Posted on

Yuk Wisata ke Pulau Gili Gosong #Lombok

Gili Gosong

Perjalanan dimulai dari Mataram – Kediri – Praya – Mujur – Ganti – Keruak – Tanjung Luar. Waktu tempuh perjalanan dari Mataram ke Tanjung Luar sekitar 2,5 jam menggunakan mobil. Pelabuhan Tanjung Luar Lotim, biaya nyebrang Rp400rb/boat kecil, Rp600rb/boat besar (pakai atap). Juka anda merasa keberatan membawa makanan dari rumah, boatman menyediakan menu2 seafood yang siap untuk dinikmati hanya berkisar Rp65rb/org.

gosong menurut wikipedia adalah gili Gosong pasir, atau gosong saja, adalah bentukan daratan yang terkurung atau menjorok pada suatu perairan, biasanya terbentuk dari pasir, geluh dan atau kerikil. Bentukan geografi ini terjadi akibat adanya aliran dangkal dan sempit sehingga memungkinkan pengendapan material ringan dan mengarah pada pendangkalan tubuh air. Gosong dapat terbentuk di laut maupun danau. Ukuran gosong, yang biasanya memanjang, dapat beberapa meter hingga ratusan kilometer, membentuk “penghalang” pantai. Gosong dapat tenggelam bila terjadi pasang naik dan membahayakan pelayaran.

Gosong pasir di Gili Gosong menuju Gili Kere
Panorama alam perairan Tanjung Luar Lombok Timur terpampang indah dari Gili Gosong. Gagahnya Gunung Rinjani diselimuti awan putih dan langit biru semakin mempesona siapapun yang memandangnya. Ukuran Gili Gosong yang ‘hanya’ seluas lapangan futsal membuat wisatawan merasa seperti tersesat di pulau pasir kecil yang dikelilingi lautan luas. Aktivitas yang bisa dilakukan yaitu berenang, berjemur di pasir, dan foto-foto di sekeliling pulau kecil ini. Saat air laut surut, kita bisa melihat jalan pasir yang tembus sampai Gili Kere di seberangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.