Posted on

Pantai Kuta Lombok: Wisata Bahari Terindah di Pulau Lombok

PANTAI KUTA LOMBOK

kuta beach lombok 002

Kuta adalah sebuah kota pesisir di selatan pulau Lombok di Indonesia. Pemandangan spektakuler, Keindahan Pantai Kuta Lombok tak hanya ada di Pulau Bali namun juga ada di Pulau Lombok, Pantai Kuta Lombok yang berada di Desa Kuta Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini tak kalah cantik dengan Pantai Kuta Bali.

Pantai Kuta Lombok memiliki Air Laut yang jernih dengan hamparan Pasir Putih yang sangat indah, saking jernihnya Anda bisa melihat pemandangan di bawah Laut dari atas permukaan Air. Di Pantai Kuta Lombok ini terdapat bukit yang indah yang bernama Bukit Mandalika, para Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Indah di Lombok ini biasanya melakukan berbagai aktifitas air seperti berenang, bermain jet ski, bermain banana boat dan menyelam.

Selain menikmati berbagai olahraga air yang menyenangkan Anda bisa menyaksikan Upacara Bau Nyale di sering diadakan Masyarakat setempat di sekitar Pantai Seger. Upacara bau nyale merupakan tradisi penangkapan cacing nyale yang dilakukan masyarakat setempat untuk mengenang kisah Putri mandalika yang diperebutkan para Pria. Untuk menuju ke Pantai Kuta Lombok, jika Anda dari Kota Mataram atau Pantai Senggigi Anda hanya memerlukan waktu sekitar Satu jam saja.

Panorama Pantai Kuta

aerial-pantai-kuta-lombok-indonesia
aerial-pantai-kuta-lombok-indonesia

Kuta memiliki berbagai macam akomodasi dan restoran, mulai dari penawaran backpacker ke sebuah resor bintang empat untuk wisatawan lebih kaya. Banyak orang datang ke Kuta hanya untuk bersantai, berbaring di pantai, menyewa sepeda motor untuk melihat-lihat, atau hanya bersantai dengan membaca buku atau mengambil tidur siang di sore hari. Wisatawan dapat berjalan di sepanjang jalan-jalan tanah dan melihat desa dan melakukan kegiatan sehari-hari mereka. Untuk menuju Bandara Internasional Lombok adalah sekitar 30 menit perjalanan jika tak ada kendala. Wisata Pantai Pulau Lombok memang memiliki segudang pantai yang mengagumkan, terlebih pantai di wilayah selatan Pulau lombok. Satu tempat yang harus masuk dalam daftar wisata Lombok Anda

Tanjung Aan

tanjung aan
tanjung aan

Pantai Tanjung Aan langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, dan memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 2 Kilometer. Satu hal yang berbeda saat kaki Anda menginjak wisata Pantai Tanjung Aan, yaitu pasirnya. Tak seperti Pantai Lombok lainnya, pasir Pantai Tanjung Aan berbentuk bulat seperti merica. Pantai Tanjung Aan sangat tepat bagi Anda yang gemar ber-snorkling dan berenang.

tanjung aan
tanjung aan

Karena ombaknya yang cukup tenang dengan kedalaman yang relatif dangkal. Jika Anda lupa membawa peralatan Anda, tersedia persewaan alat snorkling di tepi pantai. Menjelang sore permukaan air laut akan mulai naik, menjadikan Pantai Tanjung Aan ini tempat yang tepat untuk berselancar. Pantai Tanjung Aan ini dikelilingi oleh beberapa bukit.

Anda bisa dengan mudah mencapai bukit tersebut, bila ingin melihat penamdangan Pantai Aan yang indah dari ketinggian. Di sekitar wisata pantai Lombok ini, Anda akan menemui beberapa payung kayu dengan rajutan jerami sebagai atapnya. Salah satu cara untuk menikmati Pantai Tanjung Aan adalah dengan berbaring di bawah payung tersebut, sembari menikmati kelapa muda yang bisa Anda beli di sekitar pantai. Anda juga bisa mengunjungi deretan restoran yang menyediakan berbagai macam masakan. Anda bisa mencoba menu-menu masakan setempat, sambil menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan yang menakjubkan.

Saat musim liburan, Pantai Tanjung Aan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik. Namun jika Anda berkunjung pada bulan Februari, pantai ini akan penuh dengan wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Karena pada bulan tersebut ada beberapa event untuk promosi pariwisata lombok. Wisata Pantai Tanjung Aan di Pulau Lombok terletak sekitar 75 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 3 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Mataram, perjalanan akan Anda tempuh selama kurang lebih 1,5 jam. Dengan rute Mataram – Cakranegara – Kediri – Praya – Batunyale – Sengkol – Rambitan – Sade – Kuta dan terakhir Tanjung Aan. Disarankan agar Anda menyewa sepeda motor atau mobil dari Kota Mataram. Karena sarana angkutan umum akan membuang waktu Anda dan relatif lebih repot. Setelah sampai di Pantai Tanjung Aan, pastikan Anda menyempatkan waktu untuk mengunjungi pantai-pantai di sekitarnya.

Perjalanan Dari Lembar

Tarif taksi dari Lembar ke Kuta akan menjadi sekitar Rp250.000. Jika menggunakan mobil yang disewa memastikan bahwa harga jelas sebelum Anda memasukkan kendaraan dan berangkat dan agar sama-sama nyaman saat perjalanan nanti pastikan negosiasi harga dahulu.

Lokasi Wisata di Kuta Lombok

kuta lombok 001

Di desa Kuta, semua fasilitas lokal berada dalam jarak dekat dengan berjalan kaki saja. Untuk transportasi lokal di dalam dan sekitar Kuta Anda dapat menggunakan ojek (sepeda motor dengan pengendara). Untuk berkeliling sekitaran kuta, ada juga pantai tanjung aan dari pantai kuta jaraknya sekitar 20menit untuk sampai ke pantai tanjung aan ini, pantai yang mempunyai ciri khas pasir berbentuk seperti merica ini adalah salah satu yang ada di dunia. Jika anda menginap di Senggigi atau Mataram, cara termudah untuk menuju ke Pantai Kuta adalah dengan menyewa harian taksi-taksi resmi yang banyak beroperasi di Mataram dan sekitarnya.

Perjalanan ke Pantai Kuta dari Senggigi memakan waktu sekita 1,5 jam, melalui kota Mataram. Sebaiknya anda rencanakan dulu jam keberangkatan anda, termasuk di mana anda akan makan siang. Jika perlu, tanyakan juga dengan petugas hotel atau supir taksi, tempat-tempat lain yang mungkin anda ingin kunjungi sekaligus. Pantai Kuta Lombok ini memiliki pasir putih serta lautan biru yang membentuk setengah lingkaran dan berkelok serta dikelilingi oleh hijaunya perbukitan yang menambah keindahan pantai ini. Namun keunikan dari Pantai Kuta Lombok adalah butiran-butiran pasirnya relatif besar dan berbentuk seperti merica yang tidak terdapat di pantai-pantai lainnya.

Sehingga jika Anda berjalan menyusuri pinggir pantai tanpa alas kaki maka Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dan nyaman ketika menginjak pasir pantai ini. Selain pemandangannya yang indah, lokasi pantai ini juga terkenal akan tempat berselancar, banyak wisatawan atau peselancar yang mencoba ombak di pantai ini. Pantai ini juga masih sepi pengunjung, apalagi pada hari kerja, tapi inilah yang menjadi nilai tambah dari Pantai Kuta Lombok ini. Kita akan merasakan seperti mempunyai pantai pribadi, hanya ada sedikit pengunjung dan ditambah beberapa penjual pernak-pernik khas Lombok yang hilir mudik menawarkan songket Sasak.

Pantai Kuta Lombok ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghilangkan kepenatan terhadap rutinitas sehari-hari. Karena keindahan pantainya, objek wisata ini pun dilirik oleh beberapa hotel besar seperti Bungalow Cockatoo, Novotel Coralia, Segara Anak bungalow, dan masih banyak lagi. Juga ada penginapanpenginapan kelas melati yang berada di sekitar pantai. Pengunjung yang ingin memasuki Pantai Kuta ini pun juga tidak dipungut biaya apapun.

lombok-island-gili-trawangan-sumbawa-tour-+6287865026222

Leave a Reply

Your email address will not be published.