Posted on

Jenis-Jenis Kayu Gaharu

Jenis-Jenis Kayu Gaharu

Dalam beberapa klasifikasi atau pengelompokan tumbuhan, tumbuhan penghasil gaharu ini dikelompkan atau masuk kedalam  divisi  Spermatophyta dan kelas Dicotyledoneae. Tumbuhan yang dapat menghasilkan pohon gaharu ini masuk dalam keluarga Thymeleaceae, Leguminoceae, dan Euforbiaceae.

Dri ketiga jenis yanga da diatas yang dapat menghasilkan gahru dengan kualitas terbaik yakni Genus Aquilaria, dari kelompok Aquilaria terdiri dari 3 spesies yang memiliki potensi menghasilkan gaharu dengan kualitas tinggi : Aquilaria beccanrian, Aquilaria microcarpa, dan Aquilaria malaccensis Lamk.

1. Wilayah Penghasil Gaharu di Indonesia

Jika dilihat secara garis besar wilayah dengan suhu yang tinggi atau panas cenderung memiliki potensi untukmenghasilkan tanaman ini dan kualis yang dihasilkan bisa sangat tinggi. Suhu yang baik yaitu kisaran 28º-34ºC, dengan kelembaban 60-80%, dan curah hujan 1.000-2.000mm/tahun.

2. Ciri-ciri Kayu Gaharu

Secara umum ciri yang paling menonjol dari kayu gaharu ini adalah bisa hidup pada ketinggian 35-40 m dengan diameter yang dimiliki yaitu 60-70 cm.

Terdapat buah yang berbentuk oval yang tumbuh pada ujung pohon ini. Buahnya berwarna kemerahan dengan bulu-bulu halus yang ada pada permukaannya.

Ciri pohon gaharu dengan kualitas tinggi ada pada bagian tengah atau biasa disebut gubal yang berwarna hitam pekat dan jika dipoting akan mengeluarkan aroma yang sangat harum. Kebalikan dari gaharu yang berkualitas yangkni gaharu dengan kualitas rendah ditandai dengan gubalnya yang berwana coklat dan aroma yang dikeluarkan tidak terlalu kuat.

3. Kayu Gaharu Buaya

Untuk Jenis gaharu buaya yang satu ini harga jualnya relative lebih murah jika dibandingkandengan jenis yang lainnya, karena wanginya tidak begitu kuat seperti halnya gaharu beringin. Sedangkan untuk harganya bisa berada pada  kisaran Rp 500.000 dengan berat 500gram.

4. Kayu Gaharu Kalimantan

Selanjutnya Jenis gaharu Kalimantan ini banyak tumbuh dan ditemukan  di wilayah Indonesia bagian Timur, di antaranya  yakni Kalimantan dan Papua. dan untuk harga gaharu Kalimantan yang kisaran asli gelondongan Rp 4.000.000 dengan diameter 45cm.

5. Kayu Gaharu Hitam

Jenis Gaharu hitam atau yang bisa disebut gubal ini memiliki harganya sangat mahal disbanding yang lain, dikarenakan wanginya yang sangat kuat. Untuk harga dengan jenis ini yaitu kisaran Rp 20.000 sd Rp 35.000/ untuk per gramnya. Dibandingkan dengan harga per kilo nya kayu gaharu dengan kelas chip hitam – medang hitam bisa mencapai angka kisaran Rp 20.000.000 dan untuk gubalnya bisa mencapai Rp 35.000.000/kg.