjadi tempat kemah/berkemah dan para pengunjung dapat meluangkan waktu untuk melakukan perjalanan ke air terjun, Pulau Gili atau hanya pergi menjelajahi desa yang otentik, kuil dan hutan yang bisa dilihat dalam perjalanan.

Batu Bolong

Batu Bolong berada di sebelah selatan Senggigi dan memiliki hotel, kafe, restoran dan beberapa tempat karaoke dan gudang besar seperti tempat klub malam dan itu semua terletak di sepanjang jalan pantai. Sebuah Restoran dan hotel kecil berada di wilayah Senggigi. Sebagian besar ada di selatan kota Senggigi. Di lembah dan di belakang Batu Bolong ada tempat catering, kompleks perumahan besar untuk penduduk jangka panjang Indonesia dan ekspatriat dan pengunjung. Pada siang hari, menggunakan taksi atau bemo, bisa mengakses daerah senggigi pusat lebih cepat. Yang kedua, Mangsit dan Batu Bolong lebih difokuskan pada hotel yang terletak di depan pantai yang dimana pada malam hari, senggigi memiliki suasana yang lebih hidup dengan adanya music dan orang bergerak atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Menempuh jalan ke senggigi dari Kota Mataram akan membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit. Tersedia taksi dari Bandara dan itu tersedia untuk yang ada koneke dari Bandara. Taksi dari Bandara hanya untuk penumpang yang tiba di Bandara dan membutuhkan transportasi yang bertujuan untuk mengelilingi pulau. Mereka tidak diizinkan untuk membawa penumpang ke Bandara ketika berangkat pulang.

Bandara Internasional Lombok (BIL) dibuka pada tgl 1 Oktober 2011. Bandara ini baru di Praya dan yang telah menggantikan operasi Bandara Internasional Selaparang yaitu Bandara Selaparang Mataram yang ditutup untuk operasi maskapai pada tgl 30 September 2011. Bandara yang baru ini terletak di dekat kota Praya di Jl. Raya Tanak Awu Lombok Tengah yaitu yang berada di Lombok Selatan. Dan sekitar 40 km berada di sebelah selatan dari Mataram dan 55 km dari sebelah tenggara didirikan polisi pariwisata Senggigi Lombok Barat.

Alat Transportasi

Resmi diumumkan bahwa kebutuhan penumpang tiba di Bandara Internasional Lombok di dekat Praya (BIL), pelayanan transportasi menggunakan taksi di Bandara, Taksi tersebut disediakan oleh Koperasi Taksi Bandara dan yang sebelumnya menjabat menjadi Bandara Selaparang, Bluebird, meteran taksi dan ekspres meteran taksi. Biaya taksi dari Bandara Internasional Lombok menuju ke Senggigi sekitar IDR135,000-155,000.

Biaya taksi dari Mandalika menuju Terminal Bus di Sweta di pinggiran timur Mataram sekitar IDR60,000-65,000. Biaya taksi ditentukan oleh waktu dan jarak.

IDR17,500, biaya tambahan taksi dari bandara dibayar ketika berangkat dari bandara dan pembayaran di lakukan di dalam taksi. Kupon yang tersedia di counter Taxi Service berada di luar pintu terminal bandara.

Bus Bandara

Layanan bus umum tersedia dari Bandara Internasional Lombok untuk layanan/melayani penumpang yang ingin melakukan perjalanan ke dan dari Mataram atau Senggigi, baik menggunakan 8 Bus Damri yang melayani rute perjalanan dan memiliki kapasitas ber-AC dan kapasitas untuk 40 orang.

Layanan bus DAMRI berangkat dari Senggigi sekitar pukul 03:00 danberangkat setiap 1,5 jam sampai keberangkatan terakhir dari Senggigi pukul 20.00. Bus dimaksudkan untuk mengambil sekitar 1,5 jam tapi waktu perjalanan mungkin lebih dekat dengan 2jam.

Layanan DAMRI juga berangkat dari terminal Mandalika setiap jam dan dilanjutkan ke bandara, dimulai pada pukul 04:00 dengan bus terakhir yang meninggalkan terminal pada pukul 19.00. Tarif dari / ke Senggigi itu IDR30,000 dan dari Mandalika terminal itu IDR15,000. Bus tiba dan berangkat dari selatan Pasar Seni di Jl. Raya Senggigi dan dari depan bangunan terminal di bandara. Harga tiket yang dibeli di bus dari Bandara adalah IDR30,000 (Nov 2013).

Pantai di dekat Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong berjarak 2 km dari sebelah selatan Senggigi. Tempat Ibadah Orang Hindu yang terletak di Tanjung kecil yang menghadap pantai Senggigi, dinamai batu bolong. Anda tidak perlu masuk kedalam pura ini karena dari luar pura saat ini sudah didirikan gardu pandang yang luas dan lebar untuk menikmati matahari terbenam dan melakkukan aktifitas foto. Matahari terbenam ynag anda lihat akan terlihat lebih mengesankan diluar pura karena bentang alam yang lebih luas dan sudut pengambilan fotografi yang lebih mudah anda ubah ubah jika anda ingin merubah posisi atau berpindah lokasi foto.

Pantai Malimbu & Kerandangan

Pada Minggu sore Pantai Kerandangan merupakan daerah wisata yang sangat populer bagi warga Lombok. Mereka pergi ke sana untuk berkelana dan bersosialisasi atau duduk di pantai yang berpasir atau daerah yang berumput di belakang warung. Orang sering berenang di laut kemudian makan sate dan makan makanan ringan lainnya yang dibuat oleh desa Kerandangan dan dijual di warung tepi pantai. Ada juga dua tempat kecil dan lebih mahal dengan makanan yang berada di luar, ada Baruga kecil dengan bantal besar dan layanan untuk santai atau relax.

Mereka menetapkan untuk pantai dibuka setiap hari dan waktu malam. Menu lengkap tersedia di dua tempat ini dan mereka menawarkan alternatif yang menarik untuk persembahan kota Senggigi. Daerah ini Baru-baru di akses dan ini menjadi sedikit kurang jelas dan jumlah warung pinggir pantai pun telah berkurang karena sebidang tanah luas yang dicaplok untuk pembangunan baru. Carilah pintu masuk menuju ujung utara Teluk.

Senggigi adalah salah satu titik peluncuran populer untuk kegiatan lain di Lombok. Jika anda dari Mataram, anda dapat mengunjungi beberapa lokasi lain dan kembali ke hotel setiap malam. Tour operator dapat mengatur perjalanan ini untuk Anda dan biaya nya sekitar Rp 350.000, untuk perjalanan yang termurah dan harinya cukup singkat dan itu termasuk mobil pribadi dan sopir. Untuk melakukan daerah kunjungan ke lokasi yang lebih jauh, biayanya sekitar Rp 800,000-1,000,000 dan kemungkinan besar akan mencakup panduan untuk sehari. Perjalanan semalam sangat mudah diatur dan biaya akomodasi yang diperlukan untuk panduan dan sopir harus cukup sederhana.

Kunjungan Satu Hari

Kunjungan populer yang bisa dilakukan dalam satu hari yaitu meliputi perjalanan:

  • Kunjungan desa, termasuk tenun desa dan kerajinan-produsen lain.
  • Kunjungan air terjun dilakukan selama tahun 2011dan beberapa tempat baru yang sangat menarik seperti air terjun dan desa tujuan lainnya sedang dibuka untuk kunjungan wisata di bagian utara pulau.
  • Untuk menuju daerah wisata dapat menggunakan mobil untuk menuju utara pantai Senggigi dan baru-baru ini ditingkatkan secara luas dan mengubah rute perjalanan popular menjadi pemandangan yang menakjubkan dari kampung yang sangat tenang atau sejuk, kegiatan tradisional yang ada di pedesaan, dekat dengan pantai yang terpencil dan sawah hijau yang terang dengan latar belakang gunung. Ini memiliki tanjakan yang curam selama ada beberapa tanjung yang memberikan pemandangan pantai dan Selat Lombok.
  • Mengendarai ke arah utara pantai senggigi dan itu merupakan tujuan wisata popular bagi pasangan local muda dan keluarga dan biasanya acara pada hari minggu. Ini adalah pemandangan yang biasanya cukup terang dan menakjubkan dan dilayani oleh toko-toko kecil tradisional dan warung yang berada di pinggir jalan. Hari minggu biasanya sangat ramai di jalan-jalan terutama saat Matahari terbenam.
Leave a Reply

Your email address will not be published.